kabinet chalk paint

Cara Mudah Finishing Furniture Warna Putih Tanpa Primer

Bagaimana mungkin bisa mengecat furniture warna putih tanpa menggunakan primer coat? Cat kayu warna solid membutuhkan primer untuk menutup warna kayu dan seratnya. Kini tidak lagi, karena Anda bisa menggunakan chalk paint. 

Bioduco chalk paint adalah cat yang juga berfungsi sebagai primer, jadi Anda bisa mendapatkan warna yang menutup furniture secara sempurna. Cat yang terbuat dari bahan acrylic water based ini juga aman, rendang kandungan toxic yang biasanya tinggi. 

Proses pengecatan tidak lepas dari persiapan, mengecat hingga menjadi halus dan menutupnya dengan lapisan top coat. Baik itu matte dan juga glossy membutuhkan permukaan kayu dengan cat yang rata untuk memaksimalkan tingkat mengkilapnya.

Jadi pengecatan tanpa primer ini hanya membutuhkan Bioduco chalk paint dan juga top coat. Bahan pelarutnya air dan sisanya adalah alat berupa kuas. Yuk cermati bagaimana cara mengecat agar permukaan halus tanpa bantuan primer coat. 

Memilih Kuas untuk Proses Pengecatan Merata

Anda akan menggunakan cat water based, maka sebaiknya Anda memilih jenis kuas dengan bulu nilon. Anda bisa menggunakan jenis kuas yang biasanya berbentuk persegi panjang atau justru memilih kuas dengan bentuk bulat. Kuas dengan bentuk bulat mampu menyerap cat lebih banyak dibandingkan berbentuk tipis. 

Otomatis ketika menguaskan cat akan lebih cepat karena banyak cat yang bisa langsung diaplikasikan. Pilih kuas dengan ujung yang lebih ramping, fungsinya untuk memperhalus hasilnya. Jika menggunakan kuas dengan ujung yang lebih merata, akan menimbulkan brush mark. 

Ukuran kuas juga berbeda-beda, namun karena chalk paint adalah tipe cat yang mudah diaplikasikan, setidaknya gunakan kuas ukuran 3 hingga 5 inci. Kuas ukuran tersebut cukup untuk permukaan furniture yang lebar atau sempit hingga sudut. 

Persiapan Furniture Sebelum Pengecatan

Saatnya melanjutkan proses finishing dengan mempersiapkan ruangan, alat, bahan dan juga material. Alat dan bahan tadi sudah disampaikan, jadi Anda bisa mulai mempersiapkan ruangan. Pastikan ruangan bersih dan sebaiknya berikan alas pada lantai agar Anda lebih mudah membersihkannya. 

Arahkan cahaya lampu ke atas tempat kerja, pilih lampu yang terang. Anda bisa juga menggunakan meja untuk proses mengecat agar lebih mudah apabila hanya mengecat benda kecil. Terakhir siapkan material furniturenya. 

Bersihkan furniture dari kotoran seperti debu menggunakan kain kering. Lanjutkan dengan mengamplas permukaannya hingga menjadi lebih bersih. Amplas grit 220 adalah yang paling tepat, kemudian bersihkan debu amplas dengan kain kering atau kain yang sudah dibasahi. 

Jika furniture kayu sempat basah, sebaiknya jemur kemudian bersihkan dengan kain. Setelah itu pindahkan ke ruangan atau ke tempat kerja untuk mengecat. 

Proses Pengecatan Furniture dengan Chalk Paint

produk chalk paint

Setidaknya untuk mengecat warna putih tanpa menggunakan primer Anda harus mengecat empat lapisan. Setiap lapisan menggunakan teknik yang berbeda. Oleh karena itu selalu berhati-hati dalam mengecat setiap lapisannya dan perhatikan cara menggunakan kuas. Sebelumnya Anda harus membuat campuran cat. 

Mencampurkan cat Bioduco chalk paint warna putih sangat mudah. Tuang cat ke wadah terpisah dan campurkan dengan air. Aduk hingga merata hingga tidak ada yang mengendap. Pastikan Anda sudah mencampurkan cukup banyak cat karena akan menciptakan 4 layer. 

Masing-masing layer akan dikuaskan dengan jenis kuas yang sama. Sebaiknya gunakan kuas baru dari awal. Jangan letakan cat ke dalam larutan karena akan merusak bulu kuas nantinya. Bagaimana cara menciptakan cat setiap lapisannya? Ikuti langkah berikut ini:

Layer 1. Menciptakan lapisan dasar

Pada tahapan pertama ini berfungsi menciptakan lapisan dasar. Tidak perlu halus dan cat tidak harus langsung menutup warna kayu merata. Anda hanya perlu mengaplikasikan cat tipis saja, tidak perlu menggunakan arah yang sama. 

Bagian terpenting adalah menggunakan cat tipis sehingga proses pengeringan berjalan dengan cepat. Ketika penguasan cat sudah selesai, tunggu furniture mengering dengan sendirinya. Tidak perlu dijemur dan tunggu kurang lebih 60 menit. 

Hasilnya adalah warna cat tidak rapi dan Anda akan melihat banyak brush mark tetapi itu tidak masalah. 

Layer 2. Mengamplas dan membuat kayu sedikit putih

Pada lapisan kedua nantinya Anda akan dilihat warna putih sudah cukup menutup permukaan furniture. Ketika lapisan cat pertama sudah kering, amplas dengan kertas amplas nomor 400. Fungsinya untuk mempermudah lapisan cat kedua akan menempel. Anda bisa mencuci kuas yang sebelumnya digunakan dengan air apabila cat mengering. 

Sapukan kuas ke seluruh permukaan, kali ini Anda tidak tidak harus merta. Yang terpenting cat akan menutup seluruh permukaan dengan warna putih. Perhatikan pada bagian sudut dan juga sikut jangan sampai ada yang terlewatkan. 

Tunggu lapisan mengering kembali setelah 60 menit tanpa harus dijemur. Hasilnya Anda tidak lagi melihat tampilan dari warna kayu. 

Layer 3. Menguas cat satu arah

Disini Anda sudah bisa memulai untuk mengaplikasikan cat dengan halus. Bahkan Anda bisa mengganti kuas dengan bulu yang lebih halus lagi dan nantinya dapat digunakan untuk layer 4. Terlebih dahulu amplas permukaan furniture dengan kertas amplas nomor 400 secara ambang. 

Bersihkan debu amplas kemudian kuaskan chalk paint putih. Cara menguaskan harus satu sapuan yang panjang dan halus. Agar tidak menimbulkan brush mark sedikit angkat kuas dan buat sudut 45 derajat dari atas permukaan furniture. Sapukan dengan ringan saja dan berurutan dari sapuan pertama ke sapuan kedua. 

Lakukan langkah ini hingga seluruh permukaan furniture lebih rapi daripada lapisan sebelumnya. Tunggu kering kembali lapisan ketiga ini dalam waktu yang sama. 

Layer 4. Menghaluskan permukaan furniture

Saatnya untuk mengubah tampilan furniture hingga benar-benar halus. Cuci kuas yang sebelumnya digunakan dan keringkan. Kuaskan cat dengan cara yang sama seperti lapisan ketiga. Untuk lapisan keempat ini Anda tidak perlu mengamplasnya terlebih dahulu. Langsung saja mengaplikasikan cat dengan lebih tipis dan lebih halus tarikannya. 

Hindari mengecat berulang ke bagian pertama karena akan menimbulkan brush mark. Pada bagian sudutnya Anda bisa memberikan sentuhan kuas yang sangat tipis dari bagian dalam ke luar. Arah akan menentukan betapa hasilnya lebih halus. 

Tunggu lapisan terakhir ini benar-benar kering selama 60 menit baru dilanjutkan dengan proses aplikasi top coat. 

Proses Pengecatan dengan Top Coat

Anda bisa menggunakan Bioduco top coat, baik itu yang berwarna gloss atau matte sesuai selera. Karena cat warna putih sebelumnya sudah sangat halus maka Anda cukup mengecatkan top coat dengan langkah yang sama. Bisa dua lapisan atau satu lapisan saja. 

Pertama campurkan Bioduco top coat dengan air ke dalam wadah terpisah. Campurkan perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk hingga merata. Kuaskan top coat dengan sudut 45 derajat dan satu sapuan kuas yang panjang. 

Kuas hingga cat benar-benar merata kemudian diamkan selama semalaman. Cat akan mengering dan mengeras pada permukaan furniture. Kini warna putih yang halus tanpa primer telah Anda dapatkan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X