Menciptakan Outdoor Kitchen Dengan Cat Duco Kayu Tahan Cuaca

Sebuah hunian tidak akan lengkap apabila tidak ada dapur. Anda bsia menciptakan berbagai amcam desain dapur bahkan peletakannya tidak hanya sebatas di dalam rumah saja.

Apabila Anda suka sekali menjamu tamu dan memiliki luas halaman belakang yang lebar mengapa Anda tidak menciptakan outdoor kitchen? Anda tidak membutuhkan bagian yang luas untuk menciptakan outdoor kitchen ini.

Bahkan Anda tidak perlu takut untuk menggunakan material kayu  ramah lingkungan walaupun Anda tinggal di iklim tropis yang memiliki curah hujan tinggi sehingga memduahkan kayu untuk cepat rusak. Saat ini banyak sekali jenis cat kayu tahan cuaca dan juga berbagai bahan perawatan kayu lainnya.

Menciptakan Outdoor Kitchen Dengan Cat Duco Kayu Tahan Cuaca

Jika Anda memiliki outdoor kitchen maka Anda bisa melakukan acara live cooking kepada tamu yang datang dalam acara pesta kebun. Untuk itu Anda harus mencpitakan konsep sebelum menciptakan outdoor. Jangan sampai Anda hanya akan mendapatkan gambaran abstrak dan tidak bisa menentukan gaya, Bahkan jika perlu Anda dapat berkonsultasi pada ahlinya.

Melihat dari antusias penggunaan outdoor kitchen yang juga mulai banyak di Indonesia maka Anda juga harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan dalam rangka membuat dapur lebih tahan lama. Rata-rata bahan yang digunakan untuk membuat dapur ini adalah kayu. Finishing pada kayu sendiri membutuhkan bahan cat kayu tahan cuaca yang paling bagus.

Cat yang tahan cuaca akan melapisi kayu dan memberikan perlindungan yang sangat baik. Perlindungan ini tentu saja meliputi bahan anti jamur, anti serangga dan juga bahan anti panas dan hujan. Anda harus menmukan produk cat yang memenuhi standar tersbut jika tidak maka akan membuat dapur tidak tahan lama bahkan akan rusak dalam kurun waktu satu tahun saja.

Banyak sekali jenis bahan finishing yang dapat digunakan. Untuk hasil warna transparan Anda bisa menggunakan pernis atau plitur kayu yang terbuat dari berbagai macam bahan seperti melamin,  polyurethane, acrylic water based, nitrocellulose dan lainnya.

Sedangkan untuk finishing dapur unutk warna solid atau warna yng menutupi material maka Anda bisa menggunakan cat duco khusus kayu atau Anda juga bisa menggunakan cat enamel yang bisa digunakan pada metarial besi dan kayu. Biasanya bahan yang digunakan adalah nitrocelulose untuk hasil duco, acrylic water  based atau nitrocelulose untuk hasil warna solid dan juga metalic.

Jika Anda berminat maka Anda bisa menggunakan bahan finishing yang sangat  banyak digunakan baik di taraf industri dan rumahan yaitu cat kayu acrylic water based.

Produk ini adalah cat kayu yang terbuat dari bahan air sehingga tidak mengandung logam berat yang membahayakan kesehatan tubuh manusia. Untuk hasil warna Anda bisa memilih warna natural atau warna solid sesuai dengan hasil atau gaya yang diinginkan.

Apabila Anda menginginkan hasil yang memiliki gaya kontemporer dan juga mdoern sebaiknya Anda memilih warna duco. Bahkan Anda juga bisa menyatukan keduanya baik natural dan juga warna duco.

Pahami Bagian Dapur Yang Perlu Dilapisi Lapisan Coating

Apabila Anda sudah menentukan gaya maka Anda bisa memahami bagian-bagian pada dapur yang membutuhkan lapisan coating yang tepat yaitu cat duco kayu tahan cuaca maupaun cat yang memiliki warna natural. Nah apabila Anda sudah siap maka Anda bisa memulai dengan bagian-bagian dapur berikut ini:

  1. Pemilihan lantai

Menciptakan Outdoor Kitchen Dengan Cat Duco Kayu Tahan Cuaca

Untuk lantai ini kebanyakan tidak memerlukan lapisan coating karena banyak sekali orang yang tidak memilih kayu sebagai lantai misalnya saja lantai ubin, lantai PVC dan juga lantai batu alam. Tetapi bagi Anda yang ingin menggunakan lantai kayu maka banyak sekali jenis kayu yang bisa Anda gunakan seperti kayu merbau, kayu kelapa dan juga kayu jati.

Tetapi untuk jenis kayu ini sebaiknya Anda tidak melapisi dengan cat duco melainkan polyurethane yang lebih tahan gores dan menghasilkan warna transparan. Warna transparan tentu akan lebih menarik dan akan memberikan efek hangat di dalam ruangan.

  1. Pemilihan langit-langit

Dapur yang memiliki atap ini tentu sangat dibutuhkan bagi Anda yang ingin membangun outdoor kitchen. Dapur luar ruagan sangat rentan dengan cuaca, dengan adanya atap setidaknya akan melindungi peralatan dapur tetap aman.

Untuk langit-langit Anda harus memiliki tinggi yang tepat, sehingga suasana dapur tidak terlalu panas. Ada banyak jenis material yang dapat digunakan untuk langit-langit dapur ini seperti kayu, triplek, dan juga gypsum. Biasanya untuk outdoor kitchen lebih memilih langit-langit yang terbuat dari kayu.

  1. Kitchen set

Menciptakan Outdoor Kitchen Dengan Cat Duco Kayu Tahan Cuaca

Peralatan dapur harus disimpan dalam tempat yang efektif efisien dan terlindung dengan baik terlebih jika model dapur Anda adalah outdoor kitchen. Jenis-jenis kitchen set saat ini sangat bervariasi tergantung dengan model yang ingin Anda terapkan.

Jika Anda ingin mendapatkan outdoor kitchen maka Anda bisa menggunakan warna-warna solid seperti gaya kontemporer, gaya futuristik dan gaya modern. Material yang biasanya digunakan untuk membuat kitchen set antara lain adalah kayu, teakblock, barecore, partikel board, blockboard dan berbagai jenis turunan kayu lainnya.

Material kayu akan dikombinasikan dengan material stainless steel yang merupakan peralatan dapur yang tidak mudah berkarat.

Bagian-bagian kayu yang dibutuhkan tersebut tentu saja merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan. Untuk menjaga bagian-bagian tersebut maka dibutuhkan cat duco kayu yang akan memberikan perlindungan.

Karena material yang digunakan kebanyakan adalah kayu bahkan yang disarankan adalah kayu maka perlindungan dari bahan finishing cat tidak dapat dipisahkan.

Perlindungan yang diberikan tentu secara meluas misalnya mencegah jamur untuk merusak substrat kayu. tak hanya jamur, cat juga akan menghambat rayap untuk merusak kayu.

Perubahan cuaca yang ekstrim akan cepat merusak outdoor kitchen, maka kebutuhan yang menuntut Anda adalah mencari produk cat duco kayu tahan cuaca.

Bioduco hadir untuk Anda sebagai cat kayu yang tahan cuaca yang dilengkapi dengan bahan anti jamur dan juga anti rayap. Perlindungan ini akan membuat outdoor kitchen Anda lebih tahan lama dandapat berdiri kokoh.

Dapatkan Inspirasi Outdoor Kitchen

Sebelum Anda mendirikan outdoor kitchen maka Anda membutuhkan banyaki referensi yang akn membantu Anda. Berikut ini beberapa contoh desain outdoor kitchen yang bisa Anda contoh.

Menciptakan Outdoor Kitchen Dengan Cat Duco Kayu Tahan Cuaca

Outdoor kitchen modern bisa mengkombinasikan material kayu dan juga kaca bahkan baja. Gunakan baja untuk kerangka dapur. Sedangan untuk atap Anda bisa menggunakan kaca dan untuki kitchen set Anda dapat menggunakan kayu yang diebrikan warna putih agar terlihat lebih menarik.

Menciptakan Outdoor Kitchen Dengan Cat Duco Kayu Tahan Cuaca

\Jika Anda tidak suka dengan outdoor kitchen yang berdiri sendiri maka Anda bisa memilih semi outdoor kitchen dimana dapur tetap menyatu dengan bangunan utama tetapi dapur memiliki suasana seperti outdoor dikarenakan menggunakan tempat yang luas akan serta memiliki sati sisi bagunan yang terbuka,

Menciptakan Outdoor Kitchen Dengan Cat Duco Kayu Tahan Cuaca

Outdoor kitchen ini menggunakan pergola sehingga untuk ukuran bisa Anda sesuaikan. Apabila Anda ingin menyatukan dapur dengan sofa atau dinning table pilih warna yang sesuai bahkan bsia memilih yang sama dengan pergola.

Cat Duco Tahan Cuaca yang Cocok untuk Outdoor Kitchen

Baik itu lantai kayu, kitchen set hingga bagian plafon kayu, cat duco tersedia untuk menciptakan lapisan coating. Tapi apa yang sebaiknya digunakan? Untuk cat yang aman untuk dapur Anda bisa menggunakan Bioduco series. 

Cat yang terdiri dari dempul, primer, cat duco dan top coat ini dijamin mampu melindungi semua perabotan dan bagian kayu dari outdoor kitchen di rumah Anda. Ada beberapa alasan mengapa Bioduco tepat untuk dipilih sebagai berikut. 

  • Cat aman rendah volatile organic compound (voc)

Menggunakan cat aman itu penting bagi perabotan dapur. Anda tentu tak ingin menciptakan udara tercemar karena cat bukan? Hal tersebut bisa terjadi jika Anda menggunakan cat berpelarut solvent seperti thinner. 

Cat duco solvent dijual begitu banyak di pasaran tetapi efeknya kurang baik. Oleh karena itu Bioduco hadir untuk menggantikan peranan cat solvent yang selama ini banyak dipilih. Cat berpelarut air ini rendah kandungan voc. Artinya bahan toxic seperti formalin dan timbal sangat dibatasi kandungannya. 

  • Memberikan warna-warna cerah tahan lama

Bioduco memiliki 24 pilihan warna solid yang semuanya bisa dihasilkan tajam dan cerah. Alasannya adalah lapisan demi lapisan mulai dari primer akan menutup warna kayu dan seratnya secara sempurna. Sehingga warna dari cat duco bisa lebih matang sesuai keinginan. 

Warna yang dihasilkan juga tahan lama karena Bioduco solid color memiliki high bonding. Artinya sekali diaplikasikan cat akan melekat sempurna pada permukaan kayu. Jadi Anda tak perlu takut warna luntur karena perubahan cuaca. 

  • Tahan terhadap cuaca ekstrim

Kelemahan dari warna cat duco kebanyakan adalah karena terkena perubahan cuaca. Suhu udara yang berubah secara ekstrim dari panas ke dingin, dari siang ke malam. Cuaca tersebut paling cepat mempengaruhi lapisan coating. Sehingga warna memudar dan cat mudah retak. 

Bioduco dibangun dengan beberapa lapisan coating top coat sebagai lapisan terakhirnya memiliki perlindungan penuh terhadap perubahan cuaca tersebut. Tak ada lagi efek retak bahkan cat mengelupas atau warna top coat yang menguning. 

  • Memiliki kandungan anti jamur

Jamur adalah masalah pada kayu yang sering muncul ketika diletakkan outdoor. Namun jamur tak akan muncul lo karena Anda sudah menggunakan Bioduco. Di dalam semua lapisan cat Bioduco terdapat kandungan anti fungal.

Jamur yang mengganggu seperti jamur permukaan yang biasa muncul ketika kayu memiliki kelembaban tinggi akan dicegah oleh lapisan coating. Kayu bisa bertahan lebih lama tak mudah untuk masuk ke proses pelapukan. Tidak adanya jamur juga menjaga warna kayu. 

  • Cara mengaplikasikan mudah dan cepat

Ketika hendak mengecat lantai outdoor kitchen pastinya ketakutan karena hujan yang membuat cat lama tak kering akan muncul. Bioduco memiliki solusi terhadap masalah tersebut. Waktu kering dari cat hanyalah 60 menit yang artinya paling cepat dibandingkan produk lainnya. 

Setiap lapisan hanya butuh waktu 60 menit untuk kering. Anda tak perlu menunggu lama bahkan dalam setengah hari saja sudah bisa merampungkan finishing. Cat bisa diaplikasikan dengan kuas maupun alat semprot sesuai keinginan. 

Jika Anda ingin mendapatkan semua keunggulan ini maka harus menggunakan semua lapisan secara berurutan dan benar. Ikuti cara mengaplikasikan Bioduco dengan tepat agar hasilnya maksimal. 

Produk Bioduco bisa dengan mudah didapatkan melalui link berikut ini :

  1. https://www.tokopedia.com/biopaint102
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustrieso
  3. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries
  4. https://www.tokopedia.com/bioindustries

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X