mainan kayu aman dan ramah lingkungan

Cat Mainan Kayu Aman dan Ramah Lingkungan: Penting tapi Tak Cukup!

Kalau furniture outdoor membutuhkan cat yang tahan cuaca, mainan kayu membutuhkan cat mainan kayu aman dan ramah lingkungan. Kedua kriteria tersebut sangat penting dan bahkan sudah diatur dalam Standar Nasional Indonesia untuk cat mainan anak.

Menurut SNI, cat mainan (baik untuk kayu, logam, maupun plastik) dikatakan berstandar baik apabila:

  1. Mengandung Logam Berat dalam Jumlah Sangat Kecil

Dalam SNI, peraturan ini dijabarkan pada poin batas maksimal migrasi logam berat. Hanya cat dengan migrasi logam berat yang rendah yang dinyatakan aman untuk mainan anak. Logam berat yang dimaksud antara lain timbal, merkuri, cobalt, dll.

  1. Mengandung VOC dalam Jumlah Sangat Kecil

VOC atau senyawa organik mudah menguap adalah senyawa yang –sebagaimana namanya- sangat mudah berubah menjadi gas pada suhu ruangan. Sifatnya ini dianggap membahayakan sebab hampir semua VOC beracun bagi tubuh. Umumnya, cat yang mengandung VOC dalam kadar tinggi adalah cat yang menggunakan pelarut thinner dan spiritus. Karena itulah, kebanyakan cat mainan kayu aman dan ramah lingkungan tergolong sebagai cat water based atau yang menggunakan pelarut air.

Dibanding cat untuk produk lain, bisa dikatakan standar di atas memang jauh lebih ketat. Hal demikian sangat bisa dimaklumi. Sebab, mainan adalah produk yang secara langsung berhadapan dengan anak. Kadang, anak bukan hanya memegangnya, tapi juga memasukkannya ke dalam mulut. Sifat ini, ditambah dengan daya tahan tubuh anak yang lemah makin meningkatkan resiko tingkat keracunan anak akibat mainan kayu.

Meski demikian, kriteria aman dan ramah lingkungan saja sebenarnya tidak cukup.

Mengapa Cat Mainan Kayu Aman dan Ramah Lingkungan Tidak Cukup?

Pada satu aspek, kriteria aman dan ramah lingkungan memang sangat krusial. Meskipun begitu, kriteria tersebut saja tidak cukup. Industri mainan kayu membutuhkan cat yang bisa menghasilkan warna-warna menarik dan tahan lama untuk anak-anak. Apalagi bila bahan yang digunakan terbuat dari MDF. Material MDF (Medium Density Fiberboard) selain tidak memiliki keindahan serat seperti kayu solid, juga lebih rentan lapuk sehingga memerlukan perlindungan ekstra dari catnya. Apalagi dari sudut pandang anak-anak, warna-warna cerah seperti merah, kuning, ungu, hingga hijau, tentu lebih menarik perhatian. Meski pengecatan dengan warna natural pun memiliki daya tarik tersendiri.

Baca Juga:  Pintu dan Jendela Mulai Kusam Menjelang Lebaran? Perbaiki Sekarang Juga!

Cat BioColours untuk Finishing Mainan Kayu

mainan kayu aman dan ramah lingkungan
Warna-warna indah bisa Anda peroleh dari cat BioColours

BioColours water based paint merupakan produk cat water based yang sangat aman dan ramah lingkungan. Produk ini bukan sekedar produk SNI, tapi juga telah diformulasikan sesuai standar internasional dari Environmental Protection Agency Amerika Serikat dan European Chemical Agency dari Uni Eropa.

Cat mainan kayu aman dan ramah lingkungan BioColours juga mampu menawarkan warna-warna menarik dari solid hingga transparan. Selain itu, produk ini juga memiliki daya rekat baik, tingkat kekerasan film yang bagus, serta lebih tahan lama.

Bagi Anda yang berminat dengan cat mainan kayu aman dan ramah lingkungan BioColours, silahkan hubungi kami di +62.274.388.301, telp/sms/WA di +6287839346433, atau email di info(at)bioindustries.co.id. Anda juga dapat langsung berkunjung ke kantor kami di Yogyakarta (Jalan Sidikan no 94 Sorosutan) atau ke kantor cabang di Cirebon serta Jepara.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X