Bagaimana Mengecat Kursi Kayu Palet untuk Hasil Black Wash?

Bagaimana Mengecat Kursi Kayu Palet untuk Hasil Black Wash?

Finishing wash merupakan salah satu finishing yang khas untuk digunakan dalam semua gaya vintage. Furniture yang di finishing dengan wash akan memperlihatkan kesan lama, tua atau telah kayu yang telah terkena panas matahari, hujan atau suhu lainnya. Bahkan goresan akan muncul karena kerusakan yang ditimbulkan tersebut.

Semua akan sangat tampak alami, namun apakah mungkin untuk mendapatkan finsihingtersebut tanpa harus menunggu bertahun tahun lamanya? Menunggu kayu akan rusak dengan sendirinya dan menampilkan kesan eksotis dan artistik?

Saat ini Anda bisa mendapatkan hasil kayu dengan penampilan wash menggunakan lapisan cat. Hanya saja teknik finishing wash harus diterapkan dengan benar.  Ada dua hasil yang bisa Anda dapatkan.

Pertama adalah permukaan yang tetap halus dan datar, syarat untuk mendapatkan finishing ini adalah jenis kayunya. Jenis kayu yang digunakan harus memiliki serat menarik misalnya seperti kayu jati belanda.

Kedua adalah tampilan rustic. Hasil finishing rustic bisa Anda dapatkan untuk jenis kayu apapun. Furniture kayu akan mendapatkan tekstur yang telah Anda buat sebelum proses finishing berlangsung. Merusak kayu dengan alat berat harus benar-benar mencapai tampilan yang alami.

Masing-masing finishing tersebut memiliki tingkat kesulitan tersendiri namun sangat mungkin untuk diaplikasikan pada kursi kayu palet. Kayu palet biasanya terbuat dari kayu lunak seperti jati belanda atau pinus.

Kursi yang terbuat dari kayu ini memiliki tekstur yang lebih lunak sehingga mudah untuk menghasilkan permukaan yang halus atau permukaan rustic. Semua ada ditangan Anda untuk memilih.

Perbedaan Antara Finishing Black Stain dan Black Wash

Ada yang seringkali salah mengartikan antara finishing black wash dan finishing black stain. Keduanya sama-sama memiliki unsur warna hitam namun hasil yang diberikan sangatlah berbeda.

Baca Juga:  Gunakan Cat Kayu Duco untuk Menyempurnakan Furniture di Rumah

Seperti apakah black wash finishing dan black stain finishing? Jika Anda adalah pemula maka sangat penting untuk mengetahui perbedaannya. Jangan sampai salah mengartikannya karena bahan finishing yang digunakan berbeda. Jadi sebaiknya mengerti sejak awal bagaimana perbedaan kedua finishing ini. Berikut ini beberapa perbedaan yang didapatkan dari hasil finishingnya.

  1. Black stain akan memberikan tampilan halus dengan warna hitam yang merata. Sedangkan untuk Black wash sendiri warna hitam hanya meliputi bagian serat kayunya saja. Walaupun keduanya akan sama-sama menampilkan serat yang indah.
  2. Black stain bisa di finishing untuk tampilan gloss atau matte. Sedangkan untuk black wash hanya untuk menampilkan finishing warna matte saja. Kesan natural lebih ditampilkan pada black wash.
  3. Warna hitam dihasilkan dengan produk yang berbeda. Black stain menggunakan produk wood stain sedangkan black wash menggunakan produk Glaze. Beberapa pengrajin ada pula yang memanfaatkan cat warna hitam untuk mendapatkan hasil finishing black wash.
Bagaimana Mengecat Kursi Kayu Palet untuk Hasil Black Wash?
Finishing black stain

Inilah perbedaan yang perlu Anda ketahui agar tidak salah dalam memilih antara finishing black wash dan black stain karena hasil finishingnya sangatlah berbeda.

Jenis Cat yang Digunakan untuk Finishing Black Wash

Cat kayu yang disarankan untuk digunakan sebaiknya adalah cat berbahan dasar air. Cat yang memiliki bahan dasar air dan pelarut air biasanya memiliki hasil yang lebih jernih. Cat kayu water based yang direkomendasikan di sini adalah Biovarnish.

Cat ini akan menghasilkan finishing kayu yang halus dan juga rata. Anda bisa mendapatkan hasil finishing hanya dengan air dan alat kuas saja. Khusus untuk finishing ini tidak menuntut kesempurnaan hasil sehingga Anda tidak harus takut akan brush mark atau bagian cacat finishing yang lainnya.

Baca Juga:  Merk Sanding Sealer Terbaik untuk Finishing Bambu

Apa saja keuntungan finishing black wash yang menggunakan cat kayu Biovarnish? Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan.

  • Warna yang sempurna

Anda akan mendapatkan warna untuk kursi kayu palet yang sempurna. Serat kayu yang dasarnya sudah menarik akan terbantu dengan bahan cat dari Biovarnish. Setiap lapisan cat akan memberikan warna dasar, warna hitam dan juga menajamkan serat kayu.

  • Ketahanan sempurna

Masing-masing lapisan yang telah Anda aplikasikan akan memberikan perlindungan terhadap kursi kayu. Membuatnya lebih tahan terhadap panas dan kelembaban udara. Lapisan coating dari bahan terakhir yaitu clear coat akan membuat Anda menjadi lebih kuat namun tetap fleksibel dengan perubahan bentuk kursi.

  • Tampak natural

Kesan natural seolah olah kursi tidak mengalami proses pengecatan. Inilah hasil yang paling banyak dicari. Anda akan memberikan efek black wash dan kesannya itu terjadi secara alami. Tentu semakin natural maka teknik yang Anda gunakan harus semakin baik.

  • Cepat kering

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna bahkan Anda tidak perlu menunggu lama. Semua lapisan cat yang telah diaplikasikan akan mengering dengan cepat. Cat kayu akan kering dalam waktu selama 60 menit tanpa harus dijemur dibawah panas matahari. Proses kering yang cepat akan membuat finishing selesai dalam satu hari.

Bagaimana Mengecat Kursi Kayu Palet untuk Hasil Black Wash?
Finishing black wash

Ingin mengetahui proses finishing black wash dengan Biovarnish? Ikuti langkah-langkah mudahnya berikut ini:

  1. Amplas permukaan kayu hingga menjadi halus. Anda bisa menggunakan amplas memulai dari kasar hingga amplas halus maksimal nomor 220. Amplas yang dipilih disesuaikan dengan permukaan kayu yang masih kasar. Semakin kasar maka gunakanlah amplas dengan nomor kecil. Bersihkan seluruh debu bekas pengamplasan sesudahnya.
  2. Campurkan cat kayu Biovarnish wood stain dengan air. Pilih warna walnut brown dan hanya membutuhkan satu lapisan tipis saja untuk memberikan warna dasar. Kumasukkan tipis saja wood stain yang sudah dilarutkan dengan kuas searah serat kayu. Tunggu lapisan mengering kemudian amplas dengan amplas halus nomor 400. Bersihkan debu amplas.
  3. Campurkan Biovarnish clear coat matte dengan air. Lapisan ini akan menjadi lapisan dasar sehingga efek black wash yang muncul sangat kuat. Kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu searah serat. Lanjutkan dengan proses pengeringan tanpa dijemur dan amplas ambang dengan amplas 400.
  4. Campurkan Biovarnish Glaze warna hitam dengan sedikit air. Larutkan namun pastikan tidak terlalu encer. Untuk mendapatkan warna hitam yang lebih mendominasi buatlah larutan yang masih kental. Kuaskan Glaze ke seluruh permukaan kayu searah serat. Diamkan sebentar lalu hapus dengan kain katun yang sudah dibasahi air dan diperas. Sisa Glaze yang masih melekat akan membentuk warna belang yang indah.
  5. Aplikasikan Biovarnish clear coat matte kembali. Fungsinya adalah untuk mengunci lapisan Glaze. Biovarnish Glaze sendiri tidak akan mengering apabila tidak dilapisi ulang dengan clear coat atau top coat.
Baca Juga:  Cara Mengecat Dinding Bergaris Sendiri

Hasil finishing yang akan Anda dapatkan akan bertahan lama. Anda bisa menggunakan kursi kayu palet yang selesai di finishing di segala ruangan. Kursi akan menguatkan gaya vintage yang diterapkan di dalam ruangan.

Bagi Anda yang akan mengirim kursi ke luar negeri maka proses pengeringan akan lebih lama. Anda harus mendiamkan furniture selama satu minggu agar benar-benar kering. Jika tidak penumpukan kursi akan menimbulkan cacat karena gesekan pada cat yang masih lunak.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X