cara-mendempul

Tangani Pengeroporsan Dengan Cara Mendempul Kayu Keropos Berikut

Dalam menangani pengeroposan kayu Anda membutuhkan cara mendempul kayu keropos yang mudah dengan dampul water based.

Kelemahan kayu atau serat alam pada umunya adalah pengeroposan. Mengapa pengeroposan ini muncul? Hal ini dipengaruhi oleh serat alam selalu memiliki pori-pori.

Pada saat kayu masih menjadi pohon pori ini berfungsi untuk menyerap makanan sedangkan ketika sudah berubah menajdi kayu pori ini harus ditutup agar tidak berfungsi menyerap kelembapan. Jika kayu sudah menyerap kelemabapan maka jamur lambat laun akan tumbuh kemudian rayap mulai berdatangan menimbulkan pengeroposan.

Jika Anda sudah menemukan kayu keropos maka harus segera ditindak lanjuti yaitu dengan mengisi bagian keropors tersebut. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengisi keropos yaitu dengan menggunakan lem dan juga serbuk kayu.

Anda bisa mencampurkan lem dengan serbuk kayu kemudian mengisi bagian keropos dengan adonan tersebut. Kemudian Anda bisa menunggu kering baru bisa melanjutkan dengan proses finishing. Hal ini juga banyak digunakan pada pabrik furniture karena cukup efektif.

Selain dengan penggunaan lem ada cara lain yang lebih mudah yaitu dengan dempul. Cara dempul kayu keropos bukanlah hal yang sulit dan Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Mempersiapkan media kayu yang keropos dan membersihkannya. Berikan BioCide Insecticide sebagai pencegah datangnya rayap. Siapkan juga produk dempul dan pisau palet.
  2. Isilah bagian keropos dengan dempul kayu hingga terisi penuh. Dimakan hingga kering benar. Dempul akan mengendap dan juga mengisi pori-pori kayu dengan benar.
  3. Jika sudah kering perhatikan jika bagian cacat belum terisi benar maka Anda bisa mengulangi cara aplikasi kembali hingga didapatkan cacat kayu berubah menjadi rata dan halus. Anda sudah bisa melakukan proses finishing jika proses pendempulan telah selesai.

cara-mendempul

Cara-cara mendempul kayu keropros di atas sangatlah mudah dan Anda pun bisa mempraktekannya sendiri di rumah. Jika Anda ingin membandingkan antara cara memperbaiki kayu keropos dengan dempul dan lem Anda bisa mencobanya. Untuk aplikasi menggunakan lem membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 13 hari baru kayu siap untuk difinishing. Sedangkan untuk dempul kayu Anda hanya membutuhkan waktu kering sekitar 30-60 menit saja.  Untuk proses finishingnya, tentu saja dengan dempul aplikasi finishing lebih mudah karena warna dempul akan lebih mudah menyatu dibandingkan dengan lem. Produk lem sendiri biasanya akan menimbulkan warna berbeda dengan kayu baik itu warna natural maupun warna solid. Jadi kelebihan manakah yang akan Anda pilih dan cara manakah yang akan Anda pilih dan dianggap lebih mudah?

Baca Juga:  Bisakah Membedakan Kualitas Kitchen Set Aman dan Tidak?

Pilih Dempul Kayu Yang Tepat

Melihat dari pentingnya cara mendempul kayu keropos ini tentunya Anda harus memilih jenis dempul manakah yang berkualitas dan juga memiliki kemampuan tepat dalam memperbaiki keropos. Ada banyak sekali jenis dempul tergantung dengan material yang digunakan mulai dari dempul kayu untuk material kayu, plamir untuk dempul dinding atau plafon dan juga ada dempul besi yang bisa digunakan untuk besi dan juga baja. Untuk kebutuhan furniture serat alam tentu Anda membutuhan dempul kayu. Jenis dempul kayu sendiri dibagi menjadi dua tergantung dengan hasil finishing yang akan Anda tentukan. Tetapi kedua jenis dempul ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menutup pori-pori kayu dan juga untuk menutup cacat pada permukaan kayu seperti cacat karena keropos. Untuk lebih jelasnya inilah penjabaran mengenai jenis dempul kayu berdasarkan hasil yang diinginkan:

  1. Wood Putty

Arti dari putty sendiri adalah lapisan plastik yang tinggi. Sedangkan wood putty adalah dempul kayu yang memberikan hasil seperti lapisan plastik yang tinggi walaupun bahan yang digunakan bukanlah plastik. Dempul plastik untuk kayu ini bisa memberikan warna solid pada hasil finishing Anda. Untuk pilihan warna wood putty adalah warna putih atau warna abu-abu. Dempul kayu warna putih dapat menutup warna kayu asli dan Anda akan mendapatkan warna baru seperti merah, biru, kunbing , hijau, dll.

  1. Wood Filler

Istilah filler berarati mengisi. Untuk wood filler adalah produk dempul kayu yang akan mengisi pori-pori kayu dengan baik. Kualitas wood filler yang baik bisa dilihat dari bentuk partikelnya yang seharusnya lebih kecil dari pori-pori kayu sehingga dapat menutup dan mengisi pori-pori kayu dengan baik. Hasil warna yang diberikan untuk finishing natural, sehingga jika Anda menginginkan hasil warna natural dengan serat kayu yang terlihat, Anda bisa menggunakan wood filler. Pilihan warna wood filler adalah warna kayu seperti kayu jati atau kayu mahoni.

Baca Juga:  Cara Merawat Lantai Kayu Ulin dengan Mudah

Selalu Gunakan Dempul Kayu Water Based

Bahan pembuat dempul dikenal dengan binder dan kemudian dicampur dengan berbagai bahan seperti water based, lacquer dan juga linseed oil. Jika Anda ingin melihat contoh produk dempul Anda bisa datang langsung ke toko besi terdekat. Selain membeli langsung di tokok kebanyakan pengrajin kayu lebih suka bereksperimen sehingga menciptakan dempul sendiri. Akan tetapi jenis dempul yang dibuat sendiri tentu tidak memiliki kualitas yang standar. Bisa saja partikel yang diciptakan berukuran terlalu besar sehingga tidak bisa mengisi pori-pori kayu. Sehingga dengan memebali produk dempul berkualitas, cara mendempul kayu keropos bukanlah suatu halangan lagi. Jika Anda menginginkan dempul berkualitas gunakanlah dempul kayu water based yang memiliki banyak kelebihan mulai dari cepat kering. Berbeda dengan jenis dempul lainnya terutama lacquer yang membutuhkan waktu sangat lama untuk kering sekitar 2 jam, dempul kayu water based kebanyakan hanya membutuhkan waktu kering sekitar 60 menit saja bahkan tanpa dijemur pada panas matahari. Setelah kering, pada saat pengamplasan tidak akan peeling karena dempul dapat menempel pada pori kayu dengan baik.

Jika Anda bisa melihat kelebihan dari proses aplikasi yang cepat kering, Anda juga bisa membandingkannya dari sisi kesehatan dan keramahan lingkungan. Tidak semua jenis dempul kayu ini aman dan ramah lingkungan karena sebagain besar mengandung bahan kimia berbahaya yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia dan lingkungan. Misalnya saja kandungan timbal, di masa mendatang kandungan timbal dalam dempul yang dihirup manusia bisa mendatangkan penyakit kanker sehingga Anda diminta harus lebih berhati-hati memilih dempul. Berbeda dengan dempul kayu water based yang sudah dipastikan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Bagi Anda yang ingin langsung mempraktekan cara mendempul kayu keropos yang benar maka Anda harus menggunakan dempul kayu water based.

Baca Juga:  Review 10 Merek Dempul Kayu Di Indonesia

Jenis Produk Dempul Kayu Yang Patut Digunakan dan Diacungi Jempol

Lalu apakah produk finishing yang langsung bisa Anda gunakan? Ada banyak sekali cara mendempul kayu di  Medan. Merk produk dempul water based sehingga Anda harus lebih selektif dalam memilihnya.  Cara mendempul kayu keropos di atas memang disarankan menggunakan produk dempul seperti Biovarnish Wood Filler dan BioColours Wood Putty. Keduanya diciptakan merupakan produk water based yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan pembuatannya sesuai standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan juga US EPA (Enviromental Protection Agency).  Kedua regulasi tersebut melarang penggunaan 82 jenis bahan kimia berbahaya sehingga tidak ada kandungan seperti formalin, timbal bahakan merkuri yang digunakan. Terlebih lagi kandungan VOC (Volatile Organic Compound) sangat rendah dan ada di bawah standar regulasi yang ditetapkan oleh US EPA. Sehingga bagi Anda yang sangat sensitif mengenai kesehatan sangat disarankan menggunakan jenis dempul ini dengan menghubungi costumer service kami di nomor 0878-3934-6433 atau 0822-2026-5056 atau bisa juga melalui BBM di D69F376B.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X