Mengecat Dengan Cat Lantai Kayu Warna Solid

Mengecat Dengan Cat Lantai Kayu Warna Solid

Bosan dengan warna natural? Anda bisa mengecat lantai kayu dengan warna solid. Kesan yang berbeda akan Anda rasakan dengan lantai kayu yang memiliki warna solid. Tidak akan mengurangi fungsi dari kayu yang mengahangatkan, justru Anda akan mendapatkan suasana baru yang tidak dimiliki oleh rumah lainnya.

Bahkan kesan unik bisa Anda dapatkan dengan memberikan warna lantai berbeda di setiap ruangan, Anda bisa memberikan cat lantai kayu warna putih pada ruang tamu dan Anda juga bisa menggunakan cat warna hitam pada kamar Anda atau pada bagian tangga.

Mengecat Dengan Cat Lantai Kayu Warna Solid
Lantai kayu berwarna hitam pada ruang tamu.

Warna bisa mengesankan ruang, namun tetap Anda harus diingat bahwa pemilihan jenis cat sangat penting karena akan mempengaruhi hasil serta akan mempengaruhi ketahanan dari kayu.

Cat khusus untuk lantai yang tersedia dan yang terbaik adalah menggunakan cat water based Bioduco karena juga berfungsi untuk menahan dalam jumlah besar goresan yang muncul karena penggunaan yang sering.

Ketahanan dari cat untuk lantai tidak hanya dilihat dari lalu lintas penggunaan dengan jalan di atasnya tetapi juga pengelupasan atau goresan yang dibentuk dari benda tajam seperti kaki furnitur. Cat lantai juga dirancang agar tahan terhadap tumpahan dan noda.

Beberapa cat dengan warna solid membutuhkan primer coat dimana Anda bisa menggunakan Bioduco Primer Coat. Untuk aplikasinya Anda membutuhkan permukaan kayu yang halus jadi pengamplasan sangat penting di sini.

Apabila Anda mengalami kendala dalam hal kayu yang memiliki banyak cacat seperti retakan besar atau lubang bahkan goresan dari pemotongan kayu yang tidak rata Anda bisa menggunakan dempul kayu untuk menyempurnakannya.

Proses pengecatan bisa Anda lakukan dengan kuas, roller bahkan dengan spray system. Namun spray system tidak terlalu disarankan karena permukaan datar dan akan membuat cat menjadi tidak rata.

Jika Anda akan menggunakan kuas maka pilihlah kuas yang terbuat dari nylon karena kuas dengan bulu nylon sangat cocok digunakan untuk cat water based. Kuas tidak akan menyerap air dari cat namun justru akan meratakannya pada permukaan kayu.

Jika Anda akan menggunakan rol pastikan Anda menggunakan yang berukuran lebar agar pekerjaan cepat selesai. Dalam artikel ini Anda akan dipandu untuk proses aplikasi menggunakan rol yang lebih mudah dan juga cepat.

Persiapan Mengecat Lantai Kayu Warna Solid

Persiapan yang perlu Anda lakukan di sini adalah memastikan bahwa lantai kayu sudah benar-benar siap untuk difinishing. Pertama-tama, pindahkan semua perabotan dari ruangan sehingga Anda memiliki lantai yang jelas terlihat dan Anda tidak hanya akan mengecat sebagian demi sebagian saja.

Anda bisa memindahkan perabotan Anda ke luar ruangan sehingga perabotan tidak akan rusak terkena cat dan Anda akan mengecat dengan leluasa.

Apabila terdapat hiasan dinding Anda juga harus melepasnya atau Anda bisa menutupnya dengan plastik. Ketika Anda mengamplas debu akan berterbangan kemana-mana dan bisa saja jatuh pada permukaan cat yang belum kering mengakibatkan permukaan cat yang tidak rata.

Produk Cat Terbaik untuk Lantai Kayu Warna Solid

Sebelum mulai mengecat, persiapan pertama yang harus dilakukan adalah memilih produk cat solid yang terbaik. Karena digunakan untuk lantai, maka lapisan coating yang digunakan harus kuat dan juga fleksibel. Sehingga tidak mudah menimbulkan retak bahkan cat yang mengelupas. 

Ada beberapa produk di pasaran yang bisa Anda gunakan, namun produk terbaik yang sebaiknya digunakan adalah cat Bioduco. Seri Bioduco menyediakan rangkaian produk lengkap mulai dari dempul kayu hingga top coat yang terbaik.

Jika menggunakan Bioduco, ada beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan sebagai berikut ini:

• Cat lebih hemat dengan pelarut air

Proyek mengecat lantai sama halnya dinding, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda harus mempersiapkan biaya lebih banyak, karena ada lebih dari satu lapisan yang diaplikasikan. Jadi bukan hanya satu produk saja yang digunakan, setidaknya ada tiga hingga empat jenis. 

Tapi karena Bioduco adalah cat yang berpelarut air, maka untuk mengaplikasikannya tidak perlu membeli thinner. Sehingga tanpa membeli bahan pelarut sudah bisa memangkas biaya lebih banyak. Cat ini menjadi produk yang hemat untuk digunakan untuk finishing yang jumlahnya banyak. 

• Cat tidak berbau sehingga tidak menimbulkan polusi

Satu hal yang sangat mengganggu dalam finishing lantai kayu adalah baunya yang sangat mengganggu. Aroma mengganggu ini tentunya sangat mengganggu aplikator dan pengguna ruangan. Anda mungkin saja harus menunggu cat kering dan aroma hilang, perlu berapa lama hingga akhirnya Anda bisa menempati ruangan tentu tidak membuat nyaman. 

Bioduco adalah produk cat yang bisa digunakan dalam ruangan tanpa menimbulkan bau menyengat. Anda bisa langsung menggunakan ruangan begitu lantai kering. Hanya perlu semalaman cat kering dan ruangan bisa digunakan. Aplikator juga bisa mengaplikasikan cat tanpa terganggu bau. 

• Daya tutup baik sehingga warna lebih tajam

Cat solid yang paling bagus adalah memiliki daya tutup terbaik hanya dalam satu kali dan dua aplikasi saja. Bioduco adalah salah satunya yang bisa memberikan daya tutup sempurna dan serat serta warna kayu tidak akan terlihat kembali. Lantai kayu tidak perlu diaplikasikan cat berulang dengan kelebihannya ini. 

Apalagi ada beberapa tahapan yang digunakan mulai dari primer hingga akhirnya top coat. Bukan sekedar membuat perlindungan ekstra tetapi juga membuat warna bisa awet. 

• Proses aplikasi mudah bisa dengan alat apa saja

Bioduco adalah jenis cat yang cara aplikasinya sangat fleksibel. Anda bisa menggunakan kuas, spray gun hingga roller untuk mengaplikasikannya. Hasilnya tentu saja lebih halus dan tidak menimbulkan bekas brush mark atau sagging. Asalkan Anda bisa membuat larutan yang tepat. 

Semua larutan membutuhkan pencampuran berbanding 2 bahan dengan 1 air. Jadi jika Anda menemukan takaran pelarutan yang pas dijamin coating bisa lebih cepat kering dan langsung merata dalam satu kali aplikasi saja. 

• Menghasilkan warna yang tahan lama serta melindungi kayu

Warna solid sering dihindari karena ketika warnanya pudar atau rusak akan langsung terlihat dibandingkan plitur. Apalagi ketika digunakan untuk menutup permukaan lantai kayu. Untungnya Bioduco adalah produk yang bisa memberikan warna tahan lama serta kemampuan melindungi yang sangat baik. 

Beberapa perlindungan yang diberikan dari Bioduco antara lain adalah cat lebih tahan terhadap jamur, rayap serta goresan. Apalagi jika Anda memilih menggunakan Biothane sebagai pengganti top coat. 

Pengamplasan Lantai Kayu

Bagaimanapun bentuk dari permukaan lantai kayu Anda apakah sudah memiliki lapisan cat, dipernis atau bahkan belum pernah dicat pengamplasan selalu menjadi tahapan yang pertama. Anda harus mengamplas dengan kertas amplas sesuai keadaan permukaan kayu.

Jika lantai kayu masih kasar gunakan amplas kasar sedangkan jika permukaan halus Anda bisa menggunakan kertas amplas nomor 180. Anda bisa menggunakan sander disk untuk pengamplasan yang cepat pada ruangan yang luas.

Namun jika Anda hanya akan melakukan finishing pada ruangan yang kecil Anda bisa menggunakan hand sander saja. Sebelum Anda memulai pengamplasan periksa lantai kembali dan pastikan tidak ada paku yang masih menempel.

Setelah Anda selesai mengamplas seluruh bagian lantai pastikan Anda menggunakan permukaan jari Anda untuk memastikan permukaan sudah benar-benar halus dan bagian tepi lantai sudah teramplas dengan rata. Apabila muncul jamur segera gunakan bahan pemutih atau bleaching pada bagian tersebut hingga benar.

Pengamplasan telah selesai maka Anda akan menemukan beberapa bagian lubang atau permukaan yang tergores. Segera perbaiki dengan Bioduco Wood Putty. Anda bisa mengisi lubang tersebut menggunakan pisau pallet dan pastikan permukaan menjadi rata dan Anda dapat mengamplas setelah wood putty menjadi kering.

Kini Anda sudah mendapatkan kondisi permukaan lantai kayu yang halus serta rata bahkan siap untuk dicat kapan saja. Proses ini tentu saja tidak akan memakan waktu berhari-hari karena Anda akan menggunakan cat water based yang cepat kering.

Pengecatan Lantai Kayu Warna Solid

Anda akan mengecat lantai dengan warna solid jadi pastikan Anda menggunakan Bioduco Primer Coat yang telah dicampur dengan air. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air untuk pencampuran dan siap untuk Anda aplikasikan menggunakan roll.

Bioduco Primer Coat adalah warna putih dasar yang akan membuat Anda lebih mudah untuk memberikan warna di atasnya. Proses aplikasi harus satu arah untuk lebih mudahnya Anda bisa mengikuti serat kayu seperti proses aplikasi pernis kayu.

Tunggu cat mengering sekitar 1 jam kemudian Anda bisa mulai mengamplas. Hilangkan debu amplas hingga bersih jika perlu gunakan vakum. Aplikasikan primer coat kembali hingga dua atau tiga kali apalagi jika Anda menggunakan jenis kayu merbau yang memiliki warna gelap.

Primer coat memiliki dua fungsi yaitu pertama untuk menutup warna kayu dan serat kayu kedua untuk memperkuat lapisan cat dia atasnya sehingga membentuk lapisan film yang tebal dan kuat. Pastikan Anda mengaplikasikan primer dengan benar sehingga serat kayu dan warna kayu tidak terlihat kembali.

Proses aplikasi primer coat akan terlihat sangat lama namun hasilnya akan sangat memuaskan. Jika serat dan warna kayu sudah tidak terlihat Anda bisa mulai mengaplikasikan Bioduco. Cat ini akan memberikan warna pada lantai kayu Anda jadi pastikan Anda memilih warna yang tepat dari 24 pilihan warna yang tersedia.

Mengecat Dengan Cat Lantai Kayu Warna Solid
L:antai kayu berwarna biru.

Anda bisa mencampurkan dengan air kemudian mengaplikasikan menggunakan roll. Aplikasikan seperti Anda mengaplikasikan primer coat. Anda harus mengaplikasikan hingga rata dan tunggu kering baru siap untuk diamplas kembali.

Langkah terakhir adalah memberikan lapisan film dari top coat, di sini Anda bisa menggunakan BioThane yang akan memberikan ketahanan bahkan terhadap perubahan suhu dan cuaca. Campurkan BioThane dengan perbandingan yang sama kemudian Anda bisa langsung mengaplikasikan menggunakan roll.

Aplikasikan hingga benar-benar rata. Anda bisa mengaplikasikan dua lapisan namun setiap lapisannya Anda harus melakukan pengamplasan agar lapisan cat bisa melekat dengan benar. Jika pengecatan sudah selesai Anda harus menunggu permukaan kering selama satu malam.

Pengeringan tidak membutuhkan beberapa hari karena hanya dalam satu malam Anda bisa mulai mengembalikan perabotan kembali pada tempatnya. Hasilnya Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan dengan warna lantai kayu solid yang berbeda dari rumah lainnya.

Apabila Anda ingin membeli produk Bioduco langsung bisa langsung membelinya melalui link berikut ini:

  1. https://www.tokopedia.com/biopaint102
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustrieso
  3. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X