Finishing Dengan Cat Kayu Kuas

Furniture berkayu pinus bagus jika difinishing dengan cat kayu kuas, karena selain mudah aplikasinya juga memiliki hasil yang memuaskan.

Finishing adalah suatu pekerjaan hasil akhir sebelum sebuh produk dipasarkan atau digunakan. Finishing furniture meliputi pengamplasan, pengecatan dan pengeringan. Kertiga aspek tersebut tidak dapat diambil salah satu saja. Misalnya saja jika Anda menghilangkan aspek pengamplasan maka hasil furniture tentu tidak halus, pori-pori kayu pun tidak tertutup oleh cat kayu dengan baik. Pentingnya proses pengamplasan akan sangat mempengaruhi hasil akhir sebuah furniture. Selanjutnya adalah pengecatan, cat yang dipilih bisa cat kayu kuas atau cat kayu semprot atau cat yang bisa digunakan dengan kedua cara baik kuas dan semprot.  Jika Anda hanya ingin melakukan finishing sendiri di rumah bisa menggunakan cat kayu yang diaplikasikan dengan kuas.

Proses pengeringan yang merupakan proses terakhir dalam finishing juga sangat penting. Jika cat yang melapisi permukaan kayu tidak kering maka akan terdapat bekas sidik jari atau brush mark ketika mengaplikasikan cat ulang. Bercak akan mempengaruhi tampilan furniture karena tekstur yang dihasilkan akan terlihat banyak lecet. Katika cat belum kering maka akan terasa lengket ketika digunakan juga. Jadi pentingnya finishing baik pengamplasan, pengecatan dan juga pengeringan harus dilakukan dengan benar dan tepat.

Manfaat Pohon Pinus

Finishing dapat dilakukan untuk semua jenis kayu salah satunya adalah kayu pinus. Kayu pinus sendiri sangat banyak terdapat di Indonesia khususnya pulau Jawa dan Sumatera yang memiliki banyak hutan pembudidayaan tanaman pinus. Jenis pinus di Indonesia yang tumbuh adalah pinus Merkusii yang memiliki pertumbuhan bisa mencapai 20 hingga 40 meter dengan diameter 1 meter. Jika dilihat batang pohon pinus memang kecil dan pada bagian atasnya memiliki cabang yang cukup banyak. Manfaat pohon pinus sendiri sangat beraneka ragam, getah pohon pinus yang disuling kemudian dipadatkan disebut dengan gondorukem (Colophony). Godorukem sendiri digunakan  untuk pembuatan lem, kosmetik, bahan pembuat batik, dll.

Baca Juga:  3 Tips Memilih Tangga Kayu Untuk Rumah Minimalis

Finishing Dengan Cat Kayu Kuas

Kebutuhan Godorukem di dunia semakin meningkat setiap tahunnya sehingga Indonesia menjadi pengekspor Gondorukem terbesar di dunia karena bahan yang dihasilkan sangat baik dari kayu pinus Merkusiii. Kualitas gondorukem yang diberikan mampu bertahan dalam suhu yang tinggi, tingkat kelengketan yang baik dan aroma yang banyak disukai. Sedangkan bagian kayu pinus Merkusii sering digunakan sebagai kayu lapis, bahan bangunana interior, papan gambar, pensil, korek api, papan laminasi, handycraft, furniture dan masih banyak lagi. Untuk furniture tentu saja pemilihan cat kayu kuas dan cara pengamplasan akan memberikan hasil tampilan furniture berkayu pinus semakin baik. Jadi bagi Anda pengusaha tanaman atau kayu pinus pasti akan merasakan dampak keuntungan yang cukup besar dari tanaman berbatang lurus ini.

Hasil Finishing Cat Kayu Kuas Untuk Furniture Kayu Pinus

Finishing Dengan Cat Kayu KuasUsaha furniture berkayu pinus sendiri dikhususkan untuk furniture indoor saja hal ini dikarenakan kekuatan kayu pinus yang tidak mampu beradaptasi ketika terkena panas matahari dan air hujan. Perubahan drastis yang didapatkan adalah tumbuhnya jamur, lumut, dan juga proses pelapukan yang cepat. Bahkan rayap pun akan menggerogoti kayuu pinus. Kayu pinus yang sudah dibentuk menjadi furniture interior membutuhakn finishing yang tepat baik dari segi pengampelasan, pengecatan dan juga pengeringan. Pengemplasan yang tepat dilakukan untuk kayu pinus tidak terlalu ditekan sekali karena tekstur kayu pinus yang lunak mudah sekali halus.  Untuk pengecatan dengan cat kayu kuas, Anda bisa menggunakan cat kayu Biovarnish yang water based hanya dengan campuran air saja. Jika Anda menggunakan cat kayu Biovarnish maka dalam melakukan tahap pengeringan pun akan cepat kering. Anda tidak perlu takut akan brush mark atau bekas sidik jari karena tarikan kuas ringan menghindari brush mark dan cepat kering dengan kering sentuh sekitar 20 hingga 30 menit saja.

Baca Juga:  Cara Mengecat Furniture Kayu untuk Tampilan Charcoal

Hasil yang diberikan dalam finishing furniture berkayu pinus dengan cat kayu Biovarnish adalah warna natural transparan. Lapisan film yang keras , kuat dan fleksibel akan membuat warna dari kayu pinus tidak mudah luntur dan tahan lama. Lakukan finishing furniture berkayu dengan teknik pengamplasan tepat, produk cat yang digunakan sesuai untuk membantu proses pengeringan cepat dan juga hasil yang maksimal bebas brush mark.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X