cat kayu besi Orchid

Tutorial Mengecat Kusen yang Kusam dengan Cat Kayu Besi

Bosan dengan warna kayu pada kusen di rumah, tenang saja masih banyak pilihan warna yang bisa digunakan dalam pengecatan kusen kayu. Anda tidak harus terpaku menggunakan pernis atau plitur namun kini bisa menggunakan cat kayu besi. Dibandingkan dengan cat duco, cat kayu besi proses aplikasinya lebih mudah. Siapa saja bisa mengaplikasikannya. 

Apa yang membuat cat kayu besi mudah? Adanya produk Orchid membuat para pemula dan juga ibu rumah tangga bisa mengecat. Alat yang digunakan untuk mengecat adalah kuas berbulu nilon. Ditambah lagi dengan proses keringnya yang cepat, Anda tidak perlu mengecat dalam waktu yang lama. 

Pilihan warna dari cat kayu besi Orchid sangatlah beragam. Ada 24 pilihan warna solid yang bisa dipilih. Semua warna sangat menarik dan dipadukan dengan berbagai gaya rumah. Tampilan kusen yang kusam karena telah lama digunakan kini tidak lagi menjadi masalah. Ketika selesai diaplikasikan, cat Orchid bisa lebih tahan lama. 

Cat kayu besi Orchid akan lebih tahan lama setelah diaplikasikan karena ketahanan terhadap panas, hujan dan juga goresan. Kusen yang dilapisi dengan cat kayu besi Orchid bisa bertahan hingga lima tahunan lebih. Tidak perlu lagi Anda untuk memikirkan proses recoating dalam waktu dekat. 

Persiapan Kusen Kayu Kusam sebelum Pengecatan

Langkah pertama sebelum masuk pada tahapan pengecatan adalah persiapan. Khusus pada persiapan ini, Anda harus mengamati kusen terlebih dahulu. Amati apakah terdapat rayap dan juga jamur. Jika ada maka Anda harus menghilangkannya terlebih dahulu agar tidak mempengaruhi hasil pengecatan. 

Apabila tidak ada jamur dan juga rayap maka tahapan akan menjadi lebih mudah. Anda cukup membersihkan permukaan kusen, mengamplas dan juga mengatasi semua cacat yang ada. Berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti dalam proses persiapan kusen. 

  1. Bersihkan semua permukaan kusen dengan kain kering. Pembersihan dilakukan untuk menghilangkan debu dan juga kotoran yang melekat. Jika ada yang lengket sebaiknya hilangkan menggunakan cutter secara perlahan. 
  2. Amplas permukaan kusen dengan amplas kasar seperti nomor 150 atau 180. Amplaslah hingga tampilan lapisan coating lama dan kusam hilang. 
  3. Pengamplasan akan lebih cepat jika Anda menggunakan mesin amplas. Jangan lupa pada bagian sudut semua harus teramplas. Khusus bagian sudut yang sulit, Anda bisa membersihkannya dengan scrape. 
  4. Terakhir amplas semua bagian kusen merata dengan amplas nomor 220. Kemudian Anda akan dilihat bagian cacat kusen seperti goresan atau lubang yang cukup dalam. Disinilah proses perbaikan harus dilanjutkan. 

Memperbaiki Cacat pada Kusen

Masih dalam tahapan persiapan kusen sebelum mengecat. Anda harus memperbaiki bagian cacat pada kusen menggunakan dempul kayu. Proses pendempulan tidak akan berlangsung lama apalagi jika Anda menggunakan Bioduco wood putty. Dempul kayu water based ini memiliki keunggulan cepat kering dan menutup cacat dengan rata. 

Proses pendempulannya pun sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama isikan Bioduco wood putty ke dalam lubang kayu. Kemudian padatkan dan ratakan dengan pisau scrape. 
  2. Tunggu dempul mengering dengan sendirinya sekitar 20 menitan. 
  3. Lanjutkan dengan pengamplasan permukaan bagian yang sudah di dempul. Gunakan amplas nomor 240. 
  4. Bersihkan semua debu bekas pengamplasan hingga semua kotoran yang masih menempel. 

Cara mendempul kusen sangat mudah, namun pastikan kembali bahwa tidak ada cacat yang terlewatkan. Lubang kusen yang tidak di dempul nantinya akan mempermudah rayap untuk menyerang dan merusak kusen. jadi sangat penting untuk diperhatikan.

Tata Cara Mengecat dengan Cat Kayu Besi Orchid

Kini saatnya untuk masuk ke dalam proses pengecatan. Mulailah dengan menutupi semua bagian yang tidak ingin dicat. Misalnya saja batas antara kusen dan juga dinding. Anda bisa menutupinya dengan kertas koran yang diisolasi. Langkah ini untuk menghasilkan proses finishing yang rapi. 

Setelah kusen dipersiapkan, siapkan juga bahan dan juga alat pengecatan. Berikut ini alat dan bahan yang harus disiapkan. 

  1. Cat kayu besi Orchid sesuai warna yang diinginkan
  2. Bioduco primer coat
  3. Kuas berbulu nilon ukuran 3 inci
  4. Air
  5. Gelas plastik 2 buah
  6. Pengaduk
  7. Kain kering yang bersih

Jika semua alat dan juga bahan telah disiapkan maka proses pengecatan dapat segera dimulai. 

Langkah 1. Mengaplikasikan Primer Coat

Lapisan pertama yang dibutuhkan adalah primer coat dari Bioduco. Fungsi lapisan ini adalah untuk menutup warna kusen dan juga seratnya. Primer akan bekerja sebagai cat dasar kayu sehingga nantinya cat Orchid dapat menghasilkan warna tajam yang merata.  Proses dimulai dengan mencampurkan primer bersama dengan air. 

Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air dan campurkan ke dalam gelas plastik. Aduk hingga larutan menjadi bercampur tidak ada endapan. Kemudian sapukan primer ke satu arah saja. Mulailah dari kusen bagian atas kemudian menuju ke bawah. Sapukan dalam satu kali sapuan yang panjang dan juga halus. Usahakan untuk bebas brush mark. 

Langkah 2. Pengeringan dan Pengamplasan Primer

Apabila primer telah merata saatnya untuk masuk ke dalam proses pengeringan. Diamkan kusen agar primer mengering sendiri selama 60 menit. Tes tingkat kekeringannya dengan menekankan ibu jari. Jika tidak ada sidik jari artinya kusen siap untuk di amplas. 

Amplas lapisan primer secara ambang saja dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas setelah pengamplasan dengan kain kering. Setelah bersih lanjutkan dengan proses pengecatan primer ulang. Biasanya dalam satu lapisan serat kayu masih terlihat oleh karena itu dua lapisan primer dibutuhkan. 

Proses aplikasi primer yang dilakukan sama dengan sebelumnya. Anda bisa membuat larutan baru atau menghabiskan sisa larutan untuk lapisan pertama. 

Langkah 3. Mengaplikasikan Cat Orchid

Saatnya mengaplikasikan cat kayu besi water based Orchid. Ketika lapisan primer selesai di amplas dan dibersihkan dari debu langsung buatlah larutan cat Orchid. Perbandingan larutan yang dibutuhkan adalah 3 bahan : 1 air.  Larutan harus lebih kental agar warna yang dihasilkan lebih tajam. Aduk hingga tidak ada cat yang mengendap. 

Kuaskan larutan Orchid pada permukaan kusen dari bagian atas. Arah mengecat harus sama seperti arah pengecatan primer sehingga hasilnya bebas brush mark. Lakukan tipis saja karena nanti Anda akan mengulanginya kembali. Ratakan semua cat dan habiskan larutan yang dibuat dalam satu lapisan ini. 

Langkah 4. Pengeringan dan Aplikasi Ulang Orchid

Setelah kusen merata dengan cat Orchid tunggu lapisan ini kering selama 60 menit atau lebih. Tes kembali apakah cat sudah kering dengan ibu jari. Setelah itu lanjutkan dengan pengamplasan ambang menggunakan amplas 400. Setelah itu jangan lupa bersihkan debu bekas pengamplasan. 

Buatlah larutan cat Orchid ulang kemudian kuaskan cat pada kusen dengan arah yang sama tipis saja. Proses pengulangan ini bisa dilakukan hingga 3 kali. Mulai dari penguasan, pengeringan, dan juga pengamplasan. Namun pada lapisan terakhir Anda tidak perlu mengamplas ulang. Cukup diamkan kusen selama dua hingga tiga jam kemudian lepaskan koran yang menempel. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X