bahaya cat

Kenali Zat Toksik dalam Cat Sangkar!

Waspadai keberadaan zat toksik dalam cat sangkar! Banyak produk-produk cat yang harus Anda hindari karena berbahaya bagi burung peliharaan. Berikut ini akan dibahas mengenai dua kelompok zat toksik yang umum ditemui dalam cat sangkar.

Waspadai keberadaan zat toksik dalam cat sangkar.
Waspadai keberadaan zat toksik dalam cat sangkar.

Banyak produk-produk cat yang harus dihindari para pecinta burung peliharaan. Sebab, produk-produk tersebut ditemukan bisa mengakibatkan keracunan pada burung peliharaan. Hal itu disebabkan kandungannya yang memang bersifat toksik. Berikut ini dua jenis zat toksik dalam cat sangkar yang umum ditemukan berdasarkan penjelasan Bioindustries.co.id.

Zat Toksik dalam Cat Sangkar: Logam Berat dan VOC

  1. Logam Berat

Beberapa jenis logam berat sering ditemui pada produk-produk cat yang dijual di pasaran. Salah satunya adalah timbal. Timbal atau timah hitam bisa ditolerir bila jumlahnya dalam tubuh sedikit. Namun bila kadarnya melebihi batas aman, ia bisa mengakibatkan paparan yang sifatnya fatal. Misalnya kanker dan kematian. Sayangnya, banyak produsen cat di Indonesia yang masih menggunakan timbal dalam formula catnya. Penelitian yang dilakukan BaliFokus menyebut bahwa kandungan timbal dalam cat-cat di Indonesia melebihi batas aman bagi kesehatan dan lingkungan. Artinya, burung peliharaan Anda pun terancam dengan cat-cat tersebut.

  1. VOC
VOC, salah satu zat toksik dalam cat sangkar yang harus diwaspadai.
VOC, salah satu zat toksik dalam cat sangkar yang harus diwaspadai.

VOC (Volatile Organic Compouds) atau senyawa organik mudah menguap adalah kelompok senyawa yang umum ditemui pada pelarut organik (solvent). VOC memiliki efek yang buruk bagi berbagai macam organisme. Yang lebih mengkhawatirkan, paparan VOC bisa terjadi dari menghirupnya saja. Cat yang mengandung VOC akan menguapkan senyawa tersebut sehingga burung Anda berada dalam ancaman kesehatan. Indikasi adanya VOC dalam cat bisa diketahui dari bau menyengat pedas dalam cat, termasuk setelah diaplikasikan. Contoh senyawa VOC yang terkenal adalah formalin.

Baca Juga:  Tips Aplikasi Plitur Pintu Biovarnish untuk Tampilan Eksotik

Jenis cat yang banyak mengandung VOC dan logam berat sendiri biasanya adalah cat solvent based atau cat yang menggunakan pelarut solvent seperti thinner dan spiritus. Jenis-jenis cat seperti itu sebaiknya Anda hindari. Beralihlah pada cat water based yang pelarutnya hanya memanfaatkan air sehingga jauh lebih aman digunakan. Namun dalam memilih cat water based yang digunakan pun, Anda tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Sebab, banyak pula produsen cat water based yang menggunakan kandungan toksik dalam formulasinya.

Biocolours Water Based Coating dan Orchid Water Based Metal Paint untuk Sangkar Burung Sehat

Orchid® Cat Kayu Besi
Orchid® Cat Kayu Besi

Kami merekomendasikan Anda menggunakan cat wtaer based yang sudah terbukti keamanannya untuk menghindari paparan zat toksik dalam cat sangkar. Gunakanlah Biocolours water based coating untuk sangkar dari kayu dan Orchid water based metal paint untuk sangkar dari besi. Selain tergolong sebagai cat water based, keduanya juga terbukti aman digunakan. Baik Biocolours maupun Orchid diformulasikan secara khusus sesuai standar keamanan dari ECHA Reach Regulation dan US EPA. Bukti kesesuaian kedua produk tersebut pada standar ECHA Reach dan US EPA bisa ditunjukkan dari sertifikat lembaga TUV Reinland German dan Boureu Veritas Finlandia. Secara kualitas sendiri, Biocolours dan Orchid lebih unggul dalam hal estetika maupun ketahanannya.

Kontak dan Pemesanan

Untuk kontak dan pemesanan Biocolours serta Orchid, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X