seekor-burung-hinggap-di-atas-sangkar-besi

Mewarnai Sangkar Burung di Rumah dengan Cat Orchid

Sangkar burung di rumah sudah mulai berkarat atau berjamur? Sudah saatnya untuk mengganti lapisan coating luarnya. Baik itu sangkar burung besi atau kayu tetap membutuhkan lapisan coating yang baru. Cat lama akan mudah mengelupas selama penggunaan. 

Bagaimana tidak mengelupas, sangkar burung tiap hari dijemur dan dibersihkan. Air dan juga panas akan bereaksi pada lapisan coating. Biasanya lapisan coating dapat bertahan untuk beberapa tahun. Setelahnya Anda harus memberikan lapisan cat yang baru. 

Cat apakah yang akan Anda gunakan sekarang untuk mengecat sangkar burung? Sebaiknya Anda memilih cat kayu besi Orchid yang akan memberikan efek warna terang bahkan metalik. Banyak pilihan warna menarik yang bisa diaplikasikan pada sangkar besi atau kayu. 

Tak hanya itu saja, keuntungan utama yang diberikan adalah soal kesehatan dan keamanan lingkungannya. Cat memberikan manfaat lain seperti nyaman ditinggali burung, tidak berbau, tidak tinggi toxic. Burung akan aman dan tidak mudah stress.

Keunggulan Menggunakan Cat Orchid untuk Sangkar Burung

Mengapa Anda harus menggunakan cat Orchid? Keuntungannya di bidang keamanan dan kesehatan burung harus diapresiasi. Bagaimana tidak, cat ini terbuat dari bahan dasar air yang notabene kini masih jarang ditemukan di Indonesia. 

Kebanyakan para pengrajin akan menggunakan cat water based dari luar negeri yang mahal harganya. Jika tidak mereka tetap membeli cat enamel dari solvent yang berbahaya bagi kesehatan hewan. Melalui cat Orchid Anda tidak perlu lagi khawatir dengan kesehatan burung. 

Faktor apa saja yang membuat cat kayu besi Orchid menjadi cat yang aman digunakan untuk sangkar burung? Berikut ini keunggulan dari menggunakan cat Orchid. 

Cat Enamel Ramah Lingkungan

Cat water based adalah jenis cat yang aman dan juga ramah lingkungan. Jika sangkar biasanya menggunakan cat berpelarut solvent kini digandingkan dengan air. Justru menggunakan air akan membuat cat aman diaplikasikan baik untuk manusia hingga burung. 

Pencemaran lingkungan yang biasanya disebabkan cat solvent tidak akan muncul. Disebabkan kandungan toxic di dalamnya rendah. Sehingga tidak ada bau, tidak ada polusi udara hingga burung tidak stress dan timbul berbagai macam penyakit. 

Cat Enamel Tidak Menimbulkan Bau

Udara adalah bagian yang paling mudah untuk tercemar dari cat. Burung akan menghirup udara di dalam sangkar, apabila Anda menggunakan cat berbau akan menjadi sumber stress pada burung. Cat kayu besi Orchid adalah satu-satunya cat di Indonesia yang tidak menimbulkan bau. 

Hal ini disebabkan kandungan logam beratnya yang dibatasi. Anda bisa membuktikannya sendiri, ketika membuka kaleng cat tidak ada bau menyengat yang muncul. Biasanya bau akan menimbulkan efek pusing, mata perih dan juga batuk. 

Cat Enamel yang Tidak Beracun

Low voc adalah andalan yang bisa dimanfaatkan dari cat kayu besi Orchid. Cat tidak menimbulkan efek berbahaya pada kesehatan burung yang menimbulkan penyakit. Acuan dari penggunaan logam berat berasal dari regulasi European Chemical Agency dan US Environmental Protection Agency. 

Regulasi tersebut menyebutkan bahwa cat enemal harus membatasi kandungan toxic yaitu volatile organic compound (voc) sebanyak 350 gram per liternya. Sedangkan kandungan dalam cat kayu besi Orchid hanyalah 100 gram per liternya. 

Jumlah kandungan tersebut lebih rendah, jadi sangat aman menggunakan cat kayu besi Orchid sebagai bahan finishing pada sangkar burung di rumah. Tidak hanya pencemaran udara, jika burung mematuk sangkar besi atau kayu dan tidak sengaja memakan cat maka tidak akan menimbulkan penyakit berbahaya. 

Cat Enamel yang Tidak Membuat Burung Menjadi Stress

Ada dua faktor yang membuat burung bisa menjadi stress di dalam sangkar. Pertama adalah bau yang menyengat dari cat, kedua adalah karena mereka memakan cat. Apabila Anda menggunakan cat Orchid maka kedua faktor tersebut tidak akan mengganggu burung. 

Cat Orchid tidak menimbulkan bau yang mengganggu pernapasan burung. Selain itu cat juga aman apabila burung tidak sengaja memakannya ketika mematuk-matuk. Resiko stress akan lebih rendah dibandingkan dengan cat solvent. 

Pilihan Warna Menarik dari Cat Kayu Besi Orchid

produk-cat-kayu-besi-Orchid

Warna adalah bagian menarik ketika Anda sedang memilih cat. Cat kayu besi Orchid memiliki 24 pilihan warna solid dan juga metalik. Warna yang dihasilkan memiliki daya rekat kuat dan tahan lama. Cat didesain untuk menutup warna kayu atau material secara sempurna. 

Jika sangkar burung terbuat dari kayu maka serat dan warna asli kayu akan tertutup. Bagi besi, cat tidak akan mudah untuk berkarat. Apa saja pilihan dari warna cat kayu besi Orchid? Berikut ini 24 pilihan warna menariknya. 

  1. Green
  2. Deep Blue
  3. Diamond Blue
  4. Light Pink
  5. Pelita Green
  6. Emerald Green
  7. Ocean Blue
  8. Grey
  9. White 
  10. Black
  11. Light Brown
  12. Traffic Red
  13. Tile Red
  14. Spring Cream
  15. Milk Cream
  16. Honey Wood
  17. Golden Yellow
  18. Orange
  19. Evergreen
  20. Lemon Yellow
  21. Light Yellow
  22. Pearl
  23. Cooper
  24. Gold

5 Langkah Mudah Finishing dengan Cat Enamel Orchid

Selain keamanan dan juga ramah lingkungan cat memberikan banyak kemudahan untuk aplikasinya. Cat tidak harus diaplikasikan secara semprot atau celup. Anda bisa mengaplikasikan dengan kuas. 

Jika sangkar burung memiliki lapisan coating sebelumnya hilangkan terlebih dahulu. Cat Orchid tidak akan menempel apabila sangkar masih memiliki lapisan cat lama. Apalagi jika lapisan coating tersebut adalah solvent. 

Ada tiga langkah aplikasi yang bisa Anda lakukan sebagai berikut ini:

  1. Amplas permukaan kayu dengan kertas amplas. Bersihkan debu amplas. 
  2. Campurkan cat Orchid dengan air dalam wadah terpisah. Kuaskan satu arah ke seluruh permukaan sangkar. Pastikan semua cat merata.
  3. Tunggu lapisan coating menjadi kering tanpa harus dijemur. Diamkan 60 menit baru di amplas ambang dengan kertas amplas grit 400.
  4. Bersihkan debu amplas kemudian perhatikan apakah warna yang dihasilkan sudah menutup. Ulangi aplikasi hingga menjadi 3-4 lapisan coating. 
  5. Lapisan terakhir dapat ditunggu kering selama semalaman. 

Trik Bekerja dengan Cat Enamel yang Efektif

Saat bekerja dengan cat enamel ada beberapa perlakuan yang berbeda. Dibandingkan jika Anda menggunakan cat solid atau pernis. Selain untuk sangkar cat besi Orchid dapat diaplikasikan untuk furniture atau konstruksi bangunan. Anda juga bisa menggunakan spray gun untuk proses aplikasinya. 

Beberapa trik bekerja dengan cat kayu Orchid agar efektif adalah sebagai berikut ini:

  1. Membuat larutan yang tepat. Tidak banyak air yang digunakan, biasanya dilarutkan untuk mempermudah aplikasi saja. 
  2. Cobalah untuk menerapkan warna cat untuk menyesuaikan hasilnya. Apakah cat sudah memberikan warna sesuai yang diinginkan. 
  3. Pastikan Anda menggunakan kuas nilon karena tidak akan meresap air terlalu banyak. 
  4. Arah menguas juga harus sama agar hasil finishingnya tidak terlalu kasar. 
  5. Pastikan setiap lapisan coating harus di amplas. Pengamplasan berfungsi untuk mempermudah coating di atasnya untuk menempel. 
  6. Jika hendak mengecat material yang berukuran lebih besar pastikan Anda sudah mengukur berapa jumlah cat yang dibutuhkan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X