Bahan Cat Pengganti Melamin Kayu

Bahan Cat Pengganti Melamin Kayu

Semua orang menginginkan furnitur yang bagus, bukan? Kami percaya Anda juga. Untuk mendapatkan furnitur yang baik, Anda harus tahu jenis cat apa yang Anda gunakan sebelum mengaplikasikannya pada kayu / furnitur. Tentu saja Anda harus tahu perawatan kayu juga.

Banyak pengetahuan tentang cat dapat menghemat waktu dan uang Anda. Anda juga dapat memilih cat yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa orang masih menggunakan cat berbasis solvent. Namun ada cat berbasis pelarut yang cenderung beracun. Ini adalah cat melamin. Cat melamin adalah cat yang memiliki 2 komponen yang berasal dari pengikat alkida amino dan asam sebagai pengeras.

Cat melamin cepat kering dan film kering memiliki sifat keras, halus dan tebal. Cat melamin juga memiliki ketahanan yang baik terhadap pelarut. Cat melamin sebagai cat berbasis pelarut juga memiliki kelemahan. Karena cat Melamin terdiri dari 2 komponen maka pencampuran harus dilakukan dengan hati-hati agar tercipta film yang bagus. Selain itu, pada pembentukan film, cat melamin memiliki emisi formaldehyde. Bahan-bahan ini beracun. Jadi melamin tidak bisa digunakan untuk furnitur anak-anak. Di banyak negara, cat melamin tidak digunakan lagi.

Bahaya Melamin Bagi Kesehatan

Kata organik biasanya adalah istilah positif untuk dilihat pada label produk. Tetapi dalam kasus senyawa organik yang mudah menguap (VOC) pada melamin, Anda tidak menginginkan bagian apa pun jika Anda mencoba menjalani kehidupan yang lebih hijau. Senyawa kimia ini berada dalam berbagai produk salah satunya melamin yang mungkin Anda gunakan di sekitar rumah Anda, dan paparan terhadap mereka dapat menjadi tidak sehat untuk anak-anak, orang tua dan orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang dikompromikan. Mereka juga tidak bagus untuk orang dewasa yang sehat.

Bahan Cat Pengganti Melamin KayuCat rumah adalah tempat umum Anda akan menemukan beberapa senyawa organik yang mudah menguap, dan beruntung bagi Anda, mereka juga salah satu yang mudah dihindari. Yang perlu Anda lakukan adalah meminta toko cat lokal Anda untuk menunjukkan cat VOC rendah dan kemudian periksa labelnya.

Dalam cat rumah, VOC dilepaskan ke udara begitu cat berada di dinding, selama proses pengeringan. Setelah gas-gas ini berada di udara yang Anda hirup, mereka bisa menyebabkan pusing atau sakit kepala yang buruk. Berapa banyak VOC yang masuk ke udara tergantung pada jenis cat yang Anda miliki.

Tingkat VOC dalam ruangan normal biasanya berdiri di sekitar 50 persen lebih dari udara luar. Tapi ketika Anda sedang melukis atau melucuti cat, tingkat ini bisa naik hingga 500 hingga 1.000 kali sebagai tingkat udara luar yang lebih bersih.

Mengenai bagaimana VOC berada di udara, itu tergantung pada seberapa baik Anda mengventilasikan area selama dan setelah melukis, serta berapa banyak VOC berada di cat yang Anda gunakan. Mereka menurun perlahan seiring waktu, tetapi kipas angin dan beberapa jendela yang terbuka akan sangat membantu dalam menghilangkan udara dari asap yang tidak sehat.

Para ahli tidak akan mencatat dengan pernyataan di seluruh badan untuk berapa lama ini bisa, tetapi rumah baru yang memiliki banyak bahan dan produk yang memancarkan VOC telah diketahui tetap “beracun” selama berbulan-bulan setelah konstruksi adalah lengkap.

Jika Anda hanya mengecat furnitur di rumah Anda, jagalah agar tetap berventilasi saat Anda melukis, dan ruangan itu akan baik-baik saja setelah satu atau dua hari. Hindari tidur di kamar di mana Anda mengecat baru-baru ini, atau lebih baik lagi, hanya membeli cat VOC rendah atau tidak ada untuk memulai sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Cat Pengganti Melamin yang Aman

Melihat bahayanya VOC yang keluar dari melamin dan mencemari udara maka Anda sebaiknya mengganti jenis cat yang digunakan. Jangan gunakan bahan cat melamin lagi karena cukup berbahaya digunakan di lingkungan rumah.

Di luar negeri cat melamin sudah dilarang penggunaannya baik utntuk tingkat DIY maupun pada tingkat industri. Walaupun saat ini masih banyak pabrik yang masih menghasilkan cat melamin dan masih banyak pula yang menggunakannya.

Kesadaran harus dibangun sejak saat ini agar tidak terlambat menyadarinya di masa depan. Banyaknya produk melamin yang masih tersebar karena belum ada yang dapat menandingi produk tersebut. Namun kini berbeda, karena Anda bisa membeli bahan cat yang dapat menggantikan melamin dan aman.

Bahan cat yang banyak digunakan untuk menggantikan melamin adalah cat water based. Cat ini berbahan dasar air sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan thinner atau bahkan membelinya. Pelarut thinner hanya akan meningkatkan nilai VOC yang terkandung dalam melamin sehingga kini Anda bisa menggantinya hanya dengan air.

Teknologi terbaru membuat bahan cat water based yang aman dan ramah lingkungan, sehingga membuat masyarakat dapat menggunakannya di tingkat manapun. Tidak ada lagi bahan cat yang akan mencemari udara kecuali Anda masih bertahan menggunakan cat melamin.

Bahan Cat Pengganti Melamin KayuKandungan VOC pada cat water based sangat rendah, karena menghilangkan kadar VOC pada cat tidak mungkin dilakukan sebab VOC adalah bahan dasar dari cat. Para perusahaan penghasil cat hanya menekan penggunaan VOC sedemikian rupa sehingga produknya dapat digunakan secara aman di lingkungan kantor maupun rumah.

Di Indonesia salah satu cat water based yang disarankan untuk menggantikan melamin adalah BioColours. Produk ini justru lebih baik dan tersedia dalam berbagai tingkat kilap. Anda tidak hanya akan mendapatkan hasil warna gloss namun Anda bisa memilih hasil dengan tingkat kilap rendah.

Cat BioColours tersedia dalam kemasan satu kilo dengan hasil finishing bisa untuk warna natural maupun solid. Anda cukup memilih manakah warna yang diinginkan dan mengaplikasikannya menggunakan spray gun. Proses aplikasi cukup sederhana Anda cukup mencampurkan dengan air dan menyemprotkannya ke permukaan substrat kayu.

Kelebihan yang tidak dimiliki melamin dari BioColours adalah waktu kering yang sangat cepat. Untuk proses aplikasi tidak bergantung dengan panas matahari. Jika melamin sepenuhnya perlu dijemur agar dapat kering dengan sempurna, BioColours dapat Anda diamkan dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

Perbadaan bahan pelarut yang digunakan sangat mempengaruhi. Thinner adalah solvent yang hanya dapat menguap dengan sempurna dengan adanya panas matahari. Jika Anda mendiamkannya dalam cuaca yang lembab atau hujan maka hasilnya akan timbul efek memutih yang tidak bisa Anda hilangkan kecuali dengan proses recoating.

Sedangkan bahan pelarut air dapat menguap dengan sempurna baik dalam kondisi hujan. Kondisi yang lembab hanya akan memperlambat proses pengeringan namun hasilnya akan kering dengan sempurna. Tidak akan ada efek memutih yang membekas dan Anda akan mendapatkan permukaan transparansi yang tinggi.

Kini keputusan di tangan Anda apakah Anda akan tetap menggunakan bahan cat yang berbahaya seperti melamin atau beralih menggunakan cat water based yang aman dan ramah lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X