chalk paint

Warna-Warni Menarik Sangkar Burung Kayu dengan Chalk Paint

Sangkar burung menjadi rumah yang sangat penting dan harus selalu diperhatikan para pemiliknya. Jika Anda tidak memperhatikan, maka kerusakan seperti jamur bahkan rayap tidak dapat dihindari. Bahkan selain itu, kesehatan burung juga bisa terancam karena Anda menggunakan jenis cat yang tidak aman. 

Keamanan sangkar burung harus diperhatikan karena cat selalu memiliki kandungan logam berat. Kandungan tersebutlah yang membentuk cat, sehingga Anda harus memperhatikan berapakah kadar yang ada di dalamnya. Cat yang mengelupas karena dipatuk oleh buruh beresiko tertelan dan inilah yang harus diwaspadai. 

Jika ingin aman, Anda bisa menggunakan Bioduco chalk paint. Cat ini sangat cocok untuk sangkar burung baik itu dari segi warna yang memberikan tampilan sempurna dan perlindungan yang diberikan. Tak hanya itu saja, kelebihan juga terletak pada proses pengecatan. 

Prosesnya ini akan lebih mudah hanya dengan kuas dan juga menggunakan air. Ditambah lagi ada dua jenis tampilan yang bisa didapatkan. Pertama adalah satu lapisan coating, kedua adalah dengan dua lapisan. Hasilnya berbeda dan sangkar burung akan tampak lebih indah. 

Kelebihan Menggunakan Chalk Paint pada Sangkar Burung

Bioduco chalk paint adalah produk yang merupakan primer coat. Hanya saja ada beberapa pilihan warna dibandingkan primer biasanya yaitu hitam dan putih saja. Ada 20 pilihan warna pastel baik itu gelap dan juga terang bisa dipilih. 

Selain banyak pilihan warna, ketika Anda menggunakan chalk paint ini ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan sebagai berikut:

  • Warna yang menutup sempurna

Primer berfungsi untuk menutup warna kayu atau serat alam secara maksimal. Daya tutup yang tinggi membuat Anda tidak akan melihat warna kayu asli kembali. Chalk paint akan memberikan warna sempurna, caranya adalah melapisinya dengan beberapa lapisan tips. Anda bisa menciptakan dua hingga tiga kali lapisan. 

  • Cat tidak menimbulkan bau
Baca Juga:  Alat Penyerap Lembab Ruangan, Mengatasi Kamar Berjamur

Aroma yang menyengat mengandung logam berat dan inilah yang membahayakan para burung di dalam sangkar. Sering menghirupnya akan membuat kesehatan burung menurun. Kandungan logam berat di dalamnya akan masuk ke saluran pernapasan dan mengganggu kesehatan. Karena didominasi oleh air, maka chalk paint tidak akan menimbulkan aroma keras yang mengganggu. 

  • Waktu pengeringan yang cepat

Cat yang kering lebih cepat akan membantu proses pengecatan. Bioduco chalk paint menawarkan proses kering cepat yaitu hanya 60 menit saja. Setiap lapisan bisa diulangi setiap jam dengan mengamplas terlebih dahulu. Sangat berbeda dengan produk lainnya yang butuh berjam-jam untuk proses pengeringannya. 

  • Keras dan lentur

Fleksibilitas menjadi jaminan utama lapisan coating bisa bertahan lama pada permukaan serat alam. Sangkar burung tanpa disadari selalu mengalami perubahan bentuk dan inilah yang membuat chalk paint sangat dibutuhkan. Ketika sangkar burung berubah ukurannya, chalk paint akan tetap mengikuti perubahan bentuknya. 

Pilihan Warna Menarik Chalk Paint untuk Sangkar Burung

Warna selalu menjadi pilihan utama. Anda tentu ingin mendapatkan sangkar yang warnanya sesuai dengan warna bulu burung. Ditambah lagi jika warna yang digunakan bisa bertahan lebih lama. Nah, Bioduco chalk paint menyediakan beberapa warna menarik yang bisa digunakan. 

Berikut ini beberapa pilihan warna yang bisa Anda manfaatkan:

  • French enamel

Bagi Anda yang ingin mendapatkan warna kayu yang sedikit gelap, maka french enamel adalah pilihan yang tepat. Warna hijau kebiruan yang tua ini cukup sulit didapatkan jika Anda menggunakan merk yang lainnya. Jika digunakan untuk dua warna, french enamel cocok untuk digunakan sebagai warna dasar. 

  • Yellow

Ingin warna cerah? Anda bisa menggunakan warna yellow yang sangat cerah ini. Kesan kuning yang diberikan sedikit lebih tua sehingga sekali diaplikasikan warna akan keluar. Warna kuning lebih cocok untuk digunakan tanpa warna lainnya. 

  • Teal blue
Baca Juga:  Cat Kayu Terbaik Untuk Kayu Ulin

Warna menarik lainnya adalah teal blue dimana warna ini bisa digunakan sebagai warna dasar atau warna kedua. Namun bisa juga digunakan sendiri tanpa adanya warna lain. Jenis burung yang cocok menggunakan sangkar berwarna ini adalah love bird. 

  • Expresso

Jika Anda ingin menggunakan warna yang lebih gelap dan sedikit natural, pilih warna expresso. Warna coklat yang dihadirkan cocok untuk jenis burung apa saja dan termasuk netral. Warna ini juga termasuk lebih mudah untuk didapatkan kesempurnaannya. 

  • Black

Tidak ada salahnya untuk memberikan warna hitam pada sangkar burung. Kesan yang diberikan dari warna ini adalah warna yang sangat elegan. Ketika Anda menggunakan warna ini, sangkar burung akan terus terlihat menarik. 

Cara Menggunakan Chalk Paint untuk Sangkar Burung

Saatnya untuk mengaplikasikan Bioduco chalk paint untuk sangkar burung. Baik itu untuk satu jenis bahan atau dua, alat yang digunakan tidak jauh berbeda. Alat harus berupa kuas berbulu nilon yang sangat lembut. Sisanya adalah bahan pelarut berupa air yang tawar dengan PH kurang lebih 7. 

Ada dua langkah yang bisa diikuti untuk proses aplikasi yaitu untuk satu warna dan dua warna. Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti langkah ini. 

Cara Menggunakan Chalk Paint Satu Warna

Karena menggunakan satu warna, maka proses pengulangan tidak perlu melarutkan cat baru. Anda bisa melarutkan cat satu kali di awal dalam jumlah yang sedikit banyak. Pertama, pilih warna yang diinginkan, pastikan Anda mendapatkan warna sesuai dengan yang diinginkan. 

Kemudian ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Amplas permukaan sangkar burung, jangan lupa pindahkan burung ke tempat lainnya. Amplas hingga halus dan bersihkan debunya. 
  2. Larutkan Bioduco chalk paint dengan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. 
  3. Kuaskan cat ke permukaan sangkar burung hingga permukaannya menjadi merata. Diamkan selama 60 menit tanpa dijemur. 
  4. Cat akan mengering dan Anda tidak bisa mengamplas ambang. Bersihkan debu dan ulangi pengecatan. Pada lapisan terakhir Anda bisa mendiamkan sangkar selama semalaman. 
Baca Juga:  Hemat Kantong Setelah Melihat Harga Plitur 2016 Ini

Cara Menggunakan Chalk Paint Dua Warna

Pilih dua warna chalk paint, dan sebaiknya gunakan warna kontras dan warna gelap menjadi warna dasarnya. Waktu aplikasi juga tidak lama dan Anda bisa mengaplikasikannya seperti langkah di atas. 

Berikut ini langkah-langkah mengaplikasikannya:

  1. Amplas permukaan sangkar burung. Jika ingin mudah lilitkan amplas pada jeruji dan gosok. Bersihkan debu amplas sesudahnya. 
  2. Larutkan chalk paint sebagai warna dasar dengan viskositas 11-12 NK2. Kuaskan ke permukaan harus rata.
  3. Diamkan cat supaya mengering selama 60 menit. Amplas ambang permukaannya. Anda bisa menggunakan amplas nomor 400.
  4. Kemudian larutkan chalk paint warna kedua hingga mendapatkan viskositas yang sama. Kuaskan warna cat kedua hingga merata dan tunggu kering selama 60 menit. 
  5. Kali ini amplas dengan amplas nomor 320 hanya di beberapa bagian saja. Amplas hingga warna dasar dari chalk paint terlihat. Terakhir bersihkan debu amplas. 

Ada dua pilihan sentuhan akhir untuk sangkar burung. Pertama adalah dengan Bioduco top coat dan kedua dengan Biopolish. Top coat akan memberikan lapisan film, sedangkan Biopolish akan memberikan lapisan pelindung seperti wax hanya saja lebih aman. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X