Bleaching Kayu Untuk Masalah Blue Stain Yang Mengganggu

Bleaching Kayu Untuk Masalah Blue Stain Yang Mengganggu

Kayu gelondongan yang disimpan dalam tempat yang lembab sangat rentan terhadap pewarna biologis. Kelembaban sangat cepat untuk memicu pertumbuhan mikroba yang tidak diproses secara tepat waktu atau sebaliknya tidak dilindungi.

Bleaching Kayu Untuk Masalah Blue Stain Yang Mengganggu
blue stain pada kayu pinus

Mikroba pada kayu ini akan lebih mudah dan juga cepat untuk menyerang bagian kayu gubal. Alasannya sangat sederhana yiatu karena pada bagian ini memiliki banyak nutrisi sehingga tidak mengandung phenolic atau ekstraktif kayu yang menghambat pertumbuhan mikroba.

Jamur blue stain adalah salah satu noda yang tumbuh karena alasan biologi yang sangat umum. Jamur ini adalah salah satu jenis ceratocystis, Ophiostoma, Grosmannia, Laptographiu, dan Sphaeropsis. Jamur ini tumbuh dan berkembang biak dibawa oleh berbagai macam jenis serangga salah satunya adalah kumbang.

Pada jenis kayu yang sudah ditebang jamur akan cepat tumbuh dan sangat cepat untuk bertambah banyak hanya dengan melalui penyimapanan yang salah. Permasalahan bjamur blue stain ini bukanlah hal yang mudah karena jamur blue stain tidak hanya tumbuh pada permukaan kayu namun masuk ke dalam. Bahkan di semua area kayu gubal.

Karena permasalahan jamur blue stain yang sangat dalam ini seringkali menjadi masalah yang sulit untuk diatasi. Jika Anda ingin mendapatkan solusi dari tampilan jamur blue stain maka Anda bisa langsung melakukan proses bleaching kayu. Maksudnya adalah melakukan proses pemutihan kayu menggunakan produk bleaching kayu yang tepat.

Pencegahan Jamur Blue Stain Pada Kayu

Selain menggunakan bleaching kayu ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kayu agar tidak ditumbuhi dengan jamur blue stain. Hal ini bertumpu dengan cara penyimpanan kayu yang tepat. Ya seperti yang telah dijelaskan bahwa kayu yang terkena jamur blue stain memiliki kesalahan dalam penyimpanannya. Keadaan ruangan yang lembab akan memicu timbulnya jamur blue stain.

Baca Juga:  Distributor Cat Dasar Kayu Aman Biocolours Terbaik

Nah jika Anda tidak ingin mendapatkan masalah dari jamur blue stain, tangani kayu khususnya dalam hal penyimpanan yang tepat setelah masa tebang berakhir. Jamur blue stain seringkali tidak bisa dicegah karena kumbang yang muncul dan juga hinggap pada pohon adalah serangga yang sangat agresive dan dapat menimbulkan blue stain hanya dalam waktu satu bulan saja.

Cara satu-satunya pencegahan yang bisa dilakukan pada saat masih berbentuk pohon Anda harus bisa mengendalikan populasi dari kumbang. Setelah kayu yang sudah ditebang dan masih berbentuk log, jamur blue stain juga dapat dengan cepat berkembang dalam penyimpanan log.

Bleaching Kayu Untuk Masalah Blue Stain Yang Mengganggu
Penyimpanan staking pada balok kayu.

Di negara lain, kayu log yang sudah terkena dengan jamur blue stain seperti kayu pinus menggunakan bahan lindane dan methyl trition ntuk mengontrol kumbang yang berkembang biak dalam penyimpanan kayu log.

Tidak hanya sampai pada penyimpanan kayu log, namun juga sampai pada penyimpanan kayu yang sudah dipotong berbentuk sawn timber. Jamur blue stain dapat berkembang biak terus menerus hingga merusak dan mengotori tampilan dari kayu gubal. Pencegahan yang dapat dilakukan agar jamur tidak terus berkembang. Salah satu bahan kimia yang dapat digunakan adalah White Agent 250.

Jika setelah sawn timber diaplikasikan White Agent 250, sebelum masuk pada masa distribusi maka dibutuhkan juga penyimpanan yang tepat agar jamur blue stain tidak muncul kembali. Proses penyimpanan sawn timber. Penyimpanan bisa dilakukan dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara sangat baik selain itu untuk penyusunan kayu bisa dilakukan secara vetikal yang diberikan jeda sekitar 20 cm yang sering disebut dengan system stacking.

Penumpukan secara vertical akan membuat sirkulasi udara berjalan dengan baik dan penumpuan beban kayu yang sama rata. Jika Anda menyimpannya dalam luar ruangan Anda harus bisa menutup semua kayu agar tidak terkena langsung dengan air hujan dan panas matahari karena akan memicu timbulnya jamur.

Baca Juga:  Apa itu Cat Kayu Besi Orchid?

Produk Bleaching Kayu Untuk Mengatasi Blue Stain

Anda sudah mengetahui bagaimana karakteristik dan bagaimana munculnya jamur blue stain pada semua jenis kayu. Bahkan jamur blue stain akan sangat kentara pada jenis kayu yang berwarna kuning atau berwarna putih seperti kayu jati belanda dan juga kayu pinus.

Produk yang sanggup mengatasi permasalahan jamur blue stain ini tidak lain adalah White Agent 250. Produk White Agent 250 ini adalah produk yang proses aplikasinya sangat mudah yaitu hanya dicampur dengan air dan pastikan obat mengenai keseluruhan permukaan kayu.

Jika Anda ingin mencoba mengaplikasikan bahkan Anda tidak membutuhkan panas matahari dan bahan akan tetap bekerja dengan baik. Fungsi dari bleaching bukan menghilangkan jamur blue stain namun untuk menyamarkan warna dan menyamakan warna akan pada proses finishing hasil warna natural bisa lebih baik.

Bleaching Kayu Untuk Masalah Blue Stain Yang Mengganggu
Mengatasi permasalahan blue stain dengan produk White Agent 250.

Jadi solusi untuk menyamarkan warna kayu yang memiliki noda blue stain bukan hanya diberikan lapisan cat warna solid namun bisa menggunakan bleaching kayu apabila Anda menghendaki hasil finishing warna natural.

Produk WA 250 ini bisa Anda dapatkan melalui website ini kemudian Anda bisa langsung membeli dan juga mengaplikasikannya. Anda yang ingin mendapatkan produk ini akan terjamin kesehatannya karena produk yang aman  hanya menggunakan bahan pelarut air saja.

Jika Anda ingin melakukan proses aplikasi maka Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini:

  • Siapkan jenis kayu yang memiliki banyak efek blue stain, pastikan kayu sudah dalam keadaan kering karena dalam keadaan yang masih lembab obat bleaching kayu tidak akan bekerja dengan sempurna.
  • Bagi Anda ingin mengaplikasikan pilih dua macam cara baik itu dikuas maupun direndam. Biasanya dalam skala industri sawn timber akan direndam. Namun bagi Anda yang ingin melakukan proses bleaching pada furniture maka bisa dengan cara dikuas.
  • Anda bisa mulai mencampur White Agent 250 dengan air perbandingan 1 bahan : 1 air kemudian Anda bisa langsung mengaplikasikan agar semua obat mengenai permukaan kayu hingga rata.
  • Setelah itu Anda bisa langsung menunggu kayu berubah warna menjadi lebih terang dan secara perlahan selama 4 hingga 6 jam. Bahkan jika perlu diamkan selama satu malam. Lakukan penirisan tanpa dijemur di bawah panas matahari.
  • Jika kayu sudah mendapatkan warna kayu yang sesuai dengan keinginan maka Anda bisa langsung membilas kayu dengan cara air yang sudah dicampur dengan detergen. Proses ini sangat penting untuk menghilangkan sisa bahan yang terkandung dalam kayu agar seteah proses pengeringan tidak akan mengganggu MC kayu.
  • Jika kayu sudah dibilas masukan ke dalam proses pengeringan baik di jemur maupun di oven. Setelah itu Anda bisa langsung melakukan proses pengecatan.
Baca Juga:  Pemilihan Cat Untuk Material Metal

Anda ingin segera mengatasi jamur blue stain pada kayu? Langsung saja untuk membeli bahan White Agent 250 melalui website ini. Anda juga bisa langsung melakukan pembelian dengan datang langsung ke alamat Jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X