Pintu dan Jendela Mulai Kusam Menjelang Lebaran? Perbaiki Sekarang Juga!

Pintu dan Jendela Mulai Kusam Menjelang Lebaran? Perbaiki Sekarang Juga!

Menjelang hari raya lebaran, rumah akan dihiasi dengan berbagai macam pernak pernik baru. Bahkan penampilan yang lama dan kusam harus Anda perbaiki sekarang juga. Anda tentu tidak ingin mendapatkan tampilan rumah yang masih kusam dan akan ada banyak tamu yang melihatnya.

Namun bagaimana jika rumah Anda sudah berumur lebih dari 20 tahun dan telah banyak bagian yang rusak terutama kusen dan juga pintu? Dengan kesibukan sehari-hari Anda pasti akan sangat sulit untuk membagi waktu melakukan pekerjaan rumah apalagi Anda harus meluangkan waktu sepulang kerja untuk memperbaikinya.

Pada akhirnya Anda akan menyerakhkan pekerjaan memperbaiki pintu dan kusen jendela dengan tukang. Padahal ada banyak sekali kekurangan yang akan Anda dapatkan dan merasa tidak puas dengan hasilnya. Anda akan mengalami beberapa hal berikut pada hasil pekerjaan tukang.

  • Mengeluarkan biaya yang mahal
  • Hasil kurang rapi karena tukang tidak profesional
  • Salah pembelian bahan sehingga warna tidak sesuai keinginan Anda
  • Banyak ruangan yang kotor karena pekerjaan tidak rapi
  • Pengerjaan yang terkadan terlalu lama

Anda akan mengalaminya, beberapa tukang terkadang seringkali memperlama pekerjaannya agar mendapatkan lebih banyak uang dari Anda. Alhasil sepulang kerja dan ketika Anda merasa lelah Anda akan mendapatkan tukang yang belum selesai bekerja.

Belum lagi Anda harus membersihkan pekerjaan mereka yang berantakan. Anda tentu akan mendapatkan kelelehan yang lebih lagi dan Anda harus bekerja membersihkan rumah. Kerugian yang tidak akan Anda dapatkan ketika Anda melakukan perbaikan sendiri.

Namun mengapa Anda tidak meluangkan waktu di hari libur Anda saat menjelang hari raya lebaran ini untuk berbenah ruangan dan juga rumah. Anda akan menjadikan hari libur Anda menjadi lebih berharga. Anda bisa memanfaatkannya sebagai kegiatan keluarga, jadi Anda tidak perlu untuk menyewa tukang.

Jadi Anda tidak akan memerlukan waktu yang lama untuk mengerjakan pekerjaan mengecat ulang kusen dan jendela untuk lebaran. Bahkan Anda akan mendapatkan hasil yang sempurna sesuai keinginan bahkan lebih bersih.

Langkah-Langkah Untuk Mengecat Ulang Pintu dan Jendela

Ada beberapa langkah untuk mendapatkan permukaan kayu dari pintu dan jendela yang terbaik. Nah sebelum memulai untuk mengecat Anda bisa mempersiapkan beberapa barang dan pengetahuan agar pekerjaan mengecat berjalan dengan lancar.

  1. Persiapan ruangan

Dalam langkah persiapan Anda harus menyiapkan ruangan. Anda tentu akan menimbulkan ruangan yang kotor dan tidak ingin benda lain terkena cat yang akan Anda gunakan. Singkarkan atau pindahkan barang yang dekat dengan kusen dan jendela seperti furnitur atau dekorasi interior.

Gunakan kertas koran untuk mengalasi lantai pintu dan juga kusen. Anda tentu tidak ingin membersihkan lantai yang terkena cat apalagi Anda menggunakan karpet. Jika perlu pindahkan karpet Anda untuk sementara.

  1. Persiapan media
Pintu dan Jendela Mulai Kusam Menjelang Lebaran? Perbaiki Sekarang Juga!
kusen jendela yang sudah mulai rusak.

Hal yang perlu untuk dilakukan dalam mempersiapkan media pintu dan juga kusen jendela adalah dengan menutup bagian yang tidak ingin Anda cat. Tutupi dengan lakban kertas seperti handel pintu dan juga tralis jendela. Bahkan kaca jendela Anda tutupi dengan koran yang dilakban kertas.

Media kayu yang sudah pernah dicat akan sulit dilapisi apabila Anda tidak menghilangkan lapisan cat yang lama. Gunakan pain remover pada seluruh bagian pintu dan kusen. Anda bisa mengikuti petunjuk yang tertera dalam kemasan paint remover.

Pastikan media kayu telah bersih dari lapisan cat yang lama dan amplas permukaan kayu dengan amplas no. 180 atau 240. Pastikan permukaan kayu bersih dari debu amplas dan siap untuk difinishing.

  1. Persiapan alat dan bahan

Anda akan mengaplikasikan cat dengan alat apa? Sebagai pemula tidak perlu alat yang sulit seperti spray gun, Anda bisa mengaplikasikannya dengan kuas saja. Anda bisa memilih atau membeli kuas yang berukuran 3 dan juga 5 inci.

Aplikasi yang halus bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan jenis cat yang tepat seperti cat kayu besi Orchid yang akan memberikan hasil maksimal. Bahkan jika Anda bekerja dengan anak-anak Anda tidak perlu takut untuk bahaya bau thinner.

Cat kayu besi Orchid adalah cat water based yang rendah VOC sehingga Anda tidak akan membahayakan keselamatan dan jiwa anak Anda. Jangan lupa untuk mempersiapkan bahan pelarut air yang tidak asam.

Untuk proses aplikasi cat agar serat kayu menutup Anda bisa menggunakan BioColours Primer Coat warna putih yang akan berfungsi sebagai base coat dan juga menutup serat kayu dengan maksimal. Selain kuas Anda perlu mempersiapkan amplas nomor 400 dan juga kain lap.

Anda sudah siap untuk mengecat, jika perlu gunakan celemek untuk Anda dan anak Anda agar cat tidak mengotori pakaian Anda.

Proses Mengecat Pintu dan Kusen Jendela

Anda sudah melakukan persiapan yang tepat. Sehingga kini saatnya Anda melakukan proses pengecatan dengan cat kayu besi Orchid. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

  1. Siapkan campuran cat kayu BioColours Primer Coat dengan air sesuai petunjuk. Anda bisa mengaplikasikan dengan kuas searah serat kayu atau satu arah. Gunakan kuas secara horisontal pada bidang yang luas seperti daun pintu. Lalu pada bagian sudut gunakan kuas secara vertikal. Maka Anda akan mendapatkan primer coat yang rata dan halus.
  2. Kunci keberhasilan aplikasi primer coat water based adalah tipis-tipis saja karena untuk menutup serat kayu Anda bisa mengaplikasikan dua hingga tiga kali aplikasi. Diamkan cat hingga benar-benar mengering sekitar satu jam kemudian amplas secara ambang dengan satu arah saja. Jika sudah bersihkan debu amplas dengan kain.
  3. Pintu dan Jendela Mulai Kusam Menjelang Lebaran? Perbaiki Sekarang Juga!
    Aplikasi cat Orchid dengan kuas pada permukaan pintu.

    Campurkan cat kayu besi Orchid dengan air sesuai petunjuk pemaikaian kemudian aplikasikan dengan kuas seperti Anda mengaplikasikan primer coat. Anda bisa menunggu cat hingga benar-benar mengering setelah itu aplikasikan kembali hingga warna yang Anda inginkan didapatkan.

  4. Langkah terakhir adalah menunggu hingga benar-benar kering selama satu malam. Anda bisa melepas lakban kertas dan juga koran namun jangan kembalikan furnitur atau karpet sebelum cat benar-benar mengering. Anda akan mengaplikasikan ulang jika terjadi bagian yang masih terlihat cacat dan tidak ingin furnitur Anda terkena tetesan cat.

Ketika permukaan cat sudah benar-benar kering maka Anda akan mendapatkan jendela dan pintu kayu yang terlihat baru kembali. Bahkan Anda akan mendapatkan hasil yang sangat maksimal.

Anda bisa melakukan perawatan lanjutan dengan menggunakan Biopolish Linseed Oil yang akan Anda aplikasikan dengan kain lap. Aplikasikan kembali Biopolish selama tiga minggu sekali bahkan Anda bisa mengaplikasikan satu minggu sekali jika dirasa keadaan cuaca terlalu lembab atau terlalu panas.

Biopolish Linseed Oil akan membuat permukaan kayu memiliki tampilan yang selalu baru dan lebih tahan terhadap gangguan cuaca. Anda tidak perlu khawatir tentang bahan kimia yang berbahaya karena  Biopolish Linseed Oil adalah produk yang aman dan juga ramah lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X