Hasil Cat Duco Kayu Tahan Air Untuk Kitchen Set

Hasil Cat Duco Kayu Tahan Air Untuk Kitchen Set

Peralatan masak di dapur membutuhkan almari yang berfungsi untuk menyimpan semua perlatan dapur tersebut. Sehingga berbagai serangga bahkan jamur tidak akan merusak peralatan masak di dapur. Biasanya serangga masuk karena menggerogoti lemari tempat penyimpanan yang terbuat dari kayu. Almari dapur yang tergabung dari lemari gantung, lemari bawah ini disbeut dengan kitchen set. Untuk kitchen set yang mudah rusak biasanya ada dua faktor yang mempengaruhi yaitu karena jenis kayu yang kurang bagus kemudian karena bahan finishing yang tidak berkualitas.

Baca Juga : macam macam spray gun

Pemilihan cat anti air untuk kayu selama ini banyak dilakukan masyarakat karena hanya jenis pilihan warnanya saja. Padahal warna bukanlah cara yang tepat untuk mengukur kualitas usati produk cat. Cat tidak hanya memberikan tampilan warna dan tingkat glossy saja tetapi juga untuk memberikan perlindungan pada material kayu. perlindungan yang diberikan dari jenis cat berkualitas antara lain adalah tahan panas, tahan air, tahan gores, anti jamur dan anti serangga. Sehingga apabila cat yang digunakan sudah mengandung bahan anti serangga maka rayap tidak akan mudah untuk masuk ke dalam kayu.

Untuk jenis cat kayu berkualitas yang banyak dibutuhkan masyarakat adalah cat kayu water based. Cat jenis ini sangat dibutuhkan karena juga tidak menimbulkan polusi udara bahkan aman digunakan di dapur yang berkaitan dengan makanan. Di Indonesia saat ini muncul berbagai macam jenis cat water based yang bisa Anda gunakan dan juga bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Selain pemilhan cat, pemilihan material kayu yang kuat dan bagus harus diperhatikan. Jenis kayu memang bervariasi tetapi tidak semua jenis kayu tersebut mampu memenuhi kebutuhan furniture kitchen set.  Harga kayu pun bervariasi mulai dari yang mahal hingga murah tergantung dengan kualitasnya.

Kayu Pilihan Untuk Pembuatan Kitchen Set

Bagi pengrajin biasanya jenis kayu untuk kitchen set yang digunakan disesuaikan dengan budget. Beda halnya jika untuk para penghobi yang biasanya menggunakan jenis kayu mahal karena ingin lebih memperlihatkan hasil yang sempurna. Sebelum masuk ke tahapan finishing dan juga tahapan pembuatan maka Anda bisa memilih jenis kayu berikut ini:

  1. Kayu jati

Jenis kayu jati adalah yang paling dicari, tetapi mendapatkan kayu jati dengan harga murah akan sangat sulit. Kebanyakan kayu jati memiliki harga yang mahal karena kualitas dari kayu yang nomor satu. Dari kekuatan dan ketahanan kayu jati mendominasi jenis kayu lainnya. Kayu jati sendiri memiliki resin yang tidak disukai oleh serangga sehingga rayap tidak suka bersarang didalamnya. Bobot dari kayu jati sangat berat sehingga ketika pemasangan sebagai lemari gantung harus sangat kuat.

  1. Kayu merbau

Kayu merbau adlaah jenis kayu yang banyak diprofuksi dari Maluku dan Papua. Kayu merbau memiliki tingkat keawetan di bawah kayu jati tetapi untuk ketahanannya tidak jauh berbeda dengan kayu jati. Warna kayu merbau yang kehitaman dan kemerahan ini akan menampilkan gaya yang elegan pada dapur Anda.

  1. Kayu kelapa

Kayu kelapa adalah pilihan kayu kelapa nomor tiga setelah jati dan merbau. Apabila Anda membutuhkan warna kayu yang hitam dengans erat lurush dan teratur gunakanlah kayu kelapa. Bentuknya yang lurus membuat kayu kelapa mudah untuk dibuat. Apabila Anda membutuhkan kayu kelapa dengan warna asli Anda bisa menggunakan warna natural.

  1. Kayu mahoni

Kayu mahoni memiliki kualitas ketahanan dan kekuatan yang cukup baik dibandingkan dengan kayu lunak. Kayu mahoni memiliki warna yang kemerahan dan serat yang halus. Kayu mahoni memiliki warna merah yang lebih muda dibandingkan dengan kayu merbau. Teksturnya yang lebih lunak membuat lebih mudah untuk dibentuk.

  1. Kayu sonokeling

Jenis kayu sonokeling memang jarang digunakan untuk kitchen set karena warnanya yang hitam dan teksturnya yang halus. Kayu sonokeling jika digunakan sebagai kitchen seta dapat memberikan ketahanan yang sangat bagus. Untuk mendapatkan tampilan yang elegan pilih cat warna natural kayu sonokeling.

  1. Engineering wood

Kayu buatan ini terdiri dari berbagai macam jenis speerti plywood, barcore, particle board, dll. Untuk memperliuhatkan serat, semua jenis kayu tersbut dilapisi dengan veneer yang kemudian bisa difinishing dengan warna natural. Kayu buatan cenderung lebih ringan sehingga untuk digunakan sebagai kitchen set sangat menarik.

Penggunaan Cat Duco Kayu Tahan Air Untuk Kitchen Set

Setelah Anda menentukan jenis kayu yang akan digunakan maka selanjutnya adalah memilih bahan finishing yang tepat dan juga mampu melindungi dengan baik. Salah satu jenis bahan finishing water based yang bagus untuk kitchen set adalah BioColours Bioduco. Produk BioColours Bioduco adalah cat kayu water based yang aplikasinya hanya dengan air dan spray system. Bahkan untuk proses aplikasi tidak tergantung pada panas matahari.

Apa Itu Cat Duco?Aplikasi BioColours dengan spray system ini meliputi BioColours Wood Putty, Primer Coat, BioColours Bioduco, dan BioColours Clear Coat. Keempat lapisan dari BioColours akan memberikan lapisan film yang kuat dan juga lapisan film yang melindungi.  Untuk pilihan warna, terdapat 45 pilihan warna cat duco yang sangat bervariasi sehingga bisa Anda aplikasikan pada semua jenis gaya. Misalnya Anda ingin mendapatkan dapur dengan gaya Mediterania maka Anda bisa memilih 5 tingkatan warna biru mulai dari deep blue, blue, ocean blue, pacific blue dan diamond blue.

Untuk tampilan dari kitchen set terdapat lima tingkatan glossy seperti gloss, semi gloss, matt, death matt dan juga doff. Tingkatan glossy ini juga akan Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Untuk hasil finishing yang rata dan halus hal yang perlu perhatikan ketika melakukan spray system adalah jarak spray gun dengan material, besarnya bukaan tekanan angin dan juga besar kecilnya bukaan jarum spray.

Hal paling utama yang harus Anda perhatikan adalah keselamatan aplikator yaitu diri Anda dan juga pengguna kitchen set. Cat BioColours Bioduco adalah cat yang produksinya memperhatikan standar regulais ECHA (European Chemical Agency) dan juga US EPA  (Enviromental Protection Agency). Sehingga tidak ada kandungan bahan kimia berbahaya yang akan mempengaruhi kesehatan manusia dan juga lingkungan hidup.

Untuk kandungan VOC (Volatile Organic Compound) hanya 100 gr per liternya sedangkan batas maksimal yang ditentukan oleh US EPA adalah 350 gr per liternya sehingga Anda tidak pelru khawatir akan muncuk polusi udara di dalam ruangan.

4 Langkah Penggunaan Cat Bioduco untuk Kitchen Set

Jika Bioduco adalah cat yang memiliki banyak kelebihan dari segi warna dan perlindungannya, bagaimana dengan langkah aplikasinya? Untuk mendukung proses aplikasi, Bioduco juga bisa diaplikasikan dengan kuas. 

Kebanyakan cat dengan warna solid biasanya diaplikasikan dengan spray system. Langkah tersebut biasanya dianjurkan oleh pabrik pembuatan cat. Namun belum tentu DIY di rumah atau orang awam memiliki alat semprot lengkap. 

Dengan begitu, kuas menjadi pilihan yang bisa digunakan untuk proses aplikasinya. Bioduco memberikan solusi terbaik bagi Anda yang ingin mengecat kitchen set dengan mudah. Ada empat langkah yang bisa diikuti untuk proses pengecatan kitchen set berikut ini. 

  • Memperbaiki kerusakan pada kayu

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah memperbaiki kerusakan yang biasanya terdapat pada permukaan kayu. Contohnya adalah rusak lubang paku atau rusak karena rayap. Lubang ini harus ditutup menggunakan Bioduco wood putty. 

Cukup dengan mengisi lubang tersebut dengan wood putty dan pastikan sebelumnya kayu sudah di amplas. Isikan dan ratakan menggunakan scrape, baru tunggu selama 20 menit tanpa dijemur. Lanjutkan dengan pengamplasan, gunakan amplas nomor 240. 

  • Memberikan lapisan primer

Fungsi dari primer adalah untuk menutup warna kayu sehingga tampilan warna duco lebih merata. Bioduco primer coat akan menutup warna dan serat kayu sekaligus karena daya tutupnya yang lebih tinggi. Sehingga nantinya cat duco bisa lebih mudah diaplikasikan dan hasilnya maksimal. 

Cara mengaplikasikannya, larutkan primer coat dengan air perbandingan 2:1 aduk merata. Diamkan kitchen set supaya kering selama 60 menit kemudian. Amplas permukaannya dengan amplas nomor 400 secara ambang. 

Ulangi aplikasi primer apabila warna dari kayu belum tertutup secara maksimal. Cara aplikasinya pun sama. 

  • Mengaplikasikan cat duco

Saatnya untuk menggunakan Bioduco solid color. Anda hanya perlu memilih warna mana saja yang tepat, kemudian larutkan dengan air. Proses pelarutannya sama dengan primer yaitu 2 bahan : 1 bahan. Baru kuaskan cat duco merata hingga warna berubah menjadi lebih tajam. 

Kuaskan cat duco yang sudah dilarutkan searah saja, kemudian biarkan cat kering selama 60 menit. Tidak perlu menjemur. Setelah kering baru amplas kembali dengan kertas amplas nomor 400. Jangan lupa bersihkan debu amplas setelah selesai. 

Cat duco ini juga bisa diulangi aplikasinya hingga Anda mendapatkan warna sesuai yang diinginkan. 

  • Mengaplikasikan top coat

Lapisan terakhir yang digunakan adalah Bioduco top coat. Lapisan warna transparan ini memiliki dua pilihan tampilan yaitu matte dan gloss. Namun karena Anda ingin menggunakannya pada kitchen set, maka disarankan untuk aplikasinya adalah top coat gloss saja. 

Alasannya adalah tampilan kilap mampu memperlihatkan kesan mewah. Selain itu gloss juga bisa menyamarkan kerusakan akibat goresan. Jadi walaupun kitchen set sering digunakan tampilannya tidak akan mudah untuk kusam. 

Langkah mengaplikasikan ini sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengikuti semua tahapan dengan benar. Jangan lupa juga untuk alat yang digunakan sebaiknya kuas dengan bulu nilon karena tidak menyerap air berlebihan dan tidak kering. 

Pastikan Anda menggunakan kuas bulu nilon yang kualitasnya paling baik. Karena pengaruh yang diberikan dari kualitas ini sangat tinggi. Khusus untuk lapisan top coat sebaiknya Anda menggunakan kuas baru karena hasil warnanya transparan. 

Jika menggunakan kuas kotor otomatis akan mempengaruhi tampilan dari kayu. Sebaiknya Anda memperhatikan hal yang kelihatannya sepele ini karena mempengaruhi hasil finishing. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X