produk-pemutih-kayu

Kayu Berubah Cerah dan Aman, Hanya Menggunakan WA 250

Memiliki kayu yang bermasalah dengan warna aslinya? Serahkan semua masalah tersebut terhadap produk White Agent 250. Kayu biasanya memiliki warna cacat bawaan dan setelah kayu diolah perlu pemerataan warna agar lebih mudah dicat. Ketikan kayu tidak diubah warnanya maka hasil finishing bisa menjadi belang. 

Hal ini berlaku jika Anda hendak mengecat kayu menjadi warna natural yaitu menggunakan pernis. Namun jika Anda memilih untuk mengecat kayu dengan warna solid, maka tidak perlu mengatasi masalah warna cacat pada kayu. Karena warna cat solid akan menutup semua warna asli kayu. 

Nah bagi Anda hendak menggunakan warna kayu natural, maka sebaiknya lakukan perbaikan pada warna kayu sebelum akhirnya menggunakan pernis. Cara paling ampuh adalah dengan memutihkan warna kayu menjadi lebih cerah dengan WA 250.

Bahan WA 250 adalah bleaching kayu yang aman dan juga ramah lingkungan. Anda bisa mengaplikasikannya dengan mudah dan semua masalah pada kayu akan teratasi. Bagaimana cara menggunakannya? Simak dalam artikel ini. 

Masalah Warna yang Sering Muncul Pada Kayu

Sebelum masuk pada langkah aplikasi, sebaiknya Anda memperhatikan jenis kerusakan apa saja yang dihadapi oleh kayu. Mengenal bagaimana proses aplikasinya yang benar, akan membuat menjadi lebih mudah untuk menggunakan WA 250 dengan benar. 

Masing-masing kayu biasanya memiliki jenis cacat yang berbeda, baik itu kayu baru atau kayu bekas. Berikut ini beberapa jenis kerusakan yang biasanya muncul. 

  • Jamur blue stain

Masalah kayu ini biasanya muncul pada jenis kayu lunak seperti pinus atau jati belanda. jamur blue stain meninggalkan noda yang cukup dalam pada permukaan kayu sehingga tidak dapat dihilangkan. Satu-satunya cara adalah dengan bleaching untuk menyamarkan. 

  • Warna kayu gubal dan teras
Baca Juga:  Jenis Cat Kayu Terbaik Yang Di Indonesia Yang Perlu Diketahui

Kayu sebenarnya terdiri dari dua warna yaitu bagian gubal dan juga teras. Namun tidak semua jenis kayu memiliki perbedaan warna yang mencolok. Kayu gubal biasanya memiliki warna yang lebih terang daripada bagian teras yang ada di dalam. Jenis kayu yang memiliki warna berbeda sangat mencolok seperti kayu trembesi. 

  • Noda bekas kotoran

Kayu yang sudah digunakan atau disimpan terlalu lama biasanya mudah rusak karena noda. Misalnya saja noda furniture yang sering digunakan untuk meletakan benda panas. Biasanya muncul bekas warna hitam atau putih. Noda inilah yang perlu disamarkan dengan bleaching agar mudah untuk mendapatkan tampilan baru. 

Keunggulan Produk WA 250 untuk Kayu

Apapun masalah warna pada permukaan kayu yang belum dilapisi cat, Anda bisa menyerahkannya pada White Agent 250. Produk ini adalah bahan bleaching kayu yang aman dan juga ramah lingkungan. Semua noda akan disamarkan dengan maksimal dan warna kayu akan lebih cerah. 

Berbeda dengan bahan bleaching kayu yang lainnya, WA 250 justru akan menampilkan warna cerah tanpa merusak serat kayu. Jenis kayu apapun yang telah dilapisi dengan White Agent 250 akan bertahan lama. Warna wood stain yang diaplikasikan di atasnya juga akan lebih cerah. 

Ada beberapa keuntungan ketika menggunakan WA 250 yaitu sebagai berikut ini:

  1. Bisa diaplikasikan untuk jenis kayu apapun
  2. Tidak membutuhkan panas matahari agar obat bekerja dengan sempurna
  3. Bisa diaplikasikan dengan cara dikuas atau direndam
  4. Tidak menimbulkan iritasi pada kulit kering sehingga aman
  5. Bahan pelarut yang dibutuhkan adalah air dan bukan thinner
  6. Sangat efektif mencerahkan warna kayu dan bertahan lebih lama
  7. Prosesnya cepat, dalam satu hari Anda bisa menyelesaikannya
Baca Juga:  Cara Aplikasi Sanding Sealer Indoor Pada Kayu Albasia

Apa saja keuntungan yang bisa Anda dapatkan diatas bisa langsung dirasakan ketika menggunakan langsung. Produk WA 250 juga bahan bleaching kayu yang mudah untuk didapatkan. 

Langkah-Langkah Mengatasi Cacat Warna dengan WA 250

Salah satu keuntungan yang utama dari WA 250 adalah proses aplikasinya yang sangat mudah. Jika Anda ingin mengerjakan, luangkan waktu di akhir pekan, hari pertama bisa digunakan untuk proses bleaching dan hari kedua gunakan untuk proses pengecatan. Maka di hari ketika kayu akan memiliki tampilannya yang baru. 

Jika dijabarkan ada empat langkah yang harus Anda ikuti. Mulai dari persiapan, proses aplikasi hingga pengeringan dan pengecatan. Hingga pada akhirnya kayu memiliki tampilan berbeda. Seperti apa saja prosesnya? Ikuti langkah ini. 

Persiapan Sebelum Proses Bleaching dengan WA 250

Langkah pertama adalah mempersiapkan material kayu. Anda harus menghilangkan lapisan coating lama agar nantinya bahan dapat meresap melalui pori kayu. Amplas juga permukaan kayu untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat pori kayu. Pastikan kayu tidak memiliki kelembaban yang akan mengganggu proses obat bekerja. 

Siapkan juga ruangan yang bersih dan memiliki ventilasi udara. Anda harus meletakkan kayu di ruangan yang bersih dan kering sehingga obat akan bekerja dengan cepat. Tidak perlu ada proses menjemur jadi Anda tidak tergantung dengan cuaca. 

Alat yang dibutuhkan adalah kuas, Anda juga bisa menggunakan spray gun apabila ingin mengerjakan lebih cepat. Selain kuas, Anda juga harus mempersiapkan wadah untuk melarutkan bahan. Sedangkan bahan yang disiapkan adalah White Agent 250 dan juga air sebagai bahan pelarutnya. 

Proses Aplikasi White Agent 250 pada Kayu

Jika kayu sudah kering dan juga bersih, selanjutnya adalah lakukan proses aplikasi. Kuaskan semua bahan yang sudah Anda campurkan, perbandingannya adalah 1 bahan : 1 air. Warna yang dihasilkan tergantung dengan jumlah air yang Anda larutkan. Semakin banyak air maka hasilnya tidak terlalu terlihat. 

Baca Juga:  Kelebihan Produk Dengan Merk Bahan Kimia Pemutih Kayu WA 250

Baru kuaskan seluruh bahan ke permukaan kayu hingga merata. Pastikan seluruh bagian sudut teraplikasikan dengan rata. Fokus pada bagian sudut, bawah furniture dan juga bagian yang memiliki warna noda paling terlihat jelas. Kemudian lanjutkan dengan pengeringan. 

Cukup diamkan kayu di dalam ruangan, tidak usah dijemur. Perubahan warna akan terlihat setelah 4 jam berlalu. Jika warna noda masih belum tersamarkan, Anda bisa mengaplikasikan pada bagian tersebut saja. Kemudian tunggu kering kembali. 

Proses Pengeringan sebelum Pengecatan

Kayu yang sudah memiliki warna cerah dan bebas noda, bisa Anda lanjutkan ke dalam proses pengeringan. Anda bisa membilas terlebih dahulu untuk menghentikan proses pemutihan terus berlanjut. Pembilasan akan menghilangkan sisa noda yang masih menempel. 

Bahan harus benar-benar bersih agar tidak mempengaruhi kelembaban kayu nantinya setelah diaplikasikan pernis. Bilas dengan air mengalir yang dicampur dengan detergen. Jika sudah bersih benar, baru lanjutkan dengan proses penjemuran. 

White Agent 250 yang menempel sudah hilang, jadi tidak masalah jika Anda ingin menjemurnya untuk mempercepat proses pengeringan. Jemur hingga kayu benar-benar kering. 

Proses Pengecatan Kayu

Terakhir adalah proses pengecatan, dalam tahapan ini Anda bisa mengaplikasikan pernis kayu water based sehingga warna kayu lebih terlihat. Biovarnish adalah salah satu jenis pernis water based yang sangat direkomendasikan dan Anda bisa menggunakannya dengan aman. 

Pilih hasil tampilan gloss atau matte sesuai dengan kebutuhan. Pastikan kayu terlindungi dengan baik dari pernis.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X