Tips Aplikasi Cat Kayu Transparan Open Pore

kinds-of-wood-for-furniture-2Hasil akhir finishing dengan tampilan pori-pori kayu tetap terlihat akan terkesan alami. Untuk menampilkan kesan tersebut gunakan cat kayu transparan.

Finishing kayu adalah salah satu tahapan akhir yang harus dilakukan untuk mendapatkan tampilan akhir yang sempurna. Tentu tidak hanya asal menggunakan cat kayu transparan yang asal-asalan karena hal tersebut juga akan mempengaruhi hasil akhirnya.

Salah satu aplikasi finishing yang sering dilakukan adalah dengan hasil akhir finishing open pore (pori-pori terbuka). Selain tampak natural dan alami, kesan ini juga banyak diminati oleh buyer atau pecinta furniture kayu. Gunakan cat kayu transparan yang tepat agar warna dan tampilan akhirnya sempurna.

Cara Aplikasi Cat Kayu Transparan Yang Tepat

Agar mempermudah pengaplikasian cat kayu transparan, berikut cara yang dapat dilakukan:

Persiapan Media

Pastikan media yang digunakan benar-benar kering (MC≤ 12%), jika kayu yang digunakan masih basah alngkah baiknya dikeringkan terlebih dahulu atau di oven.

Kemudian ampelas untuk menghaluskan permukaan kayu, aplikasikan ampelas searah dengan serat secara halus dan merata

Wood Stain Indoor

wood-stain-indoor1-300x356Gunakan Wood Stain Indoor (WSI)  untuk menghasilkan warna kayu natural kayu.

Gunakan air yang bersih untuk mengencerkan dan mengurangi kepekatan warna cat.

Aplikasikan dengan menggunakan spray ke seluruh permukaan kayu. Tunggu hingga kering, kurang lebih 30 menit. Tidak disarankan untuk dijemur langsung dibawah matahari.

Sanding Sealer

Encerkan Sanding Sealer menggunakan air yang bersih untuk mengencerkan dengan pelan-pelan hingga semuanya menyatu.

Aplikasikan sanding sealer dengan cara spray ke seluruh permukaan kayu, tunggu hingga benar-benar kering kurang lebih 60 menit.

Ampelas halus permukaan yang sudah disanding sealer

Topcoat

Tahap akhir finishing juga mempengaruhi tampilan dari furniture. Untuk tampilan death matt, dapat menggunakan Topcoat EP 3051.

Baca Juga:  Jangan Lewatkan Peluang Jadi Agen Orchid di Depok

Campurkan air bersih untuk mengencerkan topcoat, aduk hingga menyatu

Aplikasikan topcoat EP 3051 dengan cara spray ke seluruh permukaan. Tunggu hingga kering sentuh kurang lebih 20 menit. Sebelum kering sentuh, tidak disarankan dijemur atau dioven dengan suhu di atas 32°C.

Bahan-bahan yang digunakan di atas merupakan cat kayu transparan dengan bahan dasar air sehingga dipastikan aman dan ramah lingkungan. Karakter cat water based di atas dianataranya tidak berbau, tidak beracun, memiliki kerekatan film yang bagus, dan mudah diaplikasikan.

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan cat kayu transparan water based,  silahkan menghubungi Customer Service bio Industries via telp ke no. 0822-2026-5056 atau WA ke no. 0878-3934-6433. Apabila Anda berada di area Yogyakarta,silahkan kunjungi langsung kantor Bio Industries di Jl.  Sidikan no. 94, Yogyakarta.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X