kabinet dapur warna putih

Kreasi Mudah Kabinet Dapur dengan Warna Pastel Chalk Paint

Kabinet dapur bagian penting dalam ruangan untuk menyimpan segala peralatan memasak dan juga makanan kering. Tanpa kabinet, alat masak akan berserakan dan mudah diserang oleh jamur. Fungsi kabinet sama pentingnya dengan penampilan. Warna akan memberikan kabinet tampak apik di ruang dapur Anda. 

Pertanyaannya adalah warna apa yang sebaiknya diterapkan pada kabinet? Inilah yang seringkali membingungkan. Warna akan menjadi kunci tampilan dapur sangat berbeda. Jika tidak memberikan warna yang tepat serta dipadukan dengan furniture lainnya dapur akan tampak aneh. 

Menghindari tampilan aneh, Anda bisa menggunakan warna-warna pastel untuk kesan lembut dan halus. Jika ingin dapur tampak bersih, sebaiknya pilih warna pastel yang terang. Misalnya seperti putih atau hijau muda, dimana kedua warna ini bisa Anda dapatkan dari Bioduco chalk paint. 

Bersamaan dengan penampilan, cara aplikasi chalk paint juga lebih mudah dan singkat dibandingkan cat yang lainnya. Cat ini bisa diaplikasikan dengan kuas dan akan langsung menutup permukaan kayu. Sudah siapkah Anda memberikan warna baru pada kabinet di rumah?

Keamanan yang Dibutuhkan oleh Kabinet Dapur

produk chalk paint

Sebelum masuk ke dalam proses pengecatan, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam keamanan kabinet dapur ini. Keamanan berhubungan dengan perlindungan pada kayu sebagai furniture dan juga alat serta bahan makanan yang nantinya disimpan di dalamnya. 

Keamanan untuk furniture sendiri berasal dari cat, dimanan cat Bioduco chalk paint akan menutup pori dan melindunginya dari berbagai macam goresan. Tidak hanya chalk paint saja, namun Anda membutuhkan top coat dari Bioduco yang akan memberikan proteksi berupa lapisan film. 

Bioduco chalk paint tidak memiliki kandungan bahan logam berat seperti volatile organic compound (voc). Jadi semua bahan yang digunakan aman tidak menimbulkan polusi. Keamanan untuk peralatan masak dan bahan makanan bisa sangat berbahaya jika tidak dikontrol.

Baca Juga:  Pagar Besi Rumah Mulai Berkarat? Jangan Diamkan Saja Saat Lebaran Tiba

Cat bisa mengkontaminasi bahan makanan di dapur, dan Anda tidak sengaja mengkonsumsinya. Jadi semua kabinet dapur akan aman, baik dari serangan jamur atau masalah keracunan makanan karena telah menggunakan chalk paint. 

Warna-Warna Menarik Chalk Paint untuk Kabinet

Memilih warna chalk paint untuk kabinet dapur, biasanya disesuaikan dengan gaya yang ingin diterapkan pada ruang dapur. Warna dari Bioduco chalk paint yang tersedia adalah 20 warna. Semua warna pastel dari yang terang hingga gelap.

kabinet warna grey

Khusus bagi Anda yang ingin memperlihatkan dapur terlihat unik, beberapa pilihan warna ini akan membuat kreasi menjadi lebih indah. 

  1. Warna broken white, warna ini sangat cocok untuk dapur yang bersih. Tidak terlalu putih namun tidak gelap. Warna terang akan cocok pada dapur bersih. 
  2. Warna yellow, warna kuning akan mengubah dapur lebih terang. Kuning yang dihadirkan sama seperti warna kuning cahaya matahari. 
  3. Warna pastel green, warna ini juga terang. Bahkan Anda bisa memadukannya dengan warna hitam untuk finishing kabinet dua warna. 
  4. Warna terakota, jika Anda suka dengan warna seperti kayu ini adalah warna yang tepat. Anda tidak perlu memperlihatkan serat kayu namun nuansa hangat terasa. 
  5. Warna french enamel, warna hijau yang lebih gelap dan menimbulkan ketenangan di dalam dapur Anda. 
  6. Warna grey, jika Anda ingin memperlihatkan dapur yang tidak terlalu terang abu-abu adalah pilihan yang tepat. 
  7. Warna cream, sama-sama memberikan efek hangat. Anda bisa mendapatkan kesan yang mirip seperti warna terakota. 

Jadi warna manakah yang akan Anda pilih? Masing-masing warna memiliki karakter berbeda. Sesuaikan selera Anda dan bagaimana pencahayaan akan memunculkan keindahan dari masing-masing warna. 

Cara Aplikasi Bioduco Chalk Paint untuk Kabinet

kabinet warna hijau

Proses aplikasi dari Bioduco chalk paint lebih mudah dibandingkan jenis cat yang lainnya.  Tidak perlu memberikan lebih dari tiga lapisan cat, cukup satu hingga dua lapisan saja sudah akan menutup permukaan warna kayu. Hal ini disebabkan oleh fungsi dari chalk paint sebagai primer. 

Baca Juga:  Jenis Cat yang Digunakan Sesuai Permukaan Furniture Kayu

Kabinet dapur yang telah selesai diaplikasikan oleh chalk paint juga tidak menimbulkan bau. Jadi Anda tidak perlu terganggu dengan bau di dapur setelah proses pengecatan selesai. Ketika cat sudah kering, kabinet bisa langsung digunakan. 

Siapkan alat dan juga bahan berikut ini untuk proses pengecatan kabinet. 

  • Bioduco chalk paint warna yang sesuai
  • Bioduco top coat gloss sebagai lapisan film
  • Kuas berbulu nilon
  • Wadah untuk melarutkan cat
  • Air
  • Kain lap kering
  • Amplas nomor 400

Jangan lupa persiapkan juga kabinet yang hendak di cat. Anda bisa mengecatnya di ruang terpisah dan lepaskan semua perangkat keras agar bisa menjangkau area yang sulit. Kemudian amplas permukaan kabinet dengan kertas amplas nomor 220. Bersihkan debu amplas sesudahnya. 

Proses Pengecatan Chalk Paint pada Kabinet

Mulailah dengan mencampurkan Bioduco chalk paint dengan air. Campurkan dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Jika terlalu encer tambahkan bahan hingga warna larutan sesuai warna yang diinginkan. Kuaskan cat pada bagian dalam kabinet terlebih dahulu. Penuhi bagian sudut dalam, kemudian bagian luar dan pintu kabinet. 

Kuas ke satu arah saja, tidak perlu halus. Tunggu lapisan menjadi kering kemudian lanjutkan dengan proses pengamplasan secara ambang. Setelah itu aplikasikan chalk paint kembali kali ini harus merata dan halus. 

Caranya cukup tarik kuas dengan sapuan yang panjang sedikit diangkat. Kemudian lanjutkan dengan menghaluskan permukaannya searah demi searah. Setelah merata tunggu kering semua kabinet. 

Proses Pengecatan Bioduco Top Coat

Kabinet sebenarnya bisa menggunakan top coat matte, namun gloss bisa menyamarkan goresan. Mengingat bahwa kabinet dapur biasanya akan sering digunakan dan tergores. Jadi Bioduco top coat gloss adalah pilihan yang sangat tepat. Caranya adalah campurkan air dan juga top coat dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. 

Baca Juga:  Permukaan Furniture Merata Dengan Cara Aplikasi Dempul Ini

Aduk top coat hingga merata kemudian kuaskan ke arah yang sama seperti aplikasi chalk paint. Mulai dari bagian dalam terlebih dahulu kemudian ke bagian luar. Diamkan kabinet yang sudah terlapisi selama semalaman hingga kering benar. 

Merawat Kabinet Dapur agar Tahan Lama

Anda mungkin telah mendapatkan kabinet dapur yang memiliki warna menarik, tapi apakah sudah melakukan perawatannya dengan benar? Beberapa perawatan bisa dilakukan secara berkala dengan cara memolesnya. Anda bisa menggunakan  bahan poles poles khusus kayu. 

bahan poles yang direkomendasikan adalah Biopolish Beeswax. Mengapa Beeswax? Karena bahan ini terbuat dari 100% lilin lebah yang artinya cat bisa digunakan secara aman tanpa bahan kimia campuran. Jika makanan terkena permukaan kabinet yang dilapisi Beeswax maka tidak akan terkontaminasi. 

Cara memoles pun sangat mudah, Anda cukup menggunakan kain katun yang bersih dan kering. Pertama kuaskan Biopolish Beeswax ke seluruh permukaan kabinet, kemudian gosok dengan kain hingga permukaan kayu berubah tidak lengket. 

Hasilnya Anda akan melihat tampilan dari kabinet lebih cerah dan mengkilap.  

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X