warna-putih-pintu-kayu

Trik Menggunakan Cat Kayu Warna Putih untuk Pintu Rumah

Ragu memilih finishing warna putih pada pintu rumah karena takut tidak rapi? Hasilnya mudah kotor dan tidak tahan lama? Kotor kini bukan lagi alasan Anda untuk tidak memberikan lapisan cat berwarna putih pada pintu rumah. 

Warna putih justru banyak dipilih karena akan memberikan kesan bersih dan elegan pada sebuah hunian. Anda harus pintar dalam memilih warna putih yang tepat. Ditambah dengan teknik pengaplikasikan yang tepat. 

Sekali mengetahui langkah-langkah apa saja yang tepat untuk finishing pintu di rumah. Anda pasti akan mengalami betapa mudahnya ternyata melakukan finishing dengan warna putih. Tidak ada lagi  hasil warna putih yang kotor atau tidak sesuai dengan keinginan. 

Semua pembahasan mengenai finishing pintu untuk mendapatkan warna putih akan dijelaskan secara terperinci dalam artikel ini. 

Memilih Warna Putih yang Sesuai dengan Pintu

Warna putih tidak hanya satu, ada banyak sekali tingkatan warna putih yang bisa Anda pilih. Selama pemilihan, Anda harus mengetahui satu per satu warna putih yang dihadirkan oleh beberapa merk cat kayu. Dengan begitu akan lebih mudah bagi Anda mengetahui manakah yang cocok diterapkan pada pintu di rumah. 

Nah dalam pemilihannya, ada beberapa tips berikut ini yang bisa diikuti. 

  • Cari tahu nuansa warna putih apa saja yang tersedia

Warna putih memiliki banyak nuansa, seperti nuansa kebiruan, kemerahan, kekuningan bahkan kehijauan. Untuk mengetahui warna putih apa saja yang tersedia penting untuk membandingkan satu merk dengan yang lainnya. 

  • Perpaduan dengan warna yang lainnya

Pintu akan memiliki nuansa warna lain yang berseberangan (kontras) atau hampir sama (harmoni) dengan bagian rumah yang lain. Pastikan Anda menentukan warna putih akan dipadukan dengan warna apa saja sehingga rumah tidak terlihat terlalu ramai. 

  • Mengetes warna

Setelah memilih beberapa warna putih dari produk cat sebaiknya coba untuk aplikasikan pada pintu. Anda bisa menggunakannya di area yang tidak terlalu terlihat atau menggunakan material kayu lainnya. Cobalah untuk membayangkan warna putih mana yang hendak digunakan. 

Produk Cat Warna Putih yang Direkomendasikan

cat-kayu-enamel-Orchid-500gr

Bagi Anda yang masih bingung memilih warna putih, perlu mencoba cat enamel Orchid. Cat ini adalah cat yang terbuat dari bahan enamel water based sehingga aman digunakan. Orchid adalah cat kayu warna putih yang bagus untuk menutup warna kayu asli. Anda tidak lagi dilihat warna kayu atau seratnya sehingga pintu akan memiliki warna putih sempurna. 

Para pemula biasanya menggunakan cat kayu besi Orchid karena proses aplikasi yang mudah adalah dengan kuas. Anda bisa menggunakannya baik itu dengan pintu dilepas atau tidak. Walaupun terkena bagian besi seperti engsel dan knop, cat tidak akan menimbulkan karat. 

Cat yang cepat kering ini tidak menimbulkan bau, inilah yang membuatnya lebih banyak dipilih. Kandungan toxic pembuat cat seperti formalin dan juga timbal dibatasi penggunaannya. Sehingga setelah diaplikasikan cat tetap tidak akan menguapkan bahan berbahaya ke udara. 

Bahan dasar air adalah alasan mengapa cat yang juga bisa diaplikasikan pada besi ini aman. Jika diukur, kandungan toxicnya atai volaile organic compound di bawah 100 gram per liternya. Jadi sangat aman digunakan di lingkungan baik itu dekat dengan keluarga. 

Trik Mengecat Pintu Warna Putih Lebih Sempurna

Bagi Anda yang mengejar kesempurnaan untuk hasil warna pintu putih, maka menjaga kebersihan sangatlah penting. Anda mungkin sudah menemukan cat kayu yang tepat, tetapi tetap harus memperhatikan teknik mengaplikasikannya. Nah selama proses finishing ada beberapa trik dan tips yang harus diikuti. 

Anda perlu mempersiapkan ruangan, mengamplas, mengaplikasikan primer, dan mengecat. Masing-masing langkah butuh ketelitian, walaupun Anda adalah pemula sebaiknya ikuti langkah dengan benar.  

Trik Persiapan Mengecat Pintu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan pintu. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut ini:

  1. Bersihkan pintu dengan cairan pembersih. Pastikan semua kotoran yang keras hilang setelah itu keringkan. 
  2. Lepas semua perangkat keras untuk hasil finishing lebih rapi. Mulai dari knop, engsel pintu dan juga lubang kunci. 
  3. Hilangkan lapisan coating yang lama dengan cairan khusus. Lapisan cat baru tidak akan menempel jika masih terdapat lapisan coating.
  4. Isi semua lubang atau cacat bekas kerusakan dengan dempul. Hati-hati untuk tidak mengisi lubang untuk pemasangan sekrup knob dan engsel. 

Semua pintu harus dipersiapkan dengan benar. Anda harus membuat permukaan pintu memiliki tampilan kayu asli. Artinya semua kotoran dan lapisan cat lama benar-benar hilang. Fungsinya agar pori kayu kembali terbuka dan cat yang baru dapat melekat kembali. 

Trik Mengamplas Pintu dengan Sempurna

Jika pintu Anda sudah memiliki permukaan yang halus, pada tahapan ini tidak terlalu banyak pengamplasan yang dilakukan. Jika tidak, maka Anda harus meluangkan waktu lebih lama. Diperlukan jenis amplas yang kasar agar permukaan kayu cepat berubah menjadi lebih halus. 

Berikut ini beberapa trik agar proses pengamplasan bisa lebih cepat selesai. 

  • Mulailah dengan kertas amplas grit 120 atau 150
  • Pada area yang datar, amplas dengan mesin atau memanfaatkan balok kayu. 
  • Belilah kertas amplas yang digunakan untuk kayu dan cat, yaitu aluminium oxide.
  • Segera ganti kertas amplas dengan yang baru setelah grit sudah mulai halus. 
  • Amplas searah dengan serat kayu.

Trik Mengaplikasikan Primer untuk Warna Sempurna

primer-coat-Bioduco

Sebelum mengaplikasikan cat kayu besi Orchid, aplikasikan terlebih dahulu Bioduco primer coat. Primer berfungsi sebagai cat dasar kayu yang akan menutup warna dan serat kayu sempurna. Sehingga warna dari cat Orchid akan lebih tajam nantinya. 

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan saat mengaplikasikan Biovarnish Primer berikut ini:

  1. Campurkan primer dengan air dalam wadah terpisah kemudian aduk hingga merata.
  2. Kuaskan primer ke satu arah dengan sapuan yang panjang. Jangan tekan berlebihan dan gunakan kuas berbulu nilon. 
  3. Tunggu lapisan kering dan amplas ambang dengan kertas grit 400. 
  4. Jika warna kayu masih terlihat, aplikasikan primer sekali lagi. Maka sebaiknya setiap lapisan yang dibuat tipis saja. 

Trik Mengaplikasikan Cat Kayu Orchid

Selesai mengaplikasikan primer, kini Anda sudah mendapatkan pintu dengan warna dasar putih. Namun itu belum sempurna jika Anda belum mengaplikasikan cat warna putih dari Orchid. Langkah aplikasinya sama seperti primer yaitu sebagai berikut :

  • Encerkan cat Orchid dengan sedikit air dalam wadah terpisah dan aduk. 
  • Lanjutkan dengan manguaskan cat Orchid sesuai dengan arah cat primer. 
  • Diamkan cat mengering selama 60 menit dan amplas ambang.
  • Ulangi aplikasi cat, lakukan langkah yang sama hingga 2 atau 3 lapisan. 

Pada lapisan terakhir Anda perlu menunggu semalaman agar cat benar-benar mengering. Bagi Anda yang tidak melepas pintu saat mengecat, sudah bisa menutup atau membuka pintu setelah beberapa jam. 

Pastikan setelah cat mengering, pasang kembali perangkat keras yang tadinya telah dilepas. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X