Tanda-tanda Burung Keracunan Cat Sangkar

Waspadai tanda-tanda burung keracunan cat sangkar. Beberapa produk cat terutama dari golongan solvent based memang mengandung zat toksik yang membahayakan burung peliharaan.

Ketahui tanda-tanda burung keracunan cat sangkar.
Ketahui tanda-tanda burung keracunan cat sangkar.

Bagi yang suka memelihara burung, memperhatikan keamanan sangkar sebagai tempat hidup burung memang sangat penting. Tak heran bila kemudian budget yang besar dihabiskan untuk membeli sangkar yang indah. Sayangnya, kadang sangkar indah yang baru dibeli tersebut malah akan meracuni burung. Sumber masalahnya, berada pada cat yang diaplikasikan pada sangkar itu. Beberapa produk cat memang dikenal memiliki kandungan toksik yang harus diwaspadai. Anda harus waspada bila terdapat tanda-tanda dan kondisi yang mengarah pada kasus keracunan akibat cat sangkar. Berikut ini tanda-tanda burung keracunan cat sangkar yang dikutip dari Bioindustries.

Tanda-tanda Burung Keracunan Cat Sangkar

  1. Frekuensi berkicau menurun bahkan berhenti sama sekali
  2. Tidak aktif bergerak
  3. Meminum terlalu banyak air
  4. Terlihat lemah
  5. Bulu tampak mengembang dan kusut
  6. Berat badan turun
  7. Mengeluarkan kotoran yang tidak biasa, misalnya terlalu encer.

Tanda-tanda di atas semakin patut dicurigai sebagai tanda-tanda burung keracunan cat sangkar bila:

  1. Burung Anda mengalami gejala di atas setelah dilakukan pengecatan ulang pada sangkar atau Anda menempatkannya pada sangkar yang baru dicat.
  2. Cat sangkar mengeluarkan aroma pedas menyengat. Aroma tersebut adalah pertanda VOC atau senyawa organik mudah menguap yang biasa ditemukan pada cat solvent atau cat dengan pelarut thinner serta spiritus. VOC sendiri bersifat toksik bagi organisme. Contoh senyawa kelompokn VOC adalah formaldehida atau formalin.
  3. Terdapat bekas gigitan burung pada sangkar. Paparan VOC memang bisa terjadi secara tidak langsung (dihirup), sebab, ia akan menguap memenuhi udara lingkungan. Namun adanya gigitan akan semakin memperkuat dugaan burung peliharaan Anda keracunan cat sangkar. Selain itu, material toksik lain dalam cat seperti timbal juga bisa memasuki tubuh dengan cara tersebut.
  4. Tidak ada perubahan yang berarti kecuali aplikasi cat yang baru. Sehingga satu-satunya yang patut dicurigai adalah cat sangkar itu.
Orchid® Cat Kayu Besi
Orchid® Cat Kayu Besi

Untuk kepastian yang lebih meyakinkan mengenai tanda-tanda burung keracunan cat sangkar, jelas diperlukan analisis secara biokimia yang lebih mendalam dari mereka yang ahli. Namun, tanda-tanda burung keracunan akibat cat sangkar secara kasar di atas seyogyanya sudah patut Anda jadikan peringatan bagi diri sendiri. Bersikaplah bijak dan gunakan cat yang aman saja.

Kami merekomendasikan Anda mengguankan Biocolours water based coating system untuk sangkar dari kayu dan Orchid water based metal paint untuk sangkar burung dari metal. Produk-produk tersebut merupakan cat water based sehingga memiliki kandungan VOC-nya sangat rendah bahkan nol. Biocolours dan Orchid juga diformulasikan secara khusus menurut standar keamanan Uni Eropa ECHA Reach Regulation, US Environmental Protection Agency, dan US FDA. Kesesuaian Biocolors dan Orchid dengan berbagai standar internasional tersebut bisa dibuktikan dengan sertifikat keamanan dari lembaga TUV Reinland German dan Boureu Veritas Finlandia.

Demikian sekilas mengenai tanda-tanda burung keracunan akibat cat sangkar dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Kontak dan Pemesanan

Untuk kontak dan pemesanan Biocolours dan Orchid water based metal paint, silahkan hubungi Customer Care kamii di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X