dempul-kayu

Temukan Cara Mendempul Kusen Kayu Keropos

Apakah kusen di rumah Anda sudah mulai keropos? Temukan cara mendempul kusen kayu keropos yang mudah dan produk yang direkomendasikan di sini.

Apakah Anda sudah menghuni rumah lebih dari lima atau sepuluh tahun? Pasti sudah banyak bagian rumah yang harus diperbaiki terlebih jika Anda menggunakan kayu sebagai material pembentuk rumah. Jika material kayu yang digunakan tidak berkualitas maka harus segera diperbaiki.

Misalnya saja Anda tinggal di perumahan. Kebanyakan material yang digunakan adalah material borongan tanpa memperhatikan kualitas materialnya terutama kayu. Maka tentu masa penggunaan kayu juga akan ada batasnya.

Baca Juga : cara mendempul kayu dengan biovarnish

Hal ini dipengaruhi oleh faktor cuaca dan juga serangga perusak kayu seperti rayap. Misalnya saja bagian kusen kayu, jika kayu yang digunakan adalah softwood (kayu lunak) maka pasti sudah mulai melengkung sehingga pintu atau jendela tidak bisa ditutup. Selain itu juga kusen yang keropos pasti sudah dialami karena serangga seperti rayap paling mudah bersarang pada kayu lunak.

Maka dibutuhkan perbaikan sebelum kusen dirumah Anda benar-benar hancur dan Anda harus menggantinya dengan yang baru. Anda bisa menggunakan cara mendempul kusen kayu yang mudah.  Ada dua cara yaitu dengan menggunakan bubuk kayu kemudian dicampur dengan lem kayu dan di sisi ke dalam bagian yang keropos. Cara satu lagi adalah menggunakan dempul kayu.

Baca Juga : cara mengecat kusen kayu

Kedua cara di atas paling mudah adalah menggunakan dempul kayu. Anda tidak perlu mencari serbuk kayu dan mencampur dengan lem. Anda cukup membeli dempul kayu yang banyak dijual di pasaran dan mengisinya pada bagian yang keropos. Terlebih dahulu Anda mengecek seberapa banyak keropos yang sudah diakibatkan. Jangan tertipu dengan penampilan kusen yang utuh. Terkadang bagian dalam kayu sudah kosong karena sudah dihuni oleh rayap. Anda bisa melihat apakah di bagian sekitaran kayu banyak serbuk kayu yang berjatuhan. Jika iya, maka kusen harus segera diberikan dempul. Untuk cara mendempul kusen kayu yang mudah dan benar bisa Anda simak dalam artikel ini.

Harus Menggunakan Dempul Seperti Apa?

Dalam memilih dempul Anda tidak perlu bingung, bahkan untuk cara mendempul kusen kayu yang baik dan mudah. Walaupun banyak sekali dempul yang disediakan di toko bangunan atau toko online, Anda bisa mudah memilihnya asalkan Anda tahu jenis-jenis dempul yang digunakan. Gunakan dempul yang untuk kayu bukan untuk besi atau dinding karena memiliki formulasi dan fungsi yang berbeda. Dempul kayu sendiri dibedakan menjadi dua macam tergantung hasil yang ingin Anda dapatkan baik itu warna natural atau warna solid. Wood Filler adalah dempul kayu yang akan memberikan penampilan warna natural,  sedangkan wood putty adalah dempul atau plamir yang akan menutup warna kayu sehingga menghasilkan warna solid. Selain warna dempul kayu yang memberi nuansa pada kayu, fungsi lain dari wood filler atau wood stain adalah untuk mengisi pori-pori kayu.

dempul-kayu

Semua jenis ayu pasti memiliki pori-pori yang fungsinya untuk menyerap kelembapan dan juga tempat serangga bersarang. Nah jika pori-pori ini tidak ditutup dengan dempul tentu saja kayu akan mudah berjamur dan mudah dihinggapi serangga. Selain dari fungsi perlindungan tersebut, dempul kayu juga akan mempermudah proses finishing atau pengecatan. Permukaan kayu yang tidak rata akan sulit untuk diberikan cat karena akan banyak celah yang tidak terlapisi. Selain itu juga dari sisi penampilan, permukaan kayu tiak akan terlihat rapi bahkan untuk tingkat glossy akan tidak terlihat dengan baik. Tingkat glossy tinggi bisa didapatkan dengan baik jika permukaan kayu datar dan rata yang memudahkan pantulan cahaya masuk ke dalam mata. Dengan pentingnya fungsi dari dempul ini maka Anda tidak bisa meremehkan penggunaan produk yang satu ini terutama untuk perbaikan kusen kayu yang keropos.

Dengan fungsi dempul yang penting maka Anda bisa memutuskan dempul manakah yang akan Anda gunakan apakah itu Wood Filler atau Wood Putty. Jika Anda memilih wood filler maka Anda akan mendapatkan hasil warna natural transparan yang akana memperlihatkan warna asli kayu dan seratnya. Lapisan wood filler cukup tipis karena fungsinya yang tidak menutup wana kayu untuk warnanya biasanya tersedia warna kayu seperti jati atau mahoni.  Untuk wood putty, tentu Anda akan mendapatkan lapisan yang cukup tebal karena menutup warna kayu asli dan menghasilkan warna solid yang berbeda. Pilihan warna wood putty sendiri biasanya warna abu-abu atau putih.  Untuk cara mendempul kusen kayu menggunakan kedua jenis dempul tersebut tidak jauh berbeda yaitu menggunakan pisau scrape untuk mengisi bagian kusen yang keropos dan bisa menggunakan kain untuk bagian kusen yang tidak keropos. Cara ini cukup efektif agar dempul masuk ke dalam pori-pori kayu.

Cara Mendempul Kusen Kayu Paling Mudah

Untuk cara mendempul kusen kayu yang baik dan mudah Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menyiapkan dempul, peralatannya seperti pisau scrape dan kain katun bersih, amplas. Untuk contoh dempul yang akan digunakan adalah wood filler water based. Mengapa dipilih water based? Karena dempul water based tidak mengandung toxid yang berbahaya bagi tubuh sehingga baik itu debu amplas dan ketika Anda proses pengaplikasiannya tidak ada bau bahan kimia yang diserap oleh tubuh. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Membersihkan kusen kayu dengan amplas dan hilangkan lapisan coating sebelumnya dengan kertas amplas no. 180. Untuk hasil yang benar-benar bersih bisa dilihat dari serat kayu. Jika serat kayu sudah terlihat maka lapisan coating yang lama sudah hilang. Jangan lupa juga bersihkan bubuk bekas rayap pada bagian yang keropos. Kotoran yang ada pada kusen akan mengganggu penetrasi dempul masuk ke dalam proi-pori kayu.
  2. Gunakan BioCide Insecticide pada bagian yang keropos atau ke seluruh bagian kusen untuk menjaga atau melindungi dari bagian dalam.
  3. Gunakan pisau screpe untuk mengisi bagian kusen yang keropos dengan wood filler. Sedangkan untuk bagian lainnya Anda bisa mencampur wood filer dengan sedikit air kemudian gunakan kain dan dioleskan atau diusap sambil ditekan ke seluruh permukaan. Tunggu kering sekitar 20 menit kemudian amplas dengan kertas amplas no. 240.
  4. Setelah selesai amplas perhatikan apakah bagain permukaan yang keropos sudah terisi dengan baik, jika belum lakukan langkah aplikasi kembali hingga mendapatkan permukaan yang rata.
  5. Jika kusen sudah selesai diberikan dempul maka Anda sudah bisa melakukan proses pengecatan.

Merk Dempul Kayu Untuk Kusen yang Sering Digunakan

Jika Anda sedang mencari dempul kayu yang baik, pilihlah Biovarnish Wood Filler. Cara mendempul kayu kusen kayu dengan Biovarnish Wood Filler sama dengan cara yang tadi sudah dijelaskan. Produk Biovarnish ini adalah produk water based yang juga dilengkapi dengan anti jamur atau bakteri sehingga akan melindungi kusen kayu dari luar tidak hanya perlindungan dari BioCide Insecticide saja. Sehingga kusen di rumah akan mendapatkan double protection baik dari dalam dan juga luar. Selain itu juga keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah mudah untuk diamplas. Salah satu keunggulan dempul yang harus didapatkan adalah mudah diamplas, tidak keras saat diamplas dan juga tidak peeling. Ketika dempul menimbulkan peeling maka akan boros. Hal ini yang paling dihindari ketika Anda melakukan pendempulan terlebih dalam skala industri.  Produk Biovarnish Wood Filler bisa Anda akses sekarang juga dengan menghubungi nomor 0822 1935 7399 atau BBM di D69F376B.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X