patio furniture yang ditempatkan di luar ruangan

Tren Warna Garden Furniture 2022

Tren warna garden furniture 2022 menjadi tren warna furniture dengan kesan natural dan minimalis. Tren warna furniture selalu mengalami perubahan karena beberapa faktor seperti perubahan desain, hingga konsep hunian. 

Furniture dengan gaya rustic atau natural kayu masih digemari masyarakat. Furniture jenis ini sangat sesuai jika digunakan pada hunian rumah dengan gaya minimalis, rococo, kontemporer dan modern.

Tren Warna Garden Furniture 2022 yang akan Populer

Banyak orang lebih menyukai desain furniture yang unik dan klasik sehingga warna yang digunakan pada furniture digunakan juga menyesuaikan, di antaranya seperti warna natural, recycle vintage, rustic dan patina. Warna-warna pilihan ini dapat menciptakan nuansa hunian yang tenang dan hangat pada kondisi gaya hidup yang padat dan menyibukkan.

Salah satu spot di rumah yang menjadi spot untuk melepaskan penat adalah taman atau halaman rumah. Spot ini menjai area yang paling sering dipakai untuk bersantai oleh penghuninya. Berbagai cara dilakukan untuk menciptakan desain garden yang sesuai dengan suasana yang diinginkan.

Bagi Anda yang sedang menentukan warna yang digunakan untuk garden furniture di rumah, beberapa list berikut ini bisa menjadi referensi.

Warna Natural Kayu

Warna natural kayu masih mendapatkan tempat yang istimewa bagi penggemarnya. Biasanya warna natural diaplikasikan pada furniture dengan bahan dasar kayu jati karena serat kayunya berkarakter unik dan rapi. Banyak furniture seperti bench, kursi taman ataupun gazebo menggunakan warna natural kayu.

Dengan warna natural ini, serat kayu atau media yang digunakan pada furniture akan terlihat, hal ini akan memberikan kesan tenang sebab tampilannya yang alami.

Recycle Vintage

Warna recycle vintage sangat cocok bagi Anda yang memiliki selera unik dan nyentrik. Warnanya yang terkesan recycle dari berbagai warna furniture akan memberikan kesan klasik dan lawas sehingga membuat pikiran lebih fresh.

Baca Juga:  Amankah Meja Ruang Tamu Daur Ulang?

Kesan unik yang dimunculkan pada furniture ini akan membawa ketertarikan tersendiri saat pertama kali melihatnya. Furniture dengan warna ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan inspirasi.

Patina

Furniture dengan warna patina akan tampil dengan kesan unik dan lawas. Furniture warna ini terkesan teroksidasi atau terpapar sinar matahari cukup lama, sehingga menghasilkan warna grey yang eksotik yang terlihat seperti furniture tahun 50-an.

Tren warna garden furniture 2022 tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengaplikasikan finishing dengan teknik sesuai jenis furniture yang diinginkan. Alangkah baiknya  menggunakan finishing water based wood coating system yang cenderung lebih aman dan ramah lingkungan.

Finishing Garden Furniture Warna Natural Kayu

Apabila Anda menginginkan warna natural untuk furniture teras, taman dan lain, perlu memperhatikan tahap finishing. Pasalnya, hasil finishing dengan plitur saja akan berbeda dibandingkan jika menerapkan tahapan yang lengkap seperti wood filler, colouring dan top coat.

Dengan tahapan yang lengkap, furniture akan tampak lebih tajam dan menarik. Selain itu, permukaan furniture akan jauh lebih aman karena memimalisir kerusakan akibat gesekan, cuaca dan sejenisnya.

Salah satu cat berkualitas yang cocok digunakan untuk outdoor namun tetap aman digunakan adalah Biovarnish. Cat kayu ini merupakan cat water based yang diformulasikan khusus untuk finishing kayu, natural fiber maupun particle board.

Anda tidak perlu bingung mencari setiap bahan finishing, sebab Biovarnish menawarkan produk yang lengkap mulai dari tahapan basecoat, maincoat hingga topcoat.

Tahapan aplikasi finishing Biovarnish secara lengkap dapat disimak berikut ini.

  • Ampelas terlebih dahulu permukaan kayu untuk meratakan sekaligus membersihkannya dari kotoran yang menempel.
  • Bersihkan sisa debu pengampelasan.
  • Gunakan Biovarnish Wood Filler sesuai dengan warna dasar kayu. Larutkan dengan air secukupnya kemudian aduk hingga menjadi pasta. Aplikasikan ke seluruh permukaan kayu secara merata menggunakan pisau palet maupun sejenisnya.
  • Diamkan selama 30 menit dalam suhu ruangan. Kemudian ampelas menggunakan kertas ampelas no. 320.
  • Pilih Biovarnish Liquid Stain sesuai warna yang diinginkan, disini Biovarnish terdiri dari 20 warna natural kayu. Untuk mengaplikasikannya, larutkan dengan air secukupnya kemudian aduk hingga seluruh larutan menyatu. Aplikasikan dengan metode semprot maupun kuas ke seluruh permukaan kayu.
  • Diamkan dalam suhu ruangan selama 60 menit kemudian ampleas ambang menggunakan kertas ampelas No. 400.
  • Untuk memperkuat sekaligus mempertajam coating, aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer. Larutkan terlebih dahulu dengan air kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu. Diamkan selama 60 menit dalam suhu ruangan kemudian ampelas ambang dengan kertas ampelas no. 400.
  • Untuk tahap akhir, aplikasikan Biovarnish Clear Coat yang sudah dilarutkan air ke seluruh permukaan kayu. Diamkan dalam suhu ruangan selama 24 jam atau cat benar-benar kering dengan sempurna.
Baca Juga:  Ribet Membakar Kayu? Gunakan Cara Membakar Kayu Jati Belanda Mudah Ini

Furniture yang sudah diaplikasikan dengan Biovarnish akan lebih nyaman digunakan langsung karena tidak meinggalkan bau maupun mengeluarkan zat beracun.

Salah satu tren warna garden furniture dengan warna natural kayu adalah warna yang mendekati warna kayu jati. Warna kayu jati tergolong selalu diminati tanpa melihat perubahan tren furniture setiap tahunnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X