Cara Memilih Pernis Kayu Bening dan Cara Aplikasi Mudah

Cara Memilih Pernis Kayu Bening dan Cara Aplikasi Mudah

Seringkali para pembeli bahan cat dan lebih dikenal dengan pernis terjebak. Awalnya hasil finishing halus bersih dan berwarna transparan dan bening. Namun setelah furniture digunakan beberapa minggu warna sudah berubah menjadi kusam, bahkan kekuningan. Furniture tidak lagi tampak baru.

Apa masalahnya dan mengapa bisa demikian? Apakah salah proses finishingnya dan salah meletakan furniture? Kesalahan adalah pada pemilihan bahan pernis. Pernis kayu bening sangat dibutuhkan sedangkan Anda justru membeli pernis dengan kandungan formalin yang tinggi.

Penyebab utama mengapa pernis kayu berubah warna setelah beberapa minggu adalah kandungan formalin yang terlalu tinggi. Kandungan ini adalah zat organik yang membuat cat menjadi mengeras. Kandungan ini juga membuat harga cat menjadi lebih murah.

Tanpa disadari karena Anda ingin mendapatkan cat yang murah dan justru harus mengeluarkan uang lebih karena finishing yang mengecewakan. Daripada kecewa di kemudian hari sebaiknya pilihlah pernis kayu yang memberikan hasil warna bening dan tahan lama mulai dari sekarang.

Perlu Anda ketahui juga bahwa pernis kayu yang kurang baik tidak hanya memberikan hasil warna kekuningan saja namun juga memberikan hasil warna keputihan. Warna putih mirip dengan awan dan embun ini bisa saja muncul karena proses pengeringan yang tidak sempurna. Kebanyakan hal ini terjadi pada cat solvent based.

Cat solvent based yang menggunakan bahan pelarut thinner adalah jenis cat yang membutuhkan panas matahari untuk cepat menguap dan cat mengering. Bahkan suhu udara yang terlalu panas juga akan memberikan hasil finishing yang mengecewakan. Sama dengan pengeringan yang terlalu lambat juga akan menghasilkan finishing yang sama.

Baca Juga:  Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok
Cara Memilih Pernis Kayu Bening dan Cara Aplikasi Mudah
Aplikasi pernis bening pada pintu dengan kuas

Efek warna putih muncul karena penguapan thinner tidak sempurna. Akibatnya bahan organik yang terkandung di dalamnya tidak dapat menguap dan mengeras bersama dengan binder cat. Inilah yang membuat proses finishing sulit dan tergantung dengan panas matahari.

Bagaimana cara memilih finishing vernis bening yang terbaik dan tahan lama? Artikel ini akan menjawab pertanyaan Anda semua.

Tips Memilih Pernis Kayu yang Bening dan Tahan Lama

Apakah langkah-langkah yang harus diperhatikan ketika sedang memiliki sebuah produk cat pernis bening? Tentunya dengan percobaan langsung Anda bisa membandingkan kualitas satu produk dengan produk yang lainnya. Bahkan tidak hanya warna bening saja dan ketahanan seperti tahan panas, tahan dingin dan tahan goresan dapat diuji.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dipelajari dan diikuti ketika Anda sedang memilih pernis kayu:

  1. Perhatikan berapa jumlah kandungan bahan organiknya. Formalin termasuk zat organik yang akan terdapat dalam cat. Setiap produk cat mengandung zat organik yang berbeda-beda. Kandungan ini sering disebut dengan voc (volatile organic compound). Pastikan jumlah voc di bawah 100 gram per liternya. Jumlah tersebut adalah jumlah terendah yang harus dipenuhi dan tidak akan memberikan efek menguning di kemudian hari.
  2. Bagaimana kecepatan keringnya? Rata-rata kecepatan kering bahan finishing yang akan memberikan hasil terbaik adalah satu hingga satu setengah jam. Jangka waktu tersebut sudah sangat cukup untuk larutan pernis menguap dengan sempurna. Baca cara pemakaian dan apakah proses pengeringan dapat berjalan dengan cepat.
  3. Apakah pernis dapat digunakan untuk furniture outdoor indoor? Jika pernis kayu dapat digunakan untuk furniture outdoor maka terdapat beberapa perlindungan yang harus dimiliki. Mulai dari perlindungan perubahan cuaca, goresan, perubahan tekanan udara khususnya pada saat kelembaban terjadi. Sesuaikan dengan jenis yang akan Anda aplikasikan.
  4. Terakhir adalah pastikan pernis dapat diaplikasikan dengan alat yang Anda miliki. Ada dua alat yang paling diandalkan oleh para DIY dan profesional yakni kuas dan juga alat spray. Jika Anda adalah pemula maka aplikasi dengan kuas sangat disarankan. Gunakan aplikasi spray apabila Anda sudah menguasai teknik mengecat.
Baca Juga:  Langkah Mudah Cara Aplikasi Warna Kayu Natural Walnut Brown Pada Kayu Jati


Tips Aplikasi Pernis Kayu dengan Mudah

Proses aplikasi pernis kayu dengan kuas atau dengan alat semprot memerlukan banyak tips dan trik. Semakin sering mengecat dengan kedua alat tersebut maka tangan akan semakin terbiasa dan menghasilkan finishing sesuai keinginan.

Cara Memilih Pernis Kayu Bening dan Cara Aplikasi Mudah
Perbedaan warna kayu yang telah dpernis dan belum

Bagaimana agar bisa cepat menguasai teknik finishing yang halus dan rata? Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Berhati-hati dengan debu. Debu adalah musuh utama untuk proses finishing. Selalu cek apakah ruangan sudah benar-benar bersih. Pastikan juga material kayu telah diamplas dengan benar dan tidak meninggalkan debu yang tertinggal di atas permukaan. Jika Anda ingin hasil yang bersih gunakan lap microfiber yang telah dibasahi untuk mengangkat seluruh debu.
  • Bekerjalah dengan kuas yang berbulu halus sesuai dengan bahan cat yang digunakan. Jika Anda menggunakan cat water based sebaiknya gunakan kuas nilit dan kuas busa. Beberapa jenis cat bahkan bisa di lap menggunakan kain bersih dan kering agar hasil finishing rata. Dan diperlukan banyak pernis untuk menggunakan cara ini.
  • Selalu baca ulang aturan pemakaian sebelum aplikasi. Beberapa pernis tidak mengharuskan Anda untuk mengaduk terlalu lama agar tidak timbul gelembung pada cat. Gelembung yang muncul akan mengakibatkan finishing yang tidak rata bahkan kasar.
  • Pada saat aplikasi dengan kuas jangan celupkan seluruh bulu kuas ke dalam larutan cat. Cukup ½ dan ¾ bagian cat kemudian hilangkan kelebihan cat pada bulu kuas. Anda bisa menghilangkan sisa pada bibir kaleng dan wadah tempat pencampuran bahan. Fungsinya untuk menghindari aplikasi yang terlalu tebal. Aplikasi kuas harus dilakukan searah serat kayu.
  • Jika Anda menggunakan spray gun, pastikan jika Anda telah mencoba apakah cat keluar dengan baik pada nozzle alat semprot. Apakah tekanan dan cat yang keluar sudah sesuai dengan harapkan. Pada saat aplikasi Anda perlu mengatur jarak alat semprot dengan permukaan sekitar 15 hingga 20 cm.
  • Pada saat permukaan kayu yang dilapisi pernis benar-benar kering pengamplasan diperlukan. Pengamplasan dilakukan guna memberikan guratan di permukaan sehingga dapat lapisan cat di atasnya dapat menempel dengan mudah. Pengamplasan pernis dilakukan secara ambang dengan kertas amplas alumunium oxide nomor 400.
Baca Juga:  DIY Cara Menyamakan Warna Rak Bunga Dari Kayu untuk Pemula

Apabila Anda ingin menggunakan pernis kayu yang mudah dengan alat semprot, pilihlah produk cat kayu water based BioColours. Produk BioColours adalah produk cat water based yang akan memberikan hasil finishing bening tidak berubah menjadi kuning dan bahkan mengembun.

Proses pengeringan yang cepat akan mempercepat seluruh proses finishing dengan mudah dan juga cepat. Terkenal sebagai bahan finishing yang aman dan ramah lingkungan, kandungan voc di dalamnya hanyalah sekitar 50 gram per liternya.

Jumlah kandungan voc tersebut mengikuti aturan regulasi ECHA dan juga EPA yang dikeluarkan oleh Eropa dan Amerika. Jadi jika dilihat dari unsur keamanan dan hasil finishing yang sempurna, cat water based BioColours adalah cat yang tepat untuk digunakan.

Cat water based BioColours bahkan dapat digunakan pada furniture indoor dan outdoor. Perlindungan yang diberikan meliputi tahan panas, tahan hujan dan tahan perubahan cuaca lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X