Tampilan Cat Enamel Orchid Bebas Brush Mark

Tampilan Cat Enamel Orchid Bebas Brush Mark

Furniture yang memiliki nilai estetika indah tidak hanya dilihat dari bentuk atau seninya saja tetapi juga penampilan dari segi warna dan juga rata tidaknya lapisan coatingnya. Tampilan dari furniture atau bahan olahan serat alam yang lain terkadang tidak sama atau rata. Banyak faktor yang mempengaruhi timbulnya penampilan yang tidak rapi ini bisa saja karena aplikatornya bukanlah seorang profesional atau alat yang digunakan tidak memadai.

Tampilan Cat Enamel Orchid Bebas Brush Mark

Seringnya tampilan yang kurang menarik ini adalah karena efek dari brush mark atau jejak sapuan kuas. Tentunya hal tersebut dapat menurunkan nilai estetika. Tetapi berbeda halnya jika Anda memang menciptakan konsep tidak rapi untuk meningkatkan nilai esteika. Tetapi hal tersebut jarang terjadi terutama pada industri furniture skala besar bahkan skala ekspor.

Penyebab Timbulnya Brush Mark

Timbulnya efek brush mark pada furniture bukan tanpa sebab. Banyak hal yang terabaikan sehingga Anda akan mendapati efek brush mark ini. Apa saja penyebab yang harus Anda ketahui agar dapat menghindari timbulnya brush mark? Berikut ini penyebab yang harus Anda ketahui:

  1. Terlalu tebal

Tampilan Cat Enamel Orchid Bebas BrushDalam mengecat Anda tidak boleh terlalu tebal dalam mengaplikasikannya. Cat yang terlalu tebal akan mudah menimbulkan brush mark. Bahkan hasil yang tidak rata seperti bergelombang pun akan didapati. Cat yang terlalu tebal akan menimbulkan aliran cat dalam satu bidang baik horisontal maupaun vertikal.

  1. Mengecat setengah kering

Jangan sekali-sekali mengecat pada posisi setengah kering. Cat yang setengah kering mudah sekali terkena sidik jari apalagi Anda kuaskan. Maka sapuan kuas akan terlihat bahkan tidak jarang cat akan menggumpal.

  1. Salah campuran

Dalam mengecat terdapat bahan pelarut yang berfungsi untuk menurunkan intesitas warna dan kepekatan cat agar mudah untuk diaplikasikan. Tetapi jika bahan pelarut yang digunakan terlalu sedikit atau terlalu banyak juga akan mempersulit proses pengecatan. Anda harus memberikan bahan pelarut tepat sesuai dengan petunjuk pemakaian pada kaleng.

  1. Pemilihan kuas
Baca Juga:  Ternyata Mudah Cara Finishing Kayu Dengan Orchid

Sebaiknya dalam mengecat jangan menggunakan kuas terlebih untuk pengecatan warna putih. Warna dari pengecatan sebelumnya bisa saja luntur apabila kuas tidak dicuci dengan bersih. Jangan gunakan juga kuas yang rontok atau kaku. Kuas yang rontok atau kuas yang kaku akan mempersulit proses aplikasi dan juga membuat bulu kuas tertinggal dan menempel pada permukaan furniture.

  1. Formula pada produk cat

Bagian yang terpenting adalah pada saat Anda memilih produk finishing. Tidak semua bahan coating memiliki kualitas yang mudah diaplikasikan dengan kuas dan tidak menimbulkan brush mark. Cat dengan harga murah biasanya tidak memiliki kualitas yang baik sehingga  jika Anda seorang pemula jangan ragu untuk membeli produk yang memiliki harga mahal tetapi tidak menimbulkan brush mark seperti produk cat kayu besi Orchid.

Penyebab timbulnya brush mark tersebut harus Anda cermati dan melakukan solusinya. Selalu gunakan kuas yang baru, produk yang berkualitas, dan jangan mengecat dalam kondisi cat setengah kering. Hal ini wajib Anda lakukan pada saat proses awal coating atau recoating.

Bagaiamana Dengan Finishing Furniture Baru Bebas Brush Mark

Apakah Anda ingin mendapati finishing hasil akhir yang bebas brush mark? Caranya sangat mudah Anda cukup mempersiapkan alat-alat berikut ini:

  • Cat kayu besi Orchid sudah dipilih warnanya
  • Air bersih
  • Gelas plastik dan pengaduk
  • Kuas ukuran 3 inci
  • Amplas alumunium oxide nomor 400
  • Kain katun yang bersih dan kering

Proses aplikasi:

  1. Siapkan substrate kayu yang kering dan bersih. Tingkat MC kayu sebaiknya 12% agar tidak mudah tumbuh jamur di masa mendatang. Kayu harus bebas kotoran dan debu amplas, gunakan kain bersih untuk menghilangkannya.
  2. Campurkan secara langung pada gelas plastik cat enamel Orchid dengan air bersih perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Kuaskan bahan cat ke seluruh permukaan substrat kayu searah saja tipis-tipis jangan terlalu tebal.
  3. Tunggu kering tanpa dijemur pada panas matahari, proses ini akan memakan waktu sekitar 60 menit
  4. Lakukan pengamplasan pada cat dengan kertas ampalas no. 400. Amplas hingga halus dan rata. Anda bisa mengulangi pengecatan hingga mendapatkan warna yang diinginkan. Pengulanagan aplikasi bisa dua hingga tiga kali.
Baca Juga:  Persiapan Mengecat dengan Cat Duco Terbaik agar Tahan Lama

Mengatasi Brush Mark Pada Furniture Yang Sudah Di Cat

Apabila efek brush mark sudah timbul dari aplikasi coating yang terdahulu maka Anda bisa memperbaikinya. Anda bisa dapat memperbaiki dengan melakukan tahapan recoating dengan mudah dan alat-alat yang tidak jauh berbeda dengan proses awal recoating. Yang terpenting adalah Anda harus mencari warna yang sama dengan lapisan coating terdahulu. Berikut ini proses mudahnya:

  1. Lakukan pengamplasan pada lapisan coating yang lama dengan kertas amplas no. 240. Anda bisa mengamplas dengan sedikit ditekan. Amplas hingga efek brush mark hilang.
  2. Bersihkan permukaan kayu dan juga debu amplas dengan kain lap yang bersih dan kering.
  3. Campurkan cat kayu besi Orchid dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air dan aduk hingga rata.
  4. Aplikasikan tipis-tipis saja kemudian tunggu kering. Aplikasikan dalam satu arah saja.
  5. Proses selanjutnya adalah sesuai dengan proses aplikasi furniture awal.

Cara recoating di atas tidaklah sulit, bahkan Anda pun dapat mengaplikasikannya sendiri tanpa bantuan tukang. Tampilan yang akan Anda dapatkan dari cat kayu besi Orchid adalah gloss sehingga Anda akan mendapatkan efek kemewahan dari cat water based warna solid ini.

Selain Brush Mark, Apa Saja Faktor Penentu Furniture Berkualitas?

Jika Anda hanya menentukan furniture yang baik dari penampilan saja, maka itu kurang tepat. Furniture yang berkualitas dipengaruhi oleh banyak faktor mulai dari penggunaan cat yang berkualitas baik dari segi penampilan Tampilan Cat Enamel Orchid Bebas Brushdan perlindungan, kekuatan furniture, fungsi furniture dan juga keindahan dari segi desain.  Jika Anda meliha dari faktor pemilihan cat, brush mark masuk dalam katagori cat yang memberikan penampilan terbaik.

Selain cat pemberi penampilan, cat juga akan memberikan perlindungan. Cat yang memberikan perlindungan pasti dapat melindungi dari gangguan luar sepeti rayap, jamur, cuaca, air dan juga goresan. Ciri cat yang berkualitas salah satunya adalah dapat diaplikasikan dalam ruangan maupun luar ruangan. Cat tersebut akan memberikan kekuatan perlindungan dua kali lipat dibandingkan jika Anda memilih produk yang hanya dapat digunakan untuk indoor saja.

Baca Juga:  Perbandingan Dempul Kayu Biovarnish dan Lem Kayu Putih

Cat kayu besi Orchid memiliki kelebihan proteksi yang lain yaitu anti karat. Karena aplikasinya tidak hanya pada kayu tetapi juga bisa untuk besi maka tidak akan menimbulkan karat. Bentuk proteksi inilah yang Anda butuhkan agar furniture bisa bertahan lebih lama.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X