Memiliki Kayu Kusam? Jangan Sampai Salah Pilih Cat Pengkilap kayu

Memiliki Kayu Kusam? Jangan Sampai Salah Pilih Cat Pengkilap Kayu

Lapisan cat pada furnitur kayu dapat kusam karena usia, paparan sinar ultraviolet matahari dan penerapan beberapa lapisan wax selama bertahun-tahun. Tetapi sebelum Anda dapat memulai proses pembersihan untuk mengembalikan hasil akhir furnitur Anda, Anda harus mengidentifikasinya untuk mengetahui produk yang tepat untuk digunakan.

Kemungkinan jenis bahan finishing termasuk cat minyak, pernis, laquer dan wax. Setelah Anda menentukan lapisan akhir akhir, jika tidak melepuh atau retak, Anda dapat membersihkan dan mengembalikannya alih-alih memindahkan dan mengaplikasikannya kembali. Pilih area tersembunyi di item kayu – bagian belakang yang menghadap dinding, bagian dalam kaki atau di bawah tepi atau bibir – untuk memeriksa jenis selesai.

Cara Mengidentifikasi Lapisan Cat Lama

Sebelum Anda memulai untuk mengecat Anda harus mengetahui apakah lapisan cat yang lama. Hal ini sangat perlu untuk memutuskan apakah Anda akan melakukan proses pengecatan ulang seluruhnya atau hanya akan mengecat sebagian (hanya mengecat bagian yang rusak) saja.

Berikut ini cara untuk mengetahui lapisan cat lama apa yang digunakan. Poles bola kapas atau kain bersih dalam alkohol yang didenaturasi atau digosok. Gosok tempat yang dipilih, tetapi tersembunyi, pada item kayu dengan bola kapas atau kain.

Memiliki Kayu Kusam? Jangan Sampai Salah Pilih Cat Pengkilap kayuAmati area tersebut dengan cermat untuk perubahan pada lapisan cat. Alkohol yang digosok akan melembutkan bahan finishing, jika tampilan yang muncul berwarna putih susu maka bahan tersebut menggunakan laquer. Jika alkohol yang digosok tidak berpengaruh pada cat, maka finishing bisa terdiri dari wax, minyak atau pernis.

Periksa item untuk lapisan pernis dengan menggunakan kuku atau tusuk gigi kecil ke area tersembunyi di bagian cat. Lapisan pernis tidak lekuk dan memiliki kilau. Konfirmasikan pernis lak dengan menerapkan lak tipis ke bola kapas atau lap. Gosokkan lokasi dekat tempat Anda pertama kali diuji dengan pernis lak. Jika Anda melihat bahwa pernis menjadi lunak dengan aplikasi lak tipis, Anda telah mengidentifikasi bahan finishing.

Uji keberadaan wax dengan mengusap area tersembunyi dengan sedikit thinner pada bola kapas atau lap jika metode lain tidak melakukan apa-apa. Jika selesai larut setelah Anda oleskan dengan thinner, itu mengandung wax. Jika Anda menguji dengan metode ini dan hasil akhir tidak berubah, minyak penetrasi digunakan sebagai hasil finishing. Anda tidak dapat menghilangkan lapisan minyak tembus, karena sudah meresap ke dalam kayu tetapi Anda dapat mengembalikannya.

Membersihkan Lapisan Cat Lama dan Memulai Pengecatan Ulang

Hapus semua perangkat keras dari perabotan kayu sebelum melanjutkan. Lepaskan kastor, escutcheon perisai kecil, emblem atau lambang lengan, engsel, tarikan laci dan kenop. Bersihkan dan poles perangkat keras sebelum menyetel item-item ini ke samping dengan sekrupnya.

Gunakan sepotong wol baja dan celupkan ke dalam pengencer yang benar untuk lak atau pernis dan gosok permukaan kayu, bekerja searah serat kayu. Anda harus bekerja cepat, karena pelarut menyebabkan ujung berubah menjadi kenyal dan lengket setelah pelunakan.

Oleskan dengan merata dan halus, tetapi cepat, sapukan ke arah serat kayu. Untuk retakan ringan di bagian akhir, gunakan kuas untuk menerapkan pelarut. Menghaluskan hasil akhir yang halus dengan menggunakan kuas atau wol baja dengan searah serat. Terus bekerja sampai finish terlihat datar, datar dan halus. Setelah selesai menjadi halus, biarkan kering.

Basahi area kain bersih dengan sedikit thinner untuk barang-barang dengan lapisan wax. Ketika selesai wax kusam, Anda perlu benar-benar menghapus wax dan menerapkannya kembali untuk mengembalikan lapisan furnitur. Gosok kain basah pada kayu ke arah butir. Biarkan thinner meresap di permukaan wax selama beberapa menit untuk membantu melembutkan dan melonggarkan kotoran dan debu. Hapus kotoran dan wax tua dengan kain bersih yang lembut. Ulangi seperlunya sampai wax hilang.

Bersihkan permukaan furnitur kayu yang ditutup dengan minyak tembus dengan sedikit terpilin yang digosokkan ke permukaan kayu. Bekerja searah serat kayu dengan sepotong wol baja. Bersihkan seluruh permukaan barang kayu, perhatikan area bernoda air atau yang berubah warna. Biarkan kering.

Rekondisi selesai menghilangkan pernis dengan mencampur 1 bagian terpentin dengan 3 bagian minyak biji rami gosok secara menyeluruh. Menerapkan jumlah sepeser pun ke sepotong wol baja.

Gosokaan wol baja searah serat kayu. Jika ini tidak berpengaruh dan mungkin tidak karena pernis yang berbeda  tambahkan campuran minyak turpentine dan biji rami ke botol kecil dengan penutup. Kocok toples secara menyeluruh sebelum mengosongkan isi ke permukaan mangkuk kecil yang berisi air panas.

Celupkan sudut kain bersih ke dalam campuran berminyak di atas air dan gunakan ke kayu ke arah serat bekerja di bagian-bagian kecil. Setelah dibersihkan, bersihkan barang dengan kain yang dibasahi dengan air hangat yang bersih dan diperas untuk menghilangkan kelembapan berlebih. Keringkan dengan kain bersih yang lembut.

Selesai Anda menghilangkan lapisan cat yang lama maka Anda bisa memulai untuk menggunaan cat pegkilap kayu yang berkualitas seperti Biovarnish. Produk Biovarnish akan memperbaharui tampilan dari furnitur lama Anda.

Penggunaan Biovarnish cukup mudah untuk hasil transaparan Anda cukup menggunakan Biovarnish Clear coat gloss yang dicampur dengan air. Lakukan aplikasi dengan kuas searah serat kayu kemudian Anda bisa menunggu kering.

Pastikan Anda tidak menjemur di bawah sinar matahari langsung namun bisa didiamkan dalam ruangan yang memiliki ventilasi udara baik. Anda bisa menunggu 24 jam untuk melanjutkan pada perawatan menggunakan poles kayu Biopolish.

Memiliki Kayu Kusam? Jangan Sampai Salah Pilih Cat Pengkilap kayuPenggunaan poles kayu ini disarankan dilakukan setiap tiga minggu sekali yang akan menjaga lapisan furnitur tetap mengkilap indah dan terlindungi dari kotoran atau debu yang mudah menempel.

Caranya sangat mudah cukup ambli Biopolish sedikit kemudian gosokan pada permukaan hingga benar-benar rata. Tunggu lapisan mengering sekitar satu jam kemudian Anda bisa menggosok ulang dengan kain bersih.

Hasilnya furnitur akan tampak lebih mengkilap daripada sebelumnya.

Tips yang perlu dilakukan untuk keberhasilan menghilangkan lapisan cat lama.

  • Untuk masuk ke celah-celah, gunakan sikat gigi tua. Untuk tempat-tempat kotor ekstra pada lapisan pernis, celupkan sepotong wol baja ke dalam campuran yang tepat dan aplikasikan pada kayu, gosok dengan searah serat.
  • Jika Anda ingin menggunakan wood stain, Anda mungkin harus bereksperimen sampai Anda menemukan campuran yang mengembalikan tampilan furnitur. Jika tidak ada yang berhasil, gerarkan dengan ringan pernis dan aplikasikan kembali lapisan baru untuk mengembalikannya setelah dibersihkan. Anda juga dapat menambahkan lapisan poles kayu di atas lak, pernis, lacquer atau minyak tembus untuk memberikan furnitur kayu Anda cahaya lembut dan kemilau.

Peringatan

  • Jangan mengaplikasikan lak, pernis, cat Biovarnish di atas poles kayu.
  • Kenakan perlengkapan keselamatan yang sesuai saat bekerja dengan bahan kimia keras. Gunakan masker wajah, sarung tangan karet, dan pelindung mata.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X