Apa Itu Cat Kayu Water Based?

Kemajuan teknologi mengenai produk cat sudah sampai tahap menciptakan cat kayu yang aman dan ramah lingkungan yaitu cat kayu water based.

Semakin tingginya kebutuhan manusia semakin tinggi pula teknologi berperan penting di dalamnya. Kemajuan teknologi berfungsi untuk memudahkan pekerjaan manusia, melestarikan alam dan juga sebagai tingkat kemajuan peradaban manusia. Salah satu fakta penting yang harus diketahui adalah munculnya produk cat kayu water based. Mengapa cat water based dianggap penting? Banyak kelebihan yang akan diulas pada artikel ini, akan tetapi pada intinya cat water based diciptakan untuk memenuhi ketiga fungsi dari kemajuan teknologi.

kelebihan-cat-water-based

Cat water based adalah cat berbasis air, mulai dari produksinya serta proses aplikasinya menggunakan air. Air sendiri dimanfaatkan karena mudah ditemukan dan aman dengan tidak terdapat kandungan kimia berbahaya untuk manusia. Buktinya cat kayu water based mampu bersaing dengan cat solvent yang sudah lama merajai dunia finishing.

Kelebihan Cat Kayu Water Based

Keunggulan demi keunggulan dari cat water based sangat mudah dijabarkan. Karena memang dari segala sisi cat water based lebih unggul dibandingkan dengan cat solvent. Maka tidak heran sedikit demi sedikit cat kayu water absed sudah bisa menggeser posisi dari cat solvent. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan cat solvent, karena rata-rata furniture masih menggunakan cat solvent atau cat minyak berpelarut thinner ini. Dengan ciri bau menyengat dan banyak diperjual belikan pada toko bangunan.

Berikut ini keunggulan dari cat kayu water based yang bisa dijadikan pertimbangan pemilihan cat kayu yang aman dan berkualitas bagi usaha Anda maupun cat pada hunian rumah Anda.

  1. Tidak memiliki bau. Cat yang memiliki bau selalu mengandung zat kimia berbahaya. Zat berbahya tersebut tentunya akan membahayakan kesehatan Anda dan anggota keluarga lainnya.
  2. Fleksibilitas film yang sangat baik. Dengan lapisan film yang kuat maka cat tidak akan mudah tergores atau bisa dibilang tahan terhadap goresan.
  3. Cepat kering. Cat water based cepat kering sehingga tidak tergantung oleh cuaca seperti panas matahari. Berbeda dengan cat solvent yang dapat kering jika dijemur pada panas matahari.
  4. Kualitas warna baik. Cat water based memiliki kualitas warna terbaik karena tampilan warna cerah akan Anda dapatkan.
  5. Tahan terhadap cuaca. Dengan lapisan film yang baik tersebut membuat cat water based mampu bertahan baik untuk furniture outdoor dan furnituire indoor. Anda tidak perlu takut lagi akan furniture yang mudah rusak lapisan catnya pada furniture indoor.
  6. Pasar ekspo. Untuk memasuki pasar ekspor saat ini cat berbasis air akan lebih mudah. Karena pasar ekspor lebih mementingkan penggunaan cat yang aman bagi manusia.
Baca Juga:  Tips Pengaplikasian Cat Aman untuk Sangkar Burung

Cat Kayu Water Based Menekan Biaya Produksi

Ada satu lagi kelebihan yang dapat dijabarkan secara rinci dari cat water based yaitu mampu menekan biaya produksi. Mengapa? Memang cat water based dibandrol harga yang lebih tinggi daripada cat solvent. Tapi mari kita berpikir lebih rinci lagi. Jika membeli cat solvent based dengan harga 60ribu dan Anda harus membeli bahan pencampur (spiritus) dengan harga 22ribu. Dengan perbandingan untuk cat solvent adalah 1(bahan): 4 (spiritus) maka uang yang harus Anda keluarkan adalah 148ribu untuk pengecatan dengan cat solvent 1 kilogram.

Bandingkan jika Anda membeli satu  kilogram cat kayu water based dengan harga 70ribu dan menggunakan air di rumah dengan membayar abonemen PAM saja dengan perbandingan 2(bahan):1(air). Maka uang yang harus Anda keluarkan adalah 70 ribu untuk ukuran cat dengan 1 kilogram. Sangat terlihat bukan untuk perbandingannya jika cat solvent Anda harus mengeluarkan jumlah uang 148ribu dengan cat water based Anda hanya membayar 70ribu saja. Lalu mana yang akan Anda pilih cat solvent atau cat kayu water based? Silahkan mencoba.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X