Mengecat Ulang Kursi Ruang Tamu Untuk Hari Raya Lebaran

Mengecat Ulang Kursi Ruang Tamu Untuk Hari Raya Lebaran

Mengecat ulang kursi di rumah Ada sebelum lebaran ini adalah hal yang sangat wajib. Tentu setelah digunakan sekian tahun kursi akan menunjukan tanda kerusakan di beberapa tempat. Misalnya saja kursi ruangan tamu, selema beberapa tahun ini Anda pasti telah menggunakan untuk banyak orang.

Bagian dudukan kursi atau beberapa bagian pasti sudah mulai mengelupas. Anda banyak alasan mengapa lapisan cat cepat rusak yaitu karena gesekan dari pakaian dan juga keringat akan cepat merusak.

Walaupu kursi tidak langsung terkena panas matahari namun kelembaban dan perubahan suhu udara di dalam ruangan akan menekan cat dan merusak permukaan kursi kayu.

Mengecat Ulang Kursi Ruang Tamu Untuk Hari Raya Lebaran
Tampilan kursi ruang tamu yang perlu difinishing ulang.

Ada baiknya di waktu liburan, Anda menggunakannya untuk mengecat ulang kursi ruang tamu yang akan digunakan pada saat lebaran nanti.

Tidak perlu banyak cara karena Anda hanya akan mengecat, namun ada langkah, produk dan banyak kesalahan yang tidak senagaja di lakukan. Oleh karena itu dalam artikel ini akan dipaparkan apa saja kesalahan yang sering dilakukan oleh para pengecat pemula.

Anda juga akan mendapatkan produk yang terbaik untuk digunakan bahkan cara aplikasi yang tepat untuk mendapatkan kursi ruang tamu terlihat baru kembali.

Kesalahan yang Dilakukan Ketika Pengecatan Ulang Kursi

Kesalahan yang sering terjadi pada saat pengecatan memang harus dihindari, Anda tentu tidak ingin mendapatkan hasil yang buruk padahal Anda sudah mengikuti prosedur yang benar. Berikut ini ada  4 kesalahan yang sering dilakukan oleh pengecat pemula.

  1. Menggunakan peralatan yang salah

Jika Anda menggunakan peralatan yang salam maka Anda akan mendapatkan hasil yang buruk di akhir. Jangan gunakan kuas dengan harga yang murah namun simpan dan Anda akan menggunakannya di lain waktu. Cara yang tepat adalah dengan menggunakan alat yang tepat, gunakan kuas atau roller yang banyak digunakan oleh profesional. Mungkin harganya akan cukup mahal namun sebanding dengan hasil yang diberikan.

Baca Juga:  Cat Kayu Besi Non Toxic Untuk Rumah Gadang

Alat yang murah memang baik digunakan namun hanya untuk benda kecil seperti kerajinan atau home dekor, namun ini adalah kursi ruang tamu Anda. Anda akan menggunakannya untuk tamu setiap hari khususnya di hari lebaran nanti. Jadi sangat baik jika Anda mengeluarkan sedikit banyak uang untuk menata ulang penampilannya.

  1. Persiapan yang tergesa-gesa

Anda mungkin terlalu bersemangat dengan hasil yang maksimal sehingga Anda melupakan salah satu aspek yang penting yaitu persiapan. Jika Anda adalah seorang profesional maka Anda pasti sudah hafal apa saja alat dan juga bahan yang akan digunakan maka persiapan adalah hal yang sangat mudah.

Namun di sini Anda adalah pemula yang belum paham dengan alat dan bahan apa saja yang akan digunakan. Maka persiapan sangat penting dan akan membuat hasil finishing menjadi lebih baik.

Mulailah dengan mengamplas selalu dan tidak ada penegcualian. Pengamplasan sangat penting untuk permukaan kayu karena jika Anda langsung menggunakan primer atau sealer maka Anda tidak akan pernah mendapatkan kursi ruang tamu yang halus dan rapi.

Lakukan pengamplasan dengan cukup dan pastikan permukaan kursi kayu sudah berubah menjadi lebih halus, menjadi lebih mudah untuk dicat nantinya.

  1. Mengecat dengan kotor

Debu dan kotoran adalah salah satu mush terbesar dari cat. Namun Anda akan menghasilkan banyak debu ketika membersihkan dan juga mengamplas. Maka Anda perlu menggunakan waktu lebh untuk mengelap kursi dari debu dengan kain yang telah dibasahi.

Kain lap yang basah akan menyerap dan menghilangkan debu selembut apapun. Anda tidak akan terganggu dengan debu jika Anda menggunakannya.

  1. Mengecat pada lantai yang gelap

Ketika Anda mengecat kursi atau benda apapun maka Anda harus melihat bagian mana saja yang akan dicat. Kapanpun Anda sempat maka Anda akan menilai apkaah pekerjaan Anda sudah sempurna atau belum.

Baca Juga:  Produsen Cat Kayu Yang Bagus Biovarnish Di Indonesia

Banyak proyek pengecatan yang selesai pada malam hari atau bahkan dikerjakan malam hari karena mengurangi debu yang berterbangan di udara. Nah karena pekerjaan dilakukan malam hari maka Anda harus menghindari pekerjaan di atas lantai yang gelap.

Anda tidak akan jelas melihat bagian mana saja yang belum dicat, jika perlu tambahkan lampu untuk melihat setiap bagian kursi dengan detil.

Cara Tepat Mengecat Ulang Kursi

Anda akan menegcat kursi maka ada baiknya Anda memilih jenis cat yang digunakan terlebih dahulu, Sebagai informasi kini jenis cat water based adalah salah satu jenis cat yang sangat berkualitas dan banyak digunakan.

Jika Anda ingin menggunakan cat ini maka Anda hanya membutuhan bahan pelarut air saja. Salah satu produk yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan warna solid adalah cat kayu besi Orchid.

Mengecat Ulang Kursi Ruang Tamu Untuk Hari Raya Lebaran
Pengamplasan permukaan kursi untuk menghilangkan lapisan cat lama.

Jika Anda menggunakan kursi ruang tamu dengan kombinasi besi maka cat Orchid adalah pilihan yang tepat. Namun jika kursi ruang tamu Anda terbuat dari kayu maka Anda tetap akan mendapatkan permukaan kayu memiliki warna solid dengan baik.

Cat kayu besi Orchid baik digunakan untuk pemula karena dapat digunakan dengan kuas saja. Tanpa meninggalkan bekas sapuan kuas cat kayu besi Orchid justru akan memberikan kesan glossy yang tinggi.

Ingin segera mengecat kursi lama Anda maka ikuti langkah aplikasinya berikut ini:

  • Amplas semua permukaan kursi dan pastikan menjadi halus dan terlepas dari lapisan cat sebelumnya. Gunakan kertas amplas kasar dengan grit 150. Hilangkan debu amplas dengan kain lap yang basah.
  • Permukaan kursi sudah siap maka saatnya Anda menggunakan BioColours primer Coat terlebih dahulu untuk menghilangkan atau menutup serat dan juga warna kayu. Campurkan primer dengan air sesuai petunjuk dalam kemasan. Setelah itu aplikasikan satu arah pada semua permukaan kursi kayu.
  • Jika pengecatan primer selesai Anda bisa menunggu kering selama 60 menit setelah itu ulangi pengamplasan dengan amplas grit 400 secara ambang saja. Jika warna kayu dan juga serat kayu masih terlihat Anda bisa mengulangi pengecatan dan bisa langsung menunggu kering dan mengamplas lagi.
  • Proses aplikasi primer bisa Anda ulangi hingga dua atau tiga kali dan pastikan permukaan kering dan warna atau serat kayu tidak terlihat kembali.
  • Anda bisa melanjutkan dengan aplikasi cat kayu besi Orchid yang telah dicampur dengan air. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu dengan merata searah saja. Gunakan arah yang sama seperti ketika Anda mengaplikasikan primer coat.
  • Tunggu cat Orchid mengering dan Anda akan mendapatkan kursi kayu yang berbeda dengan tampilan sebelumnya. Bahkan tingkat glossy yang diberikan akan memudahkan Anda membersihkan kursi nantinya.
Baca Juga:  Pabrik Varnish Ramah Lingkungan Berkualitas di Indonesia

Pemilihan warna dari cat kayu besi Orchid bisa Anda sesuaikan karena terdapat 24 jenis warna solid yang bisa Anda pilih sesuai selera. Satu lagi yang akan Anda dapatkan dari cat kayu besi Orchid adalah kemudahannya dalam pengeringan.

Anda tidak perlu menunggu lama untuk cat mengering dan bisa langsung menggunakannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X