Perkembangan Teknologi Cat Kayu Water Based

Mengikuti perkembangan bahan kimia cat saat ini cat kayu water based adalah jenis cat yang mendominasi karena aman, ramah lingkungan dan aplikasinya mudah.

Jika Anda melihat betapa tingginya tingkat finishing mebel maka produk cat kayu sangat berpengaruh dan berperan penting. Melihat dari tingginya kebutuhan bahan kimia cat, manusia selalu berinovasi untuk menciptakan produk cat yang terbaik. Jika dari awal menggunakan cat solvent yang menggunakan bahan pencampur thinner atau spiritus saat ini sudah beralih kepada bahan pencampur air. Maka banyak produsen yang bergerak di bahan kimia khususnya cat bersaing dalam menciptakan produk cat kayu water based.

Cat water based adalah cat kayu yang memiliki basis air dan juga bahan pencampurnya adalah air. Dalam menciptakan cat water based membutuhkan teknologi terbaru dan juga tidaklah murah. Dalam hal ini teknologi terbaru sangat membantu dalam kelestarian alam dan juga kesehatan manusia. Terlebih lagi dalam usaha mebel yang akan memasuki pasar ekspor. Jika memasuki pasar ekspor sendiri akan lebih mengutamakan kesehatan finishing mebel.

Perbandingan Segala Aspek Cat Kayu Water Based Dengan Cat Kayu Solvent Based

Cat solvent yang digunakan oleh banyak pengrajin kayu. Padahal produk dari cat solvent sangatlah berbahaya bagi kesehatan manusia seperti kanker, sesak napas, bahkan keguguran bagi ibu hamil. Cat kayu solvent adalah cat kayu yang pertama kali dan awal dari cat yang digunakna oleh manusia. Jenis cat kayu sovent terbuat dari shellac gum yaitu resin serangga di negara seperti China dan juga Thailand.  Keperluan cat water based menggeser cat solvent karena lebih aman digunakan dan juga memiliki kelebihan lebih banyak. Maka perhatikan kelebihan cat kayu water based berikut ini dibandingkan dengan cat solvent dari berbagai aspek:

Baca Juga:  Supplier Cat Kayu Kuas BioVarnish Bukan Cat Solvent

perbedaan cat solvent dengan cat water based

  1. Aspek Lingkungan dan Alam. Jika Anda mencari produk yang yang aman dan lestari tidak lain adalah cat water based. Jika Anda menggunakan cat kayu solvent, maka akan banyak gas yang dihasilkan yaitu gas VOC (Volatile Organic Compound) dalam jumlah yang berlebihan. Efeknya bagi lingkungan sendiri, akan menimbulkan efek rumah kaca karena gas O3 (Ozon) yang terlalau banyak dilepaskan. Akan tetapi jika Anda menggunakan cat kayu water based maka dari segi keramahan lingkungan yang mempengaruhi lapisan ozon tidak akan mempengaruhi. Sedangkan jika untuk ruang lingkup kesehatan maka tidak akan menimbulkan penyakit seeprti kanker.
  2. Dari segi kualitas, cat kayu water based adalah salah satu jenis cat yang paling cepat perkembangannya. Karena dari segi kualitas sudah terbukti terbaik dan juga banyak manfaatnya. Tidak mungkin barang tidak berkualitas bahkan bisa banyak dikenal terlebih lagi pasar Eropa dan Amerika dalam waktu yang singkat. Sedangkan cat solvent sendiri baru dikenal oleh banyak orang dalam kurun waktu yang lebih lama bahkan hingga berpuluh-puluh tahun lamanya.
  3. Jika Anda melihat dari segi harga perkilo cat water based Anda akan berfikir ulang membelinya karena harganya yang lebih tinggi dibandingkan dengan cat solvent. Padahal jika Anda berpikir lebih jauh atau secara keseluruhan, maka cat water based lebih murah. Mengapa? Karena Anda tidak perlu membeli thinner yang tentu harganya jauh lebih mahal dibandingkan air. Maka secara keseluruhan budget Anda akan membengkak jika Anda menggunakan cat solvent bukan?

Apa keputusan Anda yang terbaik? Apakah Anda akan bertahan dengan cat solvent based atau beralih dengan cat kayu water based? Sebaiknya tentukan sekarang juga cat manakah yang akan memberikan dampak terbaik kedepannya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Butuh Harga Cat Pernis Terbaru? Temukan Di Sini

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X