Apa Jenis Plitur Kayu Jati Belanda yang Berkualitas dan Banyak Dicari?

Apa Jenis Plitur Kayu Jati Belanda yang Berkualitas dan Banyak Dicari?

Menggunakan plitur kayu yang bagus dan kerkualitas untuk jati belanda adalah sebuah keharusan. Jika tidak maka Anda tidak akan mendapatkan hasil yang menarik dari kayu jati belanda yang harganya cukup murah ini. Mari sebelum masuk ke jenis plitur berkualitas pahami dulu bagaimana karakteristik dari kayu jati belanda.

Kayu jati belanda sebenarnya adalah kayu pinus yang digunakan untuk packing barang-barang impor atau ekspor yang dikirim melalui jalur darat atau jalur laut. Bahan kayu ini banyak dipilih karena mudah ditemukan dengan pohonnya yang memiliki waktu panen 15 tahun sekali.

Bobotnya yang ringan sehingga tidak akan membuat biaya pengiriman membengkak sekaligus dapat memuat banyak barang. Termasuk kayu yang kuat jika dibentuk dengan cara yang tepat. Karena fungsinya sebagai kayu packing maka Anda akan menemukan jenis kayu jati belanda dalam bentuk palet.

Apa Jenis Plitur Kayu Jati Belanda yang Berkualitas dan Banyak Dicari?Kemudahannya untuk ditemukan membuat harganya sangat murah. Di Indonesia sendiri kayu jati belanda bisa ditemukan di Pulau Jawa, Sumatra, Sulawesi dan juga Kalimantan. Kayu jati belanda adalah jenis kayu yang lunak dan sangat mudah untuk dibentuk.

Jadi jika Anda adalah seorang pemula dalam bidang perkayuan kayu jati belanda adalah pilihan yang sangat tepat untuk digunakan. Anda bisa belajar dengan mudah berkreasi dengan berbagai macam bentuk karena sifat lunaknya.

Jika dilihat dalam bentu warna kayu jati belanda adalah kayu yang memiliki warna terang cenderung putih namun akan memperlihatkan bentuk serartnya yang indah seperti kayu jati kampung. Warnanya yang putih ini tentu akan mempermudah dalam proses pewarnaan atau pengecatan hanya menggunakan plitur.

Mempersiapkan Pengecatan Kayu Jati Belanda dengan Plitur

Sebelum Anda melakukan pengecatan bahkan jauh sebelum Anda memulai proyek kreasi menggunakan kayu jati belanda, pastikan Anda telah membayangkan warna apa  yang akan Anda berikan.

Warna kayu jati belanda adalah putih jadi sangat mudah jika Anda ingin memberikan warna kayu yang lebih gelap dengan memanfaatkan wood stain sebelum menggunakan plitur. Nah disinilah tantangan yang diberikan.

Kayu jati belanda memang memiliki sifat yang lunak dan mudah untuk dibentuk. Namun karena sifat ini pula membuat kayu berwarna putih memiliki cacat yang timbul akibat jamur blue stain. Akan ada beberapa bagian permukaan kayu yang berwarna biru.

Tampilan cacat ini tentunya akan menurunkan atau mempersulit Anda untuk mendapatkan hasil warna natural transparan. Maka sebelum Anda memulai untuk proyek pengecatan sebaiknya gunakan bahan pemutih kayu yang akan menyamarkan berbagai macam noda pada kayu jati belanda.

Bahan pemutih kayu ini akan memberikan warna putih cerah dan menyamarkan noda blue stain yang muncul. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk hasil akhir yang diberikan.

Apa Jenis Plitur Kayu Jati Belanda yang Berkualitas dan Banyak Dicari?Produk pemutih kayu yang direkomendasikan adalah White Agent 250. Bahan ini adalah pemutih kayu berbasis air sehingga tidak akan merusak kayu di masa mendatang namun akan tetap berperan menyamarkan noda-noda blue stain.

Setelah Anda mendapatkan material kayu jati belanda dengan warna cerah bebas blue stain maka Anda bisa melangkah ke tahapan pengecatan. Warna ini akan Anda dapatkan natural transparan.

Anda juga perlu mempersiapkan permukaan kayu yang halus sebelum masuk ke plitur. Pastikan Anda menggunakan amplas yang tepat bisa dimulai dari grit 180 hingga ke grit 240. Pengamplasan dipastikan tidak menghasilkan permukaan cekung.

Maka Anda bisa menggunakan balok kayu untuk mendapatkan permukaan yang benar-benar rata. Jika Anda memiliki mesin hand sanding gunakan namun pastikan Anda tidak mendapatkan hasil permukaan bergelombang karena aplikasi yang salah.

Anda kini sudah di jalur yang benar dan mendapatkan material siap untuk dicat dengan plitur.

Aplikasi Plitur Kayu Water Based BioColours untuk Kayu Jati Belanda

Anda kini akan melakukan pengecatan dengan plitur. Salah satu plitur yang disarankan adalah BioColours karena merupakan plitur water based yang banyak digunakan untuk furnitur ekspor. Alasan ini sangat penting karena melihat dari segi go green yang aman untuk manusia dan juga lingkungan.

Bahan dasar plitur adalah resin dan air perlu air juga untuk proses pelarutan. Dalam hal ini Anda akan melihat proses pengeringan yang tidak terlalu banyak mengeluarkan logam berat ke udara sehingga tidak akan membahayakan lingkungan.

Apa Jenis Plitur Kayu Jati Belanda yang Berkualitas dan Banyak Dicari?Berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan BioColours.

  1. Aplikasi pertama adalah BioColours Wood Filler. Untuk hasil natural transparan Anda bisa menggunakan wood filler ramin atau sungkai untuk hasil yang kekuningan. Aplikasikan wood filler menggunakan kain bal. Campurkan wood filler dengan sedikit air untuk pengenceran kemudian usapkan secara merata searah jarum jam memutar. Pastikan Adna menekan hingga wood filler benar-benar masuk ke dalam pori dan menyamakan warnanya.
  2. Aplikasi wood filler selesai Anda bisa menunggu kering dalam waktu sekitar 20 menit lalu mulai pengamplasan dengan grit 240. Amplas hingga serat kayu jati belanda keluar atau nampak. Warna kayu jati belanda akan berubah sama dan Anda bisa mulai tahapan selanjutnya.
  3. Gunakan BioColours Sanding Sealer sebagai base coat dan memperkuat lapisan di atasnya. Campurkan sanding sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian semprotkan secara merata ke seluruh permukaan kayu. Pastikan Anda menggunakan teknik cross cut untuk setiap aplikasi agar cat benar-benar masuk ke dalam pori. Tunggu kering dan lanjutkan dengan pengamplasan ambang grit 400.
  4. Tahapan selanjutnya adalah menggunakan wood stain. Pilih BioColours Wood Stain sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Jika Anda ingin tampak seperti warna walnut gunakan warna walnut brown. Campurkan wood stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian semprotkan dengan teknik sama ke seluruh permukaan kayu. Tunggu kering selama 60 menit kemudian lanjutkan pengamplasan.
  5. Langkah terkahir adalah penggunaan plitur kayu BioColours. Anda bisa memilih untuk sheen level gloss atau death matte. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan. Untuk aplikasinya mulailah dengan mencampur air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu jati belanda hingga rata.
  6. Untuk plitur mengering sempurna Anda bisa menunggu selama 24 jam dalam ruangan yang bersih dan memiliki ventilasi.

Proses aplikasi dengan cat BioColours pastikan Anda tidak menjemurnya di bawa panas matahari yang justru akan merusak lapisan. Pastikan dalam tahap pengeringan setiap lapisan cat Anda melakukannya di dalam ruangan.

Untuk lapisan wood stain atau plitur kayu Anda bisa melakukannya hingga dua atau tiga kali lapis hingga mendapatkan warna yang diinginkan. Namun khusus untuk wood stain perlu Anda ketahui semakin tebal Anda melapisinya maka akan semakin gelap warna yang dihasilkan.

Jadi jika Anda ingin mendapatkan warna yang sempurna pastikan Anda mencoba terlebih dahulu pada material kayu jati belanda yang lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X