Tips Memilih Cat Kayu yang Tepat

Kriteria cat kayu yang tepat tidak semata-mata terletak pada kualitas spesifikasi cat kayu tersebut. Cat kayu yang tepat adalah cat kayu yang mampu memenuhi kebutuhan maupun keinginan kita.

Membicarakan mengenai cat kayu yang baik dan tepat pada dasarnya tidak sesederhana seperti membicarakan kualitas suatu produk tunggal. Dengan ragam variasi yang besar, untuk mendapatkan cat kayu yang baik diperlukan kehati-hatian sehingga produk yang dibeli sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan kita.

Tips memilih cat kayu yang bagus
Tips memilih cat kayu yang bagus

Pengertian cat kayu yang tepat sendiri sebenarnya sangat subjektif. Hal tersebut dikarenakan proses pengecatan bersifat kondisional. Produk cat kayu yang baik saat diterapkan pada jenis kayu tertentu tidak akan selalu bagus saat diterapkan pada jenis kayu lainnya. Karenanya, diperlukan pertimbangan yang tepat untuk  mendapatkan cat kayu yang baik. Pertimbangan ini wajib dilakukan sebelum membeli produk yang akan digunakan.

Pertimbangan Memilih Cat Kayu yang Tepat

  1. Perlindungan atau Perlindungan dan Estetika. Terdapat dua tujuan pengecatan, yakni untuk memberikan perlindungan dan untuk meningkatkan estetika kayu. Bila fokus tujuan Anda adalah untuk melindungi kayu tanpa terlalu memperhatikan estetikanya, maka pilihlah jenis cat yang memang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Hal yang sama juga dapat Anda terapkan bila pengecatan tersebut dimaksudkan untuk melindungi dan meningkatkan estetika kayu.
  2. Interior atau Eksterior. Kondisi interior dan eksterior memiliki dampak besar pada keawetan cat kayu yang diaplikasikan. Pilih jenis cat interior bila kebutuhan Anda adalah mengecat bagian interior dan pilih cat eksterior bila kebutuhan Anda adalah mengecat bagian eksterior.
  3. Media Kayu. Produk-produk kayu tertentu memiliki ukiran-ukiran yang rumit sedangkan yang lainnya tidak.Pertimbangkan perbedaan ini untuk memilih cat yang dibedakan atas aplikasinya. Sebagai contoh, pada media yang penuh dengan detil rumit, Anda akan memerlukan jenis cat yang bisa disemprot. Sedangkan pada media kayu yang rata, Anda cukup menggunakan jenis cat yang bisa dioleskan.
  4. Jenis Kayu yang akan Dicat. Perbedaan jenis kayu juga harus turut dipertimbangkan dalam pemilihan cat kayu yang akan diaplikasikan. Setiap jenis media kayu memiliki perbedaan dari serat hingga kandungan kimianya. Oleh karenanya, suatu produk cat kayu yang tepat diterapkan pada satu jenis kayu belum tentu memberikan hasil yang sama pada jenis kayu lainnya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X