Waspadai Bahaya Finishing Menggunakan NC!

Finishing menggunakan NC adalah salah satu jenis aplikasi finishing yang umum digunakan. NC atau nitrocellulose secara umum tidak bersifat toksik bagi manusia. Namun, tetap patut diwaspadai karena mudah terbakar dan memanfaatkan pelarut yang membahayakan.

Aplikasi finishing menggunakan NC banyak dimanfaatkan untuk gitar.
Aplikasi finishing menggunakan NC banyak dimanfaatkan untuk gitar. Di balik keindahannya, Anda harus waspada dengan bahayanya.

Nitroselulosa atau biasa disingkat NC adalah senyawa yang mudah terbakar. Terbentuk melalui proses nitrasi pada selulosa menggunakan asam nitrit atau agen nitrasi lain. Bahan ini banyak digunakan oleh manusia pada berbagai bidang, salah satunya bidang finising produk kayu seperti gitar.

Pada awal kemunculannya sebagai bahan finishing, NC berhasil menggeser kepopuleran shellac. Politur berbahan shellac yang sangat populer, pada abad ke-19 mulai menurun popularitasnya seiring ditemukannya nitroselulosa. Hingga kini, finishing menggunakan NC masih sangat umum dipilih. Bahan ini banyak diandalkan karena memiliki beberapa keunggulan. NC bisa memberikan hasil tampilan indah yang khas, praktis, serta mudah diperbaiki bila terjadi kerusakan.

Namun, sebagaimana produk lain pada umumnya, bahan finishing ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah tingkat toksiksitasnya yang harus diwaspadai. NC adalah senyawa yang mudah terbakar. Selain itu, aplikasi produk itu memanfaatkan pelarut organik yang mudah menguap, tidak baik bagi kesehatan.

Finishing Menggunakan NC dengan Pelarut Organik Membahayakan

Finising menggunakan nitroselulosa memang telah berhasil mengungguli politur berbahan shellac. Namun terdapat setidaknya satu kekurangan politur shellac yang belum bisa diatasi oleh bahan finishing ini, yaitu penggunaan pelarut organik seperti thinner atau spiritus.

Orchid® Cat Kayu Besi
Orchid® Cat Kayu Besi

Penggunaan pelarut organik dianggap membahayakan karena tingginya kandungan VOC. Dikutip dari U.S National Library of Medicine, beberapa efek gangguan akibat VOC antara lain pusing, sakit kepala, hingga kesulitan bernafas. Untuk menghindari sebaiknya Anda memanfaatkan produk finising water based seperti Biocolour Biopolyture. Selain aman, Biocolour Biopolyture juga bisa mempercantik produk kayu dengan ketahanan yang lama. Aplikasi produk ini juga bisa dimanfaatkan untuk kayu-kayu berkadar minyak tinggi seperti glugu. Sebagaimana dikutip dari Bioindustries.co.id, NC adalah bahan finishing yang kurang baik diaplikasikan pada kayu mengandung minyak. (*)

Kontak dan Pemesanan

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan, silakan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X