furniture single line

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Furniture Bekas

Orang-orang biasanya memilih untuk membeli furniture bekas karena harganya yang lebih murah namun kualitas serta fungsinya masih bagus. Khususnya untuk furniture kayu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Memilih furniture bekas terutama berbahan kayu perlu hati-hati karena material ini tergolong mudah lapuk. Ada benerapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah dalam memilih furniture bekas.

Tips Memilih Furniture Bekas Berbahan Kayu

Furniture bekas memiliki ciri khas yang sudah tidak diproduksi untuk model terbaru. Wajar saja jika sebagian orang memilih furniture bekas untuk alasan ini, atau alasan lainnya.

Nah, agar tidak salah dalam memilih furniture bekas, perhatikanlah beberapa tips di bawah ini:

Ukur Dimensi Ruangan

Kesalahan fatal yang seringkali dilakukan oleh sebagian orang adalah tidak mengukur dimensi ruangan untuk penempatan furniture bekas. Alhasil furniture yang dipilih justru akan membuat terasa sesak. Terlebih untuk furniture seperti sofa, lemari, meja makan, dll.

Saat membeli furniture bekas, Anda sebaiknya membawa alat ukur sehingga dapat memastikan ukuran furniture saat sudah dipakai di rumah .

Siapkan Dana Tambahan Untuk Perbaikan

Kala membeli furniture bekas, sebaiknya jangan membawa uang pas. Sisakan untuk biaya perbaikan. Meskipun barang bekas masih berkualitas, seringnya barang tersebut harus melalui perbaikan jika terdapat bagian yang cacat.

Furniture bekas yang mengalami cacat sangat mungkin terjadi, apalagi dengan material kayu. Selain ada bagian yang cacat, hal lain yang mungkin terjadi terjadi adalah warnanya yang memudar.

Hindari Furniture yang Bau

Hal penting lainnya bagi Anda yang ingin membeli furniture bekas adalah seringkali furniture mengeluarkan bau tak sedap. Bau tersebut bisa disebabkan beberapa hal, di antaranya kondisi lembab karena lama tidak digunakan atau karena jamur.

Yang membuat furniture mungkin karena furniture bersentuhan langsung dengan kain yang berbau kapur barus. Hindari furniture dengan bau ini karena Anda tidak dapat menghilangkannya.

Furniture yang bau karena jamur, sudah dipastikan barang tersebut tidak layak untuk digunakan.

Pertimbangkan Furniture Bekas yang Berkualitas

Ketika Anda memilih furniture bekas yang berkualitas, wajar jika harga yang ditawarkan mungkin lebih tinggi. Apalagi jika material kayunya adalah kayu jati tua. Oleh sebab itu, pertimbangkan kembali ketika ingin membeli furniture bekas yang berkualitas.

Jika Anda sudah mempersiapkan biaya khusus dan memiliki keinginan mengoleksi furniture lama, tidak masalah untuk memilih jenis furniture ini.

Refinishing yang Benar untuk Furniture Kayu Bekas

Apabila Anda membeli furniture bekas berbahan kayu, umumnya warna akan memudar sehingga dibutuhkan refinishing. Tujuan refinishing bukan hanya sekadar memperbaiki tampilan, tapi juga menambah perlindungan.

Fungsi cat pada furniture sangat penting karena lapisan luar dapat memberikan proteksi tambahan sehingga furniture dapat tahan lama. Untuk memberikan proteksi yang baik, Anda bisa menggunakan Biovarnish yang merupakan cat water based.

Untuk refinishing, yang diperlukan di antaranya ampelas, kuas/spray gun, air, wadah dan cat yang akan digunakan. Langsung saja langkah-langkah refinishing dengan Biovarnish pada furniture bekas di bawah ini:

  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk menyamarkan cacat pada kayu seperti lubang, pecah dll. Caranya, larutkan dengan air kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu terutama bagian yang cacat. Diamkan selama 30 menit atau hingga kering sentuh lalu ampelas kembali hingga halus.
  • Aplikasikan Biovarnish Wood Filler untuk pewarnaan pada furniture. Larutkan terlebih dahulu dengan air sesuai dengan aturan pakai. Aplikasikan dengan cara kuas atau semprot ke seluruh permukaan kayu. Diamkan selama 60 menit kemudian ampelas ambang.
  • Untuk mengunci warna dan memberikan hasil akhir mengkilap maupun matte, aplikasikan Biovarnish Clear Coat. Larutkan dengan air secukupnya kemudian aplikasikan ke seluruh permukaan kayu. Diamkan selama semalam untuk mengeringkan cat dan siap untuk digunakan.

Anda tidak perlu khawatir dengan bau kurang sedap cat sebab cat ini tidak mengeluarkan bau sama sekali sehingga lebih nyaman ketika digunakan untuk indoor maupun outdoor.

Cat ini bukan hanya cocok diaplikasikan untuk material kayu saja mainkan juga material natural fyber seperti rotan, enceng gondok, daun pandan hingga pelepah pisang.

Untuk membeli cat water based ini, silahkan hubungi kontak hotline yang tersedia pada website. Anda dapat konsultasi terlebih dahulu untuk menentukan hasil finishing yang tepat. Apabila ingin pembelian capet, Anda dapat langsung membelinya di marketplace seperti di Shopee maupun Tokopedia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X