Bagaimana Bekerja dengan Cat Enamel untuk Hasil Memuaskan

Bagaimana Bekerja dengan Cat Enamel untuk Hasil Memuaskan

Menggunakan cat enamel pada kayu dan besi kemudian muncul brush mark dan bekas sapuan kuas yang memperburuk tampilan furniture? Jangan khawatir karena inilah saatnya Anda untuk mengatasi masalah tersebut. Bagi Anda yang masih pemula dalam proses finishing, selalu belajar menegcat di setiap proyek yang telah diselesaikan akan membuat Anda menjadi lebih mahir dalam menghasilkan karya yang bagus.

Ada banyak cara yang bisa ditempuh agar hasil finishing memuaskan. Selain itu tidak sulit kok mengaplikasikannya dengan kuas. Asalkan bahan cat yang diolah tepat, kuas yang digunakan masih baru dan teknik aplikasi juga tepat. Selalu baca cara pemakaian cat terlebih dahulu untuk mengetahui karakteristik cat enamel.

Pernis dan cat enamel sangat berbeda. Walaupun sama-sama diaplikasikan dengan kuas dan seringkali bekas sapuan kuas pada Pernis tidak terlalu terlihat. Hal ini karena tampilan dari pernis kayu yang transparan. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal pada finishing menggunakan cat enamel ikut arahan yang benar.

Persiapan Mengecat dengan Cat Enamel

Mempersiapkan material adalah hal yang sangat penting dalam mengecat dengan cat enamel. Anda tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal jika substrat kayu dan bahkan besi tidak diamplas, ruangan kerja yang tidak sesuai bahkan alat yang digunakan bukanlah yang terbaik.

Mari mulailah dengan mempersiapkan ruangan. Apakah ruangan yang terbaik untuk finishing? Jangan gunakan ruangan sempit dengan banyak barang. Barang yang menumpuk akan menyimpan debu. Debu sangat berbahaya bagi cat yang basah, jadi usahakan lakukan proses pengecatan di dalam ruangan yang cukup luas.

Tutup lantai agar tidak terkena cat dan menjadi kotor. Anda bisa menutup lantai ruangan dengan koran agar cat tidak langsung menetes ke lantai. Lanjutkan dengan mempersiapkan ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Siapkan tempat untuk proses pengeringan furniture dengan benar. Anda akan mendiamkan furniture tidak tersentuh selama semalaman sebelum menggunakannya.

Baca Juga:  Interior Shabby Chic Untuk Dapur Dan Kamar

Ruangan juga harus terang, jika Anda melakukan finishing di siang hari pastikan terdapat sinar matahari masuk melalui jendela. Jika melakukannya di malam hari, siapkan lampu yang terang dan akan menyinari proyek Anda.

Apabila ruangan sudah bersih dan siap kini saatnya untuk mempersiapkan substrat kayu dan besi. Pengamplasan wajib dilakukan untuk menciptakan goresan dan membuka pori kayu. Ketika permukaan material selesai di amplas dan dibersihkan dari debu amplas maka lapisan cat enamel akan lebih mudah menempel.

Bagaimana Bekerja dengan Cat Enamel untuk Hasil Memuaskan
Mengamplas sangat penting untuk mempersiapkan kayu

Gunakan amplas kasar mulai dari nomor 180 hingga 220. Amplas harus dilakukan searah selat dan satu arah jika pada besi. Permukaan kayu dan besi yang sudah halus bisa dibuktikan dengan rabaan menggunakan telapak tangan Anda.

Pastikan juga kayu dan besi kering, ketika material masih basah cat enamel akan cenderung sulit menempel selain itu juga jamur bisa tumbuh dan juga karat. Jika perlu lakukan penjemuran material terlebih dahulu dan pastikan sudah benar-benar kering. Ketika sudah kering dan bersih barulah material kayu dan besi siap dilapisi dengan cat enamel.

Memilih alat adalah langkah selanjutnya, ada banyak jenis kuas yang bisa Anda pilih. Memilih kuas disesuaikan dengan jenis cat yang digunakan. Misalnya kuas nilon dapat digunakan pada jenis cat enamel water based. Sedangkan untuk kuas bulu alami khusus untuk cat enamel dari solvent.

Selain kuas bulu alami dan kuas nilon, Anda juga bisa menggunakan kuas busa yang kini banyak digunakan. Kuas ini bisa digunakan pada berbagai jenis cat enamel hanya saja tidak terlalu tahan lama karena busa mudah rontok setelah sekali dan dua kali pemakaian sehingga akan lebih boros.

Baca Juga:  Cat Kayu Kuas Bagus Untuk Furntiurie Kayu Mangga

Apakah Merk Cat Enamel yang Bagus?

Jika ingin mendapatkan hasil finishing yang halus dan lembut ketika Anda masih pemula maka jangan takut untuk membeli cat yang mahal. Cat dengan harga mahal membuktikan kualitas yang akan diberikan. Mengecat dengan bebas brush mark adalah hal yang sangat mudah.

Salah satu merk cat yang bisa Anda gunakan tidak lain adalah cat kayu water based Orchid. Sebagai cat enamel, cat ini bisa Anda gunakan pada segala furniture kayu dan besi bahkan pada pintu dan juga jendela. Khusus untuk kayu Anda perlu melapisi dengan cat primer water based dari BioColours untuk menutup pori dan menutup warna kayu.

Apabila kayu sudah dilapisi dengan primer coat maka akan lebih mudah untuk cat kayu besi Orchid menutup permukaan furniture kayu dan besi. Hasilnya adalah sangat keras, cat memberikan perlindungan dari luar agar furniture tidak ditumbuhi jamur, rayap dan juga karat.

Bagaimana Bekerja dengan Cat Enamel untuk Hasil Memuaskan
Aplikasi cat enamel pada besi

Khusus pada kayu, cat enamel water based ini bisa menyesuaikan perubahan bentuk kayu karena perubahan cuaca. Kayu yang sering memuai dan menyusut ni akan membuat furniture menjadi lebih tahan lama. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan proses pengecatan ulang dalam waktu dekat.

Apabila Anda memilih untuk menggunakan cat kayu besi Orchid ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan yakni sebagai berikut ini:

  • Proses pengeringan yang cepat yakni selama 60 menit Anda bisa mulai mengamplas dan melanjutkan proses aplikasi.
  • Bahan pelarut air membuat cat tidak terasa mahal dibandingkan dengan cat solvent di mana Anda harus membeli thinner sebagai bahan pelarut.
  • Cat tidak menimbulkan bau karena bahan dasar dan pelarut air yang bebas dari bahan organik membuat cat ini juga aman dan ramah lingkungan.
  • Tersedia dalam banyak warna, Anda bisa memilih 24 warna solid yang tersedia.
  • Diaplikasikan dengan kuas paling mudah dan bebas brush mark.
Baca Juga:  Pilih Cat Water Based Agar Tidak Keracunan Bahan Kimia Berbahaya

Jika persiapan dan juga produk cat sudah dipilih kini saatnya Anda untuk memulai proses aplikasi cat enamel yang mudah untuk hasil yang memuaskan. Pada contoh kali ini Anda bisa menggunakannya pada permukaan besi seperti pagar.

  • Amplas seluruh permukaan besi hingga halus. Jika terdapat karat, bersihkan karat dengan amplas. Gunakan amplas 220 dan raba apabila permukaan bebas karat dan sudah halus.
  • Mulai campurkan cat kayu besi Orchid dengan air. Gunakan perbandingan 4 bahan : 1 air dan aduk rata. Cat kayu besi Orchid dapat larut dengan cepat dan tidak mengendap.
  • Siapkan kuas kemudian masukan cukup pada ujung kuas sekitar 5 cm tidak perlu memasukan seluruh bulu kuas. Ketukan gagang kuas ke dalam wadah pencamur agar kelebihan cat pada bulu menetes.
  • Memulai kumasukkan dengan arah horizontal satu arah. pastikan Anda menggunakan kuas satu arah agar cat menjadi halus dan rata bebas brush mark. Jangan terlalu lama mengaplikasikan karena cat cepat mengering.
  • Apabila sudah rata diamkan furniture dan material besi selama 24 jam. Jika Anda mengecat pagar usahakan dilakukan pada pagi hari dengan cuaca yang cerah. Jika terjadi hujan maka akan merusak lapisan cat yang masih basah.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X