Cara Menggunakan Sanding Sealer Kayu Kelapa yang Tepat

Cara Menggunakan Sanding Sealer Kayu Kelapa yang Tepat

Apakah Anda sering memilih kayu kelapa sebagai bahan furniture atau bahan untuk membuat konstruksi rumah? Jika iya sudahkah Anda memilih bahan finishing yang tepat untuk digunakan atau bagaimana cara menggunakannya yang tepat? Produk yang terbaik untuk finishing kayu kelapa tersedia banyak di toko bahan bangunan dan toko bahan finishing lainnya, namun manakah yang akan Anda pilih?

Sebelum melakukan finishing pada kayu kelapa maka sebaiknya Anda mengetahui karakteristik kayu kelapa sehingga akan lebih mudah memperlakukan dalam proses finishingnya. Kayu kelapa adalah jenis kayu eskotis yang banyak ditemukan di dekat pantai.

Pertumbuhannya dalam cuaca yang berangin dan juga di berbagai macam cuaca membuatnya sangat kuat dan juga keras. Banyak konstruksi rumah yang menggunakan kayu kelapa karena ketahanannya terhadap panas hujan serat rayap dan juga jamur.

Namun walaupun kuat harganya tidak terlalu mahal karena kemudahannya untuk didapatkan. Kayu kelapa tidak bisa memilik ukuran yang besar karena batang dari kayu kelapa cukup kecil. Kelebihannya adalah mereka tidak memiliki mata kayu yang akan mempersulit proses finishing dan proses pengolahannya menjadi furniture.

Cara Menggunakan Sanding Sealer Kayu Kelapa yang TepatKelebihan dari kayu kelapa ini membuat Anda tidak boleh memilih sembarangan memilih bahan finishing. Sedangkan untuk hasil finishing yang menarik untuk diterapkan adalah cat kayu water based dengan hasil warna natural transparan. Hasil ini akan memperlihatkan warna kayu kelapa yang eskotis dengan serat lurus yang beraturan dan sangat terlihat.

Jenis Bahan Finishing yang Tepat Diaplikasikan Pada Kayu Kelapa

Keindahan penampilan dari kayu kelapa membuat Anda tidak bisa untuk menutup warna kayu kelapa asli dengan cat kayu warna solid. Nah untuk itu aplikasi menggunakan pernis atau plitur sangat dibutuhkan. Ketika Anda akan menggunakan kayu kelapa sebagai furniture outdoor seperti pada teras atau balkon maka lapisan cat yang dibutuhkan tidak hanya satu namun semakin banyak semakin baik.

Baca Juga:  Floating Houses Jenis Resto yang diminati

Lapisan yang banyak ini biasanya terdiri dari wood filler, sanding sealer, wood stain dan juga top coat. Namun di sini Anda akan mendapatkan warna yang cukup berubah karena penggunaan wood stain yang merupakan pewarna kayu natural transparan.

Cara Menggunakan Sanding Sealer Kayu Kelapa yang Tepat
kayu kelapa yang sudah dilapisi sanding sealer

Anda bisa memilih bahan finishing yang terdiri dari sanding sealer dan juga top coat. Dalam aplikasi ini sanding sealer akan bekerja sebagai cat dasar kayu sedangkan top coat akan bekerja sebaga lapisan pelindung. Nah hasilnya tentu saja warna kayu kelapa akan transparan dan juga lebih tajam Anda tidak perlu khawatir dengan hasilnya karena perlindungan akan diberikan dengan sangat baik.

Manfaat sanding sealer sebagai cat dasar harus didapatkan dengan memilih cat kayu yang kuat. Merk sanding sealer yang kini banyak digunakan oleh DIY dan juga perusahaan furniture ekspor adalah BioColours. Produk ini lengkap dan Anda bisa menemukan sekaligus bersama dengan top coatnya.

Mengapa Anda harus menggunakan BioColours sebagai lapisan cat untuk kayu kelapa? Mulai dari sanding sealer dan juga top coat water based merk ini memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya. Keuntungan yang didapatkan antara lain adalah kecepatan kering sangat tinggi, proses aplikasi yang mudah dengan alat semprot serta keamanan yang sangat baik.

Berbicara masalah keamanan sanding sealer BioColours terbuat dari bahan air sehingga bahan pelarut yang digunakan juga air. Apabila Anda ingin menggunakannya tidak perlu khawatir akan kandungan formalin bahkan timbal yang tinggi.

Semua kandungan toxic yang digunakan telah dibatasi dan disesuaikan dengan regulasi luar negeri seperti ECHA dan EPA. Kedua regulasi tersebut mengatur kandungan bahan kimia yang terdapat dalam cat sehingga aman digunakan di lingkungan manusia.

Baca Juga:  Tips dan Trik Menggunakan Kuas Saat Mengecat Kayu

Inilah yang juga menjadi salah satu syarat kemudahan masuknya furniture Indonesia masuk ke area Eropa, Jepang dan juga Amerika. Di ketiga negara tersebut penggunaan bahan cat pada furniture sangat dibatasi dan juga sangat detil sehingga penggunaan bahan cat dari solvent seringkali ditolak.

Sanding sealer BioColours akan memberikan hasil transparan tahan lama dan juga menutup pori kayu dengan baik. Hanya menggunakan sanding sealer dan top coat untuk finishing kayu kelapa akan menghasilkan finishng open pore yang berkualitas.

Cara Finishing Open Pore dengan Sanding Sealer BioColours

Finishing open pore adalah memperlihatkan serat kayu dengan lapisan cat warna transparan yang bening. Namun bukan berarti pori kayu yang berfungsi untuk menyerap kelembaban tidak akan ditutup. Fungsi dari sanding sealer adalah cat dasar kayu sehingga akan menutup pori kayu menjadi baik dan menjad landasan yang bagus untuk top coat.

Cara Menggunakan Sanding Sealer Kayu Kelapa yang Tepat
kayu kelapa yang belum difinishing

Proses aplikasinya pun mudah namun terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan kayu kelapa. Persiapan yang dibutuhkan adalah pengamplasan dan penghilangan debu amplas. Untuk proses pengamplasan Anda harus bisa menggunakan amplas kasar terlebih dahulu karena permukaan kayu kelapa cukup keras dan kasar. Amplas yang digunakan akan sedikit boros.

Apabila pengamplasan yang dilakukan sudah selesai lanjutkan dengan membersihkan debu amplas. Debu ini bisa dibersihkan dengan baik apabila Anda menggunakan kain mikrobfiber yang akan menghapus debu dengan benar. Jika sudah maka material kayu kelapa sudah siap untuk dilapisi cat.

Berikut ini langkah-langkah aplikasi sanding sealer dan top coat BioColours.

  1. Campurkan terlebih dahulu sanding sealer BioColours dengan air, gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Siapkan kompresor dan spray gun, tuangkan larutan cat ke dalam tabung spray gun dan tutup.
  2. Semprotkan sanding sealer secara merata dan atur jarak semprot sampai 15 cm. Lakukan satu arah bolak balik dari atas ke bawah kemudian dari kanan ke kiri. Ini akan membuat lapisan cat benar-benar masuk ke dalam pori kayu. Dengan ini Anda akan mendapatkan hasil cat yang rata.
  3. Tunggu lapisan sanding sealer ini kering sekitar 60 menit tanpa harus dijemur. Anda cukup mendiamkan kayu kelapa dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.Setelah kering benar baru diamplas ambang dengan amplas 400. Jangan lupa bersihkan debu amplas.
  4. Lapisan akhr adalah top coat, Anda bisa memilih tampilan gloss atau matte. Setelah membeli sesuai kebutuhan campurkan top coat dengan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Campurkan dengan rata kemudian masukan ke dalam tabung spray gun yang telah dicuci setelah aplikasi sanding sealer.
  5. Cara menyemprotkan top coat bisa sama dengan cara Anda mengaplikasikan sanding sealer sebelumnya. Setelah itu Anda bisa langsung menunggu kering selama semalaman. Lapisan akhir ini tentu saja akan membantu Anda mendapatkan hasil yang sempurna dan kering benar sebelum menggunakan kayu kelapa.
Baca Juga:  Tips Memilih Warna Cat Duco Kayu untuk Furniture Anak

Hasil finishing ini akan bertahan selama lebih dari 3 tahun di dalam ruangan. Jika Anda ingin lebih awet lagi gunakan  bahan poles kayu seperti Biopolish Beeswax agar lapisan top coat mengkilap tahan lama.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X