Wood Putty merupakan produk dempul kayu water based yang efektif menutup cacat dan warna kayu. Untuk informasi dan pemesanan, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di info.bioindustries@gmail.com.

Dempul Kayu dan Fungsinya

Dempul kayu adalah salah satu jenis bahan finishing yang memiliki fungsi penting. Bahan ini berpengaruh pada kualitas hasil akhir finishing berupa close pore atau open pore.

Seringkali kita mendapati produk-produk kayu memiliki permukaan yang sangat halus. Padahal, bila kita melihat kayu yang masih alami, permukaannya begitu tidak rata dan halus. Pernakan Anda bertanya bagaimana proses pembuatan produk-produk kayu tersebut sehingga tampak begitu berbeda dibanding penampilan alaminya?

Dalam dunia pengolahan kayu, dikenal yang disebut dengan finishing kayu. Proses finishing melibatkan berbagai bahan dan proses. Semuanya ditujukan untuk menghasilkan kualitas akhir tampilan furniture yang disukai manusia seperti halus, berkilau, berwarna-warni, dan sebagainya.

Dalam proses finishing, pemerataan permukaan kayu merupakan langkah yang seringkali dilakukan. Permukaan kayu yang tidak rata sendiri bisa disebabkan setidaknya oleh dua hal. Yang pertama adalah pori-pori kayu. Dan yang kedua adalah cacat pada permukaan kayu. Bila tidak diratakan, tentu produk kayu yang dihasilkan akan terasa kasar serta pembiasan warnanya tidak seragam.

Wood Putty merupakan produk dempul kayu water based yang efektif menutup cacat dan warna kayu. Untuk informasi dan pemesanan, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di info.bioindustries@gmail.com.
Wood Putty merupakan produk dempul kayu water based yang efektif menutup cacat dan warna kayu. Untuk informasi dan pemesanan, silahkan hubungi kami di +62.274.388.301 dan [email protected]

Oleh karenanya, dalam proses finishing kayu, langkah pertama yang sering diterapkan adalah pemerataan permukaan kayu. Langkah ini tidak bisa dilakukan hanya dengan pengamplasan. Untuk menutup lubang pori-pori kayu serta cacat pada permukaan kayu diperlukan produk yang disebut dengan dempul kayu.

Fungsi dempul kayu adalah untuk mengisi celah dan lubang pada permukaan kayu. Pengisian bahan dempul diharapkan dapat membuat kayu lebih rata permukaannya. Dengan demikian, kayu bisa benar-benar halus dan porinya tertutup (close pore). Namun bagi mereka yang masih ingin menikmati aksen alami kayu, penggunaan dempul bisa tidak dimaksimalkan sehingga pori-pori kayu masih terbuka atau yang biasa disebut dengan open pore.

Baca Juga:  Wood Filler Tahan Air Yang Cocok Untuk Kayu Jati

Apakah Wood Filler adalah Dempul Kayu?

Dalam dunia finishing, dikenal produk yang disebut dengan wood filler. Beberapa kalangan menyebut wood filler bukan termasuk produk dempul kayu sedangkan yang lainnya menyebut wood filler sebagai dempul kayu. Pada dasarnya, fungsi wood filler adalah mengisi pori-pori kayu sebagaimana dempul kayu. Akan tetapi, wood filler tidak begitu efektif memperbaiki cacat permukaan dan warna pada kayu. Padahal, dempul kayu adalah bahan yang sering dipersepsi memiliki fungsi memperbaiki cacat permukaan dan warna pada kayu. Wood filler bisa disebut dengan dempul kayu, namun penggunaannya harus dibedakan dengan dempul kayu pada umumnya

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X