Primer Coat Buatan Lokal untuk Tampilan Antik

Primer Coat Buatan Lokal untuk Tampilan Antik

Mendapatkan kesan antik pada furniture maka satu hal yang terbesit di pikiran adalah finishing warna natural menggunakan wood stain dan juga pernis. Sama sekali tidak ada terlintas untuk menggunakan primer pada jenis finishing antik.

Furniture yang berukuran besar dengan banyak ukiran seperti gaya baroque seringkali menggunakan warna natural atau warna emas. kesan antik akan sangat kuat ketika warna-warna tersebut diaplikasikan.

Kini kesan antik tidak lagi melulu hanya menggunakan warna natural saja namun warna primer memiliki peranan yang penting. Primer adalah lapisan cat yang digunakan sebagai lapisan intermediate antara cat di bawahnya dan di atasnya.

Fungsinya untuk membentuk lapisan cat yang lebih kuat sehingga perlindungan tercipta sempurna dan warna tajam di atasnya juga terbentuk sempurna. Lalu bagaimana jika sekarang primer coat akan memberikan lapisan intermediate sekaligus warna?

Tentu inilah yang banyak dicari dan ditunggu-tunggu karena Anda tidak perlu lagi menggunakan cat primer berwarna dari produk impor yang mahal harganya. Primer coat ini disebut sebagai chalk paint.

Apakah itu chalk paint dan bagaimana peranannya untuk memberikan hasil finishing antik? Anda bisa mendapatkan penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Chalk Paint sebagai Bahan Finishing Antik

Sebuah furniture tua yang sudah usang seringkali terlupakan. padahal konstruksi dan jenis kayu yang dimiliki masih bagus. Namun beberapa kerusakan bisa saja muncul dan kayu yang dimiliki kurang baik untuk di finishing dengan warna transparan.

Primer Coat Buatan Lokal untuk Tampilan Antik

Perubahan warna pada kayu biasanya menjadi penyebab sebaiknya tidak menggunakan pernis secara langsung. Pada kasus tersebut hasil akhir yang matte dan menutup warna kayu akan menjadi pilihan yang baik.

Tidak ada pilihan cat lain selain chalk paint yang bisa memberikan tampilan matte menutup permukaan kayu. Warna yang dihasilkan tidak akan setajam seperti warna solid dari cat enamel tetapi akan berbaur dengan baik setelah mengering.

Baca Juga:  Grosir Cat Kayu Transparan Aman Biovarnish

Ketika warna yang tepat digunakan maka hasilnya justru akan menjadi lebih baik. Lebih mudahnya lagi adalah Anda tidak perlu menghilangkan lapisan cat yang lama. Hanya dengan persiapan sederhana chalk paint bisa langsung diaplikasikan.

Mengaplikasikan finishing antik dengan chalk paint membutuhkan tiga proses. Pertama adalah lapisan dasar menggunakan chalk paint. Setelah kering lapisan cat yang berwarna gelap dari glaze akan diterapkan. Terakhir adalah mengaplikasikan top coat.

Jika Anda memilih untuk mendapatkan tampilan gloss maka bisa menggunakan top coat gloss. Hasilnya adalah campuran warna dasar dan lapisan bening. Tampilannya akan jarang diprediksi karena tergantung seberapa banyak glaze yang diaplikasikan serta teknik pengaplikasiannya.

Glaze diaplikasikan dengan cara dikuas kemudian diseka. Seberapa banyak glaze dihilangkan maka akan membuat latar belakang warna yaitu chalk paint lebih dominan. Kain yang digunakan untuk menyeka juga akan menentukan seberapa kuat efek yang dihasilkan.

Kombinasi warna yang paling populer digunakan untuk finishing antik adalah latar belakang warna putih atau gading dan glaze berwarna coklat tua atau abu-abu. Coklat akan diperoleh dengan mencampurkan glaze dengan air kemudian setelah cat diaplikasikan dan mengering akan menimbulkan efek seperti sedikit terbakar.

Latar belakang bisa juga menggunakan warna lain seperti kuning, hijau tua bahkan merah. Pemilihan warna ini tergantung dengan preferensi Anda. Warna latar belakang dan glaze yang dipilih haruslah kontras sehingga menampilkan kesan antik yang sesungguhnya.

Cat Chalk Paint Indonesia yang Mulai Beredar

Kini saatnya untuk membicarakan jenis cat apa yang sebaiknya digunakan. Bisa dikatakan di Indonesia selama ini masih belum pada chalk paint yang beredar. Namun kini tidak lagi, Anda bisa menggunakan Bioduco chalk paint yang juga berfungsi sebagai primer berwarna.

Baca Juga:  Pilih Mana, Open Pore atau Close Pore?
Primer Coat Buatan Lokal untuk Tampilan Antik

Banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan dari Bioduco chalk paint selain mendapatkan hasil finishing antik. Berikut ini apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan.

  • Keamanan yang tinggi

Terbuat dari bahan dasar air, membuat produk ini aman dan ramah lingkungan. Tidak perlu bingung lagi dengan menggunakan produk cat yang akan mengeluarkan bahan beracun seperti formaldehyde. Semua kandungan bahan beracun tersebut telah dibatasi penggunaannya.

  • Warna terbaik

Chalk paint telah dikenal dengan hasil warnanya yang bagus. Cat akan memberikan transparansi warna jelas layaknya cat kayu solid. Anda tidak akan melihat lagi warna asli kayu dan seratnya. Jadi dalam satu atau dua lapisan saja Anda dapat menutup warna asli kayu serat menghasilkan warna yang tajam.

  • Daya rekat tinggi

Apa yang membuat sebuat cat bertahan lebih lama? Daya rekat adalah faktor penting yang membuktikan bahwa cat dapat bertahan lebih lama. Bioduco chalk paint akan memberikan daya rekat tinggi yang keras namun lentur. Membentuk sebuah ikatan antara pori kayu dan lapisan cat penting agar cat bertahan lama dalam segala kondisi.

  • Cepat kering

Salah satu kemudahan yang banyak dicari adalah cat yang memiliki kecepatan kering tinggi. Cat akan kering dalam suhu ruangan normal dengan sirkulasi udara yang baik. Tidak perlu lagi menjemur bahkan takut mengecat di saat cuaca sedang hujan. Anda bisa melakukan pengecatan kapan saja.

  • Sistem amplas yang ringan

Dibantu dengan kecepatan kering tinggi, proses finishing juga akan cepat selesai karena pengamplasan akan lebih mudah. Cat ringan untuk di amplas jadi Anda tidak perlu lagi bingung dengan masalah cat mengelupas atau keras saat di amplas.

Baca Juga:  Cat Kayu Jati Untuk Kursi Model Minimalis

Proses Aplikasi Primer Coat Hasil

Disisi lain keuntungan yang akan Anda dapatkan di atas, ada satu lagi tambahan yaitu proses aplikasi yang mudah dan juga cepat. Tidak seperti mengecat untuk hasil warna solid pada umumnya, langkah ini tergolong mudah bahkan untuk pemula.

Anda hanya membutuhkan tiga produk yaitu Bioduco chalk paint, Glaze brown dan juga Bioduco top coat matte. Ikuti langkah -langkah mudahnya berikut ini:

  • Memulai dengan mempersiapkan permukaan kayu di rustic. Efek rustic akan meningkatkan kesan antik pada furniture. Gunakan mesin rustic atau menggunakan sikat kawat secara manual. Amplas ringan permukaannya.
  • Kumasukkan Bioduco chalk paint yang telah dilarutkan dengan air secukupnya. Lakukan penguasan satu arah hingga permukaan tertutup rapi. Tunggu lapisan mengering sekitar satu jam. Lanjutkan dengan pengamplasan dengan amplas 180 kemudian 320.
  • Aplikasikan Bioduco top coat matte yang sudah dicampurkan air. Kuaskan merata seperti cara sebelumnya. Lakukan hingga merata dan kering.
  • Aplikasikan langsung Glaze brown yang juga telah diencerkan. Gunakan perbandingan 1:1 untuk mengencerkan. Kuaskan seluruh permukaan kayu dengan glaze satu arah. Tunggu kering sekitar 5 menit. Hapus permukaan kayu yang tertutup Glaze dengan kain katun halus kering. Anda akan dilihat efek warna glaze yang masuk ke dalam hasil rustic.
  • Terakhir aplikasikan Bioduco top coat matte yang juga telah diencerkan. Kuaskan merata satu arah dan tunggu lapisan terakhir ini kering selama semalaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X