trend warna furniture 2016

Trend Warna Furniture 2016

Sama seperti di tahun-tahun sebelumnya, trend warna furniture 2016 kembali didominasi warna-warna spesifik. Bila sekitar lima tahun sebelumnya, warna-warna pastel futuristik mendapat podium utama, secara berangsur trend tersebut memudar digantikan warna yang lebih kalem dan alami. Berikut ini dua warna yang mendominasi dunia furniture 2016.

trend warna furniture 2016

Natural

Warna-warna natural terlihat sangat mendominasi beragam event expo atau pameran furniture tahun ini. Sebut saja IFEX (Indonesia International Furniture Expo) 2016 dan IFFINA. Keindahan yang ditawarkan sangat kontras dengan keindahan futuristik yang menjadi trend beberapa tahun ke belakang. Bila kesan dingin dan high tech sangat erat dengan tipe finishing futuristic, warna natural menawarkan pesona yang lebih hangat, lawas, sekaligus asri.

Selain menampilkan warna-warna alami, finishing yang dilakukan pada material kayu cenderung mengekspos keindahan seratnya. Sehingga produk finishing yang dicari adalah produk dengan warna alami, transparan, atau tidak melapisi. Produk-produk seperti Biopolyture, Biovarnish, Clear Coat Biocolours, dan Biopolish (wax polish food grade) menjadi solusi untuk jenis finishing seperti ini.

furniture natural

Patina

Warna kedua yang menjadi trend tahun ini adalah patina. Patina adalah warna yang muncul akibat proses pelapukan. Sehingga kesan yang timbul adalah antik dan lawas. Umumnya, warna patina yang diaplikasikan pada furniture dikombinasikan dengan efek lain. Misalnya penambahan efek rustic yang membuat kesan lawas dan antik makin menguat. Selain patina, berikut ini beberapa tipe finishing yang juga mencuri perhatian di tahun 2016 ini.

finishing warna patina

Warna Lain

Selain natural dan patina, berikut ini beberapa warna yang juga menjadi trend di tahun 2016.

Finishing Wash

Tipe finishing wash sangat khas dengan ciri penambahan aksen warna pudarnya seolah-olah “baru dicuci”.

Baca Juga:  Wood Filler Tahan Air Yang Cocok Untuk Kayu Jati

recycle washed finish

Rustic

Efek karat atau rustic juga cukup mencuri perhatian tahun ini. Sebagaimana disebut di atas, jenis finishing ini sering dikombinasikan dengan warna patina untuk memberikan kesan lawas lebih kuat.

finishing meja rustic

Recycle

Tipe finishing recycle atau daur ulang didominasi dengan boat finish yang memanfaatkan kapal-kapal bekas dengan warna cenderung mencolok dan ramai.

 Boat Sofa finishing

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X