Finishing Warna Kayu Transparan Dengan Sanding Sealer,Penting Kah?

Gunakan finishing warna kayu transparan dengan sanding sealer yang ramah lingkungan.

Furniture di Indonesia sering menggunakan finishing warna kayu transparan karena tampilannya klasik dan berkesan hangat. Finishing tersebut juga cocok jika diaplikasikan pada furniture interior maupun eksterior. Dengan finishing warna transparan akan menampilkan kealamian kayu maka pengaplikasian base coat sangat penting digunakan. Tujuan base coat sendiri adalah untuk menutup pori-pori permukaan kayu sehingga tampilannya lebih halus.

Namun tidak jarang, sebagian industri manufacturing mebel melewatkan proses finishing tersebut. Padahal, finishing tersebut bertujuan untuk melapisi dasar serta menutup pori-pori yang menjadikan permukaan kayu lebih halus. Alasan sebagian industri mebel melewatkan tahap finishing warna kayu transparan dengan base coat karena akan menekan biaya semakin banyak dan memperlambat proses produksi. Disarankan untuk melakukan proses finishing warna kayu transparan sesuai dengan prosedur produksi yang telah ditetapkan.

Baca Juga : cara plitur bambu yang halus dan rata

Sanding Sealer Sebagai Finishing Warna Kayu Transparan

14045181_1469180039763975_1474100580_o
BioColours Sanding Sealer

Furniture yang melalui proses finishing akan terlihat lebih apik dan elegan karena subtrat kayunya tampak lebih halus. Untuk menampakkan hasil tersebut, gunakan langkah finishing dengan sanding sealer, berikut adalah langkah-langkah finishing dengan sanding sealer:

  • Buatlah lapisan dasar dengan perbandingan 1:2 (aduk sampai rata).
  • Siapkan material kayu, bambu, rotan, dll yang dibutuhkan.
  • Pastikan material-material tersebut kering, dan bersih (kotoran, debu, minyak, dll)
  • Semprotkan keseluruh permukaan media dengan  spray gun nozle 1.0 s/d 1.5. Produk ini juga dapat diberikan dengan alat kuas, roller coater, dll.
  • Biarkan mengering sempurna selama ± 60 mnt.
  • Gunakan ampelas jenis scotbrite untuk menghaluskan permukaan lapisan ini.

Ingat! Standar aplikasi sanding sealer adalah dua kali. Setelah lapisan pertama diampelas, lapisi kembali permukaan kayu dengan bahan yang sama. Kemudian diampelas kembali setelah mengering.

Gunakan Sanding Sealer Yang Aman

Cat Basecoat/sanding sealer sudah banyak ditemui di pasaran. Namun, perlu diperhatikan penggunaan bahan-bahan yang terkandung dalam cat tersebut. Alangkah baiknya menggunakan sanding sealer ramah lingkungan. Cat ramah lingkungan biasanya menggunaan air sebagai pelarutnya.

Cat water based atau berpelarut air adalah cat dengan kandungan VOC yang sangat rendah serta tidak beracun. Salah satu basecoat ramah lingkungan yang sangat disarankan adalah Sanding Sealer BioColours.

Sanding Sealer tersebut merupakan salah satu produk cat water based Bio Industries. Bahkan sanding sealer menggunakan bahan yang sudah sesuai standarisasi keamanan internasional seperti US-Environmental Protection Agency (EPA) dan  standard regulasi dari European Chemicals Agency (ECHA)REACH. Sehingga dipastikan sangat aman bagi lingkungan dan kesehatan manusia.

Saat diaplikasikan, sanding sealer tersebut memiliki tingkat kekeringan yang cepat dan memiliki daya rekat yang kuat. Selain itu, juga memiliki daya tutup yang sangat baik dan daya sebar yang luas sehingga dapat menutup permukaan kayu dengan sempurna. High bonding strength-nya juga telah diuji dengan crosscut test (ASTM D3002;D3359) class: 5B dan crosscut test (DINEN ISO 2409) iso class: 0. Dengan cover area sekitar 8-10m2/kg (thick 120μmm), bahkan content solidnya sangat tinggi sampai 40+.

Maka disarankan, gunakan sanding sealer yang aman dan ramah lingkungan demi kelestarian lingkungan dan kesehatan orang sekitar. Untuk pemesanan dan info lebih lanjut silahkan hubungi Customer Service bio Industries via telp ke no 082220265056 atau WA ke no. 087839346433. Apabila Anda berada di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya, dapat mengunjungi kantor Bio Industries di jl. Sidikan No.94, Yogyakarta.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X