furniture anak edukatif

Begini Cara Memilih Cat Furniture Anak yang Aman

Standar keamanan furniture anak tak lepas dari cat atau bahan finishing yang digunakan. Karenanya, penggunaan cat furniture anak yang aman sangat krusial diusahakan.

Merupakan masa tumbuh kembang, usia kanak-kanak menjadi salah satu kunci pertumbuhan fisik, mental, maupun kecerdasan si kecil. Pada usia tersebut, anak mulai mengembangkan kreativitas, kepribadian, dan berbagai aspek lainya. Untuk itulah, sebagai orangtua, selayaknya kita mendukung masa ini agar selalu optimal.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyediakan berbagai sarana pembelajaran anak. Berbagai benda yang kita berikan untuk mereka, selayaknya memiliki aspek edukatif yang dapat dipelajari.

Furniture Edukatif untuk Anak

furniture anak edukatif
Furniture ini dapat menstimuli imajinasi anak

Sebagai salah satu sarana yang kerap digunakan anak, keberadaan furniture memainkan peran penting dalam perkembangan si kecil. Suka tak suka, anak akan selalu mengasosiasikan benda-benda di sekililingnya dengan dunia luar. Ia juga akan memanfaatkan benda-benda tersebut untuk bermain dalam dunia imajinasinya. Dengan kata lain, apabila kita bisa menyediakan furniture yang bukan hanya berguna dari fungsi utamanya, anak akan mendapatkan manfaat besar.

Sifat furniture tersebut dapat kita temukan di berbagai mebel anak edukatif. Sisi edukatif dimaksud dapat berupa penggunaan gambarnya, bentuknya, hingga karakter lain yang bisa digunakan anak untuk belajar sesuai usianya masing-masing.

Edukatif Tapi Juga Aman

Meski demikian, memilih furniture anak edukatif saja tidak cukup. Salah satu hal krusial yang justru harus jadi patokan utama saat orangtua membelikan berbagai benda untuk anak termasuk furniture adalah keamanannya.

Furniture anak yang terbuat dari kayu secara umum lebih aman. Meski demikian, kewaspadaan tetap harus dimiliki terkait penggunaan cat atau bahan finishingnya. Cat atau bahan finishing untuk berbagai material termasuk kayu seringkali berasal dari bahan-bahan kimia membahayakan. Padahal, bahan inilah yang akan secara langsung terpapar pada anak. Anak bukan hanya akan menyentuh, tapi pada masa oral juga rentan menjilat furniture-furniture bercat membahayakan tersebut.

Baca Juga:  Tipe Cat Besi Yang Cocok Digunakan

Cat Furniture Anak yang Aman dari Golongan Water Based

biocolours bioducBioduco, cat furniture anak yang amano
BioColours Bioduco, cat furniture anak yang aman

Untuk mengatasi persoalan ini, usahakanlah untuk selalu memilih furniture yang dicat dengan cat khusus yang aman. Anda bisa mengandalkan cat dari golongan water based yang secara umum jauh lebih aman dibanding solvent based.

Cat water based atau cat berbasis air adalah cat yang menggunakan pengencer atau pelarut air. Sedangkan cat solvent based adalah cat yang menggunakan pengencer solvent seperti thinner dan spiritus. Baik solvent maupun spiritus memiliki efek kesehatan sangat buruk karena dapat menghambat perkembangan serta pertumbuhan kecerdasan, fisik, dan mental si kecil.

Lalu bagaimana cara memilih cat furniture anak yang aman ketika kita langsung dihadapkan pada mebel-mebel yang sudah jadi?

  1. Pilih Furniture yang Ketika Baru Difinish Tidak Berbau Menyengat

Bau menyengat pada cat yang baru diaplikasikan menandakan pelarut yang digunakan adalah solvent sehingga tidak aman digunakan.

  1. Jangan Memilih Furniture Anak yang Bahan Finishing-nya NC dan Melamine

Baik NC maupun melamine mengandung zat-zat berbahaya, selain juga menggunakan pelarut minyak.

  1. Tanya Langsung ke Penjual

Coba tanya langsung ke penjual mengenai kualitas keamanan produk yang dijualnya. Biasanya, bila yang dijual adalah furniture anak dengan cat water based, ia akan paham karena hal itu adalah nilai tambah tersendiri.

  1. Apakah Ada Label Khusus?

Cek apakah ada label aman dan ramah lingkungan serta menggunakan cat furniture yang aman atau tidak.

  1. Kenali Track Record Perusahaan

Kalau perlu, lalukan “penelitian” kecil-kecilan dengan mengecek background perusahaan furniture yang Anda beli.

  1. Pesan Saja Sendiri

Daripada susah-susah, kenapa tidak memesan sendiri? Cat water based memang tidak mudah didapat di toko-toko, tapi pembelian via online bisa Anda lakukan untuk mendapatkan cat aman tersebut.

Baca Juga:  Finishing Kusen Dengan Produk Merk Cat Kayu Water Based Biovarnish

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X