Tampak Serat Kayu Gunakan 3 langkah Finishing Varnish Kayu Jati Berikut

varnish kayu jatiFinishing varnish kayu jati tetap menampilkan serat-serat kayu jati jika diaplikasikan dengan benar.

Kayu jati memiliki serat kayu yang uni dan rapi sehingga tak jarang banyak furniture bangunan tetap menampilkan seratnya. Tampilan alami kayu jati justu akan menampilkan furniture tampak lebih elegan dan tampak klasik. Selain itu, kayu jati juga memiliki ketahanan yang kuat dan warna coklat yang indah sehingga tidak salah kayu jati sering digunakan pada furniture bangunan.

Untuk memberikan tampilan kayu jati tanpa harus merusak serat-seratnya adalah dengan menggunakan varnish kayu jati. Selain itu finishing varnish kayu jati juga sangat berpengaruh terhadap hasil yang ditampilkan.

Gunakan Varnish Kayu Jati Yang Memiliki Daya Rekat Film Bagus

biovarnish
BioColours Biovarnish

Varnish yang sering ditemukan dipasaran adalah varnish solvent  based. Namun, varnis jenis ini tidak baik digunakan karena kandungan kimianya yang tinggi seperti timbal dan merkuri. Kedua bahan tersebut akan mengakibtakan kanker jika mengendap di dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama. Alangkah baiknya menggunakan varnish water based, karena varnish jenis ini justru lebih ramah lingkungan. kandungan VOC-nya yang sangat rendah memastikan varnish ini aman untuk kesehatan tubuh manusia dan tidak mencemari lingkungan. Salah satu varnish water based yang dapat Anda gunakan adalah BioColours Biovarnish. Varnish kayu jati ini memiliki daya rekat film yang bagus, daya serap yang cepat dan mudah kering. Sehingga sangat cocok sebagai pengganti varnish berbahan dasar shellac gum. Bahkan, Biovarnish menggunakan bahan khusus yang sesuai dengan standarisasi keamanan internasional US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH.

Baca Juga:  Dempul Kayu Mahoni Yang Tepat Untuk Furniture

Berikut langkah-langkah finsihing varnish kayu jati dengan BioColours Biovarnish:

Pertama, Gunakan Wood Stain Indoor (WSI)

Merupakan cat untuk warna dasar pada kayu jati. Karena seratnya yang rapi dan halus sehingga memudahkan aplikasi finishing pada media ini. WSI juga memiliki transparansi warna kayu yang bagus dan tajam namun tetap menampilkan serat-serat kayu jati.

Sebelum melangkah pengaplikasian WSI, alngkah baiknya media diampelas  agar kotoran, minyak yang menempel pada kayu jati hilang. Selain itu juga bertujuan untuk meratakan permukaan kayu. Kemudian aplikasikan WSI keseluruh permukaan kayu jati. Tunggu hingga kering kurang lebih 30 menit dengan kering angin.

Kedua, Aplikasikan BioColours Biovarnish

Setelah WSI kering, aplikasikan BioColours Biovarnish.

  • Pilih warna Biovarnish sesuai yang diinginkan
  • Aplikasikan Biovarnish dengan menggunakan kuas yang sudah dilapisi kain sebagai lapisan dasar. Jika perlu tambahkan air untuk melarutkan finishing pernis kayu tersebut dengan takaran 2bahan/1air. Tunggu sampai kering kurang lebih 60 menit.
  • Setelah mengering, gunakan amplas untuk menghaluskan media yang sudah dilapisi cat dasar.
  • Gunakan kuas yang dilapisi kuas untuk mengaplikasikan Biovarnish diatas cat lapisan dasar.
  • Tunggu sampai mengering. Jika perlu, ulangi langkah no.4 dan 5 untuk mendapatkan hasil warna mengkilap sempurna.

Ketiga, Gunakan Topcoat EP 3050

Setelah Biovarnish kering, Anda dapat aplikasikan topcoat agar warna yang dihasilkan lebih tajam dan mendapatkan warna yang maksimal

  • Aplikasikan topcoat dengan takaran 2 bahan topcoat:1 bahan air agar tidak terlalu kental ataupun encer.
  • Tunggu hingga kering dan dapatkan hasil warna yang ditampilkan. Biarkan mengering pada suhu kamar, kira-kira 20 menit untuk mendapatkan kering sentuh. Untuk mendapatkan kering packing, biarkan media kayu yang telah difinishing selama 24 jam. Sedangkan untuk mendapatkan kering full curing, diamkan selama 7×24 jam. Sebelum kering sentuh didapatkan, tidak disarankan melakukan pengeringan menggunakan oven ataupun dijemur langsung di bawah sinar matahari.
Baca Juga:  Aplikasi Finishing Food Grade Untuk Tableware Yang Mudah Dilakukan

Cat yang digunakan di atas seluruhnya adalah cat water based dari Bio Industries sehingga dipastikan aman dan ramah lingkungan. Karena Bio Industries merupakan perusahaan yang khusus mengembangkan cat water based ramah lingkungan. untuk mendapatkan produk Bio Industries seperti BioColours Biovarnish silahkan menghubungi Customer Service via telp ke no 082220265056 atau WA ke no. 087839346433. Anda juga dapat mengunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.9, Yogyakarta apabila Anda berada di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Semoga dengan ulasan singkat mengenai varnish kayu jati tersebut akan memudahkan Anda dalam pengaplikasian dan memilih cat ramah lingkungan yang tepat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X