Kualitas hasil pengecatan tentu tergantung kualitas catnya

Realistis Mengenai Harga Cat dan Kualitasnya

Jangan membeli cat berdasarkan harganya saja. Selain persoalan harga cat, kualitas dan hal-hal yang sering disepelekan seperti solid content dan cover area juga wajib jadi perhatian agar tak rugi.

harga cat
Seimbanglah dalam membeli

Berapa harga cat di pasaran? Pertanyaan ini bukanlah pertanyaan baru. Hampir semua orang memerlukan cat. Baik untuk keperluan rumah tangga atau industri besar, cat dibutuhkan sebagai bahan untuk memberikan perlindungan maupun untuk meningkatkan keindahan. Kualitas produk yang kita miliki sangat tergantung pada produk cat yang dibeli,

Oleh karena itu, membeli cat berdasarkan harganya saja tidak tepat. Ada hal-hal yang harus dipertimbangkan selain masalah harga cat yang akan dibeli.

Hemat Tidaknya Cat yang Dibeli

Pertama, jangan terlalu fokus pada label harga. Tdak bijak melihat murah tidaknya suatu produk dari label tersebut. Sebagai contoh, bandingkan antara harga cat water based Bioindustries dan cat solvent based yang mungkin lebih murah. Sekilas, membeli cat solvent based lebih menguntungkan. Padahal, bila kita melihat dari solid content dan cover area-nya belum tentu demikian. Solid content atau adalah keterangan isi kering cat dalam sebuah kemasan. Semakin berat solid content, semakin hemat pula cat tersebut ketika digunakan. Sedangkan cover area adalah luas area yang bisa dicat menggunakan satu kemasan cat tersebut. Jadi, biarpun nominal harga suatu produk lebih murah, belum tentu senyatanya demikian.

Realistis dengan Kualitas Harga Cat Murahan

Kualitas hasil pengecatan tentu tergantung kualitas catnya
Kualitas hasil pengecatan tentu tergantung kualitas catnya

Kalaupun Anda masih bersikukuh membeli cat berharga murah, Anda harus realistis dengan kualitas tak maksimal yang harus dirasakan. Baik estetika, ketahanan, maupun keamanan produk murahan jelas lebih buruk dibanding produk berkualitas yang biasanya dihargai lebih mahal.

Estetika dan Ketahanan

Sering cat yang memiliki harga murah tak menampilkan kualitas estetika maksimal. Sebab, komponen pembuatnya dipilih yang tak terlalu baik atau digunakan dalam jumlah sangat kurang.

Ketahanannya juga tak bisa diandalkan. Apalagi pada cat murah untuk outdoor. Lingkungan outdoor yang keras memerlukan ketahanan yang baik. Artinya bahan dan jumlah komponen yang digunakan harus benar-benar memenuhi standar. Bila tidak, tentu aplikasi cat tak akan bertahan lama. Dan ini artinya mengulang kembali proses pengecatan. Maksud hati menghemat membeli cat dengan harga murah, malah berbalik menjadi pemborosan yang tak disangka-sangka.

Keamanan

Satu aspek yang tak kalah penting adalah persoalan keamanan. Sekilas ini bukanlah faktor esensial. Tapi jangan salah. Bila Anda pengusaha mainan anak, furniture ekspor, atau box bayi, maka Anda wajib menggunakan cat yang memiliki standar keamanan baik seperti seri cat water based non toxic Biocolours. Cat-cat Biocolours sudah diformulasikan sesuai standar keamanan internasional (EPA Amerika Serikat dan ECHA Uni Eropa) sehingga memang benar-benar aman digunakan.

Memilih dengan Bijak

Sebenarnya bisa bila ingin berhemat, Anda justru tak boleh terlalu fokus pada masalah harga. Faktor lain seperti kualitas wajib diperhitungkan. Membeli berdasarkan harga cat malah akan merugikan. Sebab, resiko gagal dan rendahnya kualitas dan keamanan produk yang dicat semakin besar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X