contoh-warna-dalam-ruangan

4 Panduan Memilih Cat untuk Interior yang Sempurna

Sebuah ruangan tidak akan memiliki tampilan segar tanpa adanya peranan dari cat. Namun pekerjaan mengecat adalah hal yang membutuhkan banyak tenaga dan waktu. Tergantung ukuran rumah Anda, proses mengecat sebuah ruangan bisa menjadi proyek yang mahal. 

Inilah pentingnya untuk memilih jenis warna yang akan digunakan dalam ruangan ketika Anda hendak memulai proyek mengecat. Pekerjaan mengecat akan terbayar jika Anda telah memilih warna yang tepat. 

Sangat penting untuk memilih warna kesukaan atau menyesuaikan dengan gaya yang dipilih. Namun ada hal yang lebih jauh lagi untuk dipertimbangkan yaitu perpaduan dengan furniture atau perabotan lainnya. 

Cat yang dipilih untuk ruangan harus bisa memperlihatkan keindahan furniture, dan terlihat tajam ketika terkena cahaya lampu. Seluruh bagian dari ruangan harus terlihat seperti highlight. 

Jika Anda masih bingung tentang pemilihan jenis warna cat maka sekarang berada di tempat yang benar. Pada artikel ini Anda bisa mengikuti empat tips terbaik pada saat memilih warna cat untuk interior ruangan. 

Tips 1. Dapatkan Lebih Banyak Inspirasi 

Jangan langsung pergi ke toko cat dan membeli sembarang cat yang cocok dengan bayangan atau furniture di rumah. Hal tersebut bisa berlanjut setelahnya. Pada awal pemilihan Anda harus tahu dari mana memulainya yaitu mendapatkan lebih banyak inspirasi. 

Sangat mudah mendapatkan inspirasi melalui internet bisa memuat banyak contoh ruangan dengan warna-warna tertentu. Langkah ini sangat menginspirasi siapa saja yang sedang bingung memilih cat. 

Cara kedua adalah mengikuti trend dalam beberapa pandangan. Majalah desain interior bisa menjadi ruang informasi terbaru untuk trend. Apakah trend pada saat ini memberikan warna yang berani, dramatis, atau justru kesan natural? Setiap bulan dan tahunnya warna bisa berubah. Inilah yang harus Anda perhatikan sejak awal. 

Baca Juga:  Kreasi Meja Tamu Unik dengan Bioduco Chalk Paint

Hal ketiga adalah tentukan focal point Anda. Kemanakah seseorang yang masuk ke dalam ruangan akan melihat? Faktir ini adalah kunci penting ketika Anda memilih warna. Jika anda memiliki karya seni lukisan maka pilih warna yang sesuai agar lukisan tersebut mudah terlihat. 

Tips 2. Ciptakan suasana ruangan

Mood, adalah salah satu faktor yang menimbulkan kenyamanan dalam sebuah ruangan. Setelah Anda menemukan banyak ide sekaligus informasi cobalah memikirkan soal mood. Setiap ruangan baik Anda merasakannya atau tidak akan memberikan mood secara khsus. Warna akan menciptakan suasana tenang atau tegang. 

Warna yang akan memberikan energi positif dalam ruangan bisa diterapkan pada ruangan yang sering digunakan. Misalnya saja seperti lorong rumah atau ruang keluarga. Pilihlah warna merah atau kuning yang akan menyeimbangkan energi dalam ruang. 

Warna yang bisa memberikan kesan tenang biasanya banyak digunakan untuk ruang beristirahat atau ruang baca. Kamar tidur, ruang belajar atau bekerja membutuhkan warna yang tenang ini. Beberapa pilihan menariknya adalah warna seperti biru, ungu, hijau. 

Warna netral juga harus masuk dalam hitungan. Warna ini akan memberikan mood nyaman dan lebih mudah untuk berkreatifitas. Pilihlah warna seperti abu-abu, beige, putih dan coklat. Warna ini sangat cocok dan mudah dipadukan dengan furniture atau dekorasi ruangan untuk menciptakan aksen. 

Tips 3. Memilih Sheen Level Terbaik

Setelah warna Anda juga harus memilih tampilan atau tingkat glossy dari cat. Tingkat glossy ini sering disebut sebagai sheen level. Setiap merk cat bisa memiliki tingkat glossy berbeda jadi sangat penting untuk mencobanya terlebih dahulu. 

Pertama adalah matte, tampilan ini akan menyerap cahaya. Pada finishing ini mampu menyembunyikan tampilan yang rusak atau tidak sempurna dari permukaan material. Sangat sulit untuk mengaplikasikan cat ini jika Anda hanya akan menumpuk di atas cat yang lama. 

Baca Juga:  Jenis-Jenis Spray Gun Yang Perlu Diketahui Sebelum Finishing

Kedua adalah satin yang akan memberikan tampilan terang namun tidak berlebihan seprti glossy. Cat satin lebih mudah dibersihkan dan banyak dipilih untuk semua jenis ruangan. Ketiga adalah eggshell dimana hasil finishingnya akan terang dan lebih tahan dibandingkan matte. 

Keempat adalah semigloss, tampilan ini mampu menyembunyikan noda yang biasanya menempel. Sangat cocok digunakan pada ruangan yang mudah kotor seperti dapur. Kelima adalah high gloss dimana pencahayaan akan berlebihan. Biasanya sering digunakan untuk finishing kabinet, kusen dan pintu. 

Tips 4. Lakukan Pengetesan Cat untuk Membandingkan Hasilnya

Sekarang Anda sudah memilih jenis cat yang tepat. Waktunya untuk mencoba hasil finishing. Anda mungkin terburu-buru untuk menyelesaikan finishing namun sebaiknya pastikan bahwa hasilnya tidak berbeda dengan yang diinginkan. 

Pertama adalah dapatkan contoh warna di tempat Anda membeli cat. Banyak sekali pilihan warna dan ketika sampai dirumah cobalah untuk memasangnya di dalam ruangan. Padukan dengan warna furniture lain atau dekorasi. 

Ketiga adalah cobalah untuk mengecatkan pada bagian yang tidak terlalu terlihat. Jika beruntung Anda bisa mendapatkan sampel dari toko cat and mengujinya di rumah sebelum membeli dalam jumlah banyak. 

Keempat adalah cobalah untuk memberikan lampu atau pencahayaan. Cat bisa saja berubah warna karena Anda memberikan cahaya. Lakukan langkah ini setelah cat mengering dan atur sumber cahaya seperti seluruh ruangan sudah dicat. 

Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Memilih Warna Cat

Pada saat memilih ada juga beberapa hal yang harus dihindari. Anda tidak boleh salah memilih cat sehingga banyak ketakutan terbesar yang akan mengacaukan pilihan. Tenang saja jika salah, Anda bisa menggantinya kapan dibutuhkan. 

Apa saja hal yang bisa mengacaukan pilihan Anda? Hindari beberapa kesalahan yang kerap kali tidak disadari berikut ini:

  • Takut untuk memilih
Baca Juga:  Jual Dempul Kayu Berkualitas di Yogyakarta

Ketakutan salah memilih, membutuhkan budget lebih banyak dan alasan lainnya akan menjadi masalah terbesar yang harus diatasi sejak awal. Anda bisa saja salah dalam memilih namun percaya diri di awal juga sangat penting. Selama Anda percaya diri dalam memilih maka akan meminimalisir kesalahan dalam pemilihan. 

  • Memilih terlalu banyak warna
macam-macam-warna-untuk-interior

Banyak sekali pilihan warna menarik yang tidak boleh dilewatkan. Namun bukan berarti semua warna harus dimasukan ke dalam  daftar pilih Anda. Terlalu banyak warna akan membuat ruangan jadi membingungkan. Pilih dua atau tiga warna dan padukan dengan perabotan atau gaya ruangan. 

  • Memilih terlalu sedikit warna 

Sebaliknya Anda juga sebaiknya menghindari pemilihan warna yang terlalu sedikit. 60% warna dominan berasal dari dining, 30% berasal dari perabotan, lantai dan jendela. 10% berasal dari dekorasi ruangan. Perhatikan pemilihan warna dari ketiga aspek ini untuk mencapai warna yang tepat. 

  • Mempercepat proses 

Sangat penting untuk memperhatikan proses, tidak perlu terburu-buru. Hasil pemilihan yang terburu-buru biasanya tidak akan tepat. Tidak perlu langsung membeli dan menggunakannya. Anda bisa mencoba hasil finishing di dinding selama 24 jam hingga 2 hari sebelum memilih manakah cat yang tepat. 

  • Melupakan aspek primer coat

Apapun yang hendak Anda finishing yang pernah lupakan aspek ini. Primer coat berfungsi untuk menutup warna asli material baik dinding hingga kayu. Anda bisa mendapatkan hasil finishing terbaik dari warna yang dipilih dengan bantuan primer. Cat primer akan menetralkan warna sehingga cat yang diaplikasikan di atasnya bisa lebih tajam. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X