Permukaan Furniture Merata Dengan Cara Aplikasi Dempul Ini

Cara aplikasi dempulBanyak kasus kesalahan penggunaan dempul yang salah sehingga tampilan furniture tampak tidak rapi. Lakukan cara aplikasi dempul ini untuk hasil maksimal.

Dempul merupakan salah satu langkah efektif untuk menyamarkan cacat pada permukaan kayu yang akan digunakan untuk furniture. Pada furniture kayu solid juga perlu menggunakan dempul untuk menutupi warna dasar kayu.  Penggunaan dempul yang tepat akan menghasilkan permukaan furniture yang baik, maka dari itu cara aplikasi dempul yang tepat juga sangat berpengaruh.

Apabila aplikasi dempul kurang merata dengan sempurna akan mengakibatkan pori-pori kayu tidak menutup dengan sempurna bahkan dempul akan menggelembung. Untuk mengatasi tersebut, cara aplikasi dempul yang tepat dan benar juga harus diperhatikan.

Merata Dengan Sempurna Dengan Cara Aplikasi Dempul Yang Benar

Kesalahan saat pendempulan akan mengakibatkan tampilan tidak sempurna. Walaupun pori-pori terlihat tertutup dengan baik namun tampilannya akan tidak rapi. Maka dari itu, berikut adalah cara aplikasi dempul yang tepat.

Pertama, pastikan permukaan kayu bersih dari kotoran, debu dan minyak. Gunakan ampelas untuk menghilangkan gangguan tersebut.

Kedua, aplikasikan dempul ke bagian-bagian yang cacat dengan cara scrape menggunakan pisau atau alat khusus dempul searah dengan serat kayu.

Ketiga, Setelah mengering, aplikasikan ampelas permukaan kayu terutama pada bagian yang cacat.

Keempat, lakukan langkah di atas sampai pori-pori atau lubang permukaan kayu tertutup sempurna.

Cara aplikasi dempul tersebut telah umum dilakukan namun perlu diingat ada kesalah ketika mengaplikasikan dempul seperti halnya, mengaplikasikan dempul dengan asal tanpa melihat serat kayu atau hanya sekedar menutup tanpa melihat apakah tertutup dengan sempurna atau tidak. Maka dari itu, hal tersebut perlu diperhatikan agar hasil akhir tidak tampak berantakan.

Baca Juga:  Meja Kayu Jati Bagusnya Difinishing Apa?

Mengenal Dempul Water Based

BioColours Wood Putty
BioColours Wood Putty

Dempul yang banyak ditemui di pasaran biasanya menawarkan dempul solvent based. Tahu kah Anda bahwa dempul solvent based tidak baik untuk kesehatan dan lingkungan? Seperti halnya cat, dempul solvent based mengandung kimia dan VOC yang tinggi. Kedua hal tersebut dapat mengganggu kesehatan dan dapat mengakibatkan lubang lapisan ozon semakin melebar.

Walaupun mudah diaplikasikan dan mudah ditemukan disegala tempat namun tidak aman untuk digunakan. Disarankan menggunakan dempul water based yang cenderung lebih aman dan ramah lingkungan. Salah satu dempul water based yang aman dan ramah lingkungan untuk diaplikasikan saat finishing adalah BioColours Wood Putty.

BioColours Wood Putty merupakan dempul yang sangat efektif untuk menutup pori-pori atau untuk menyamarkan warna dasar kayu. Dempul ini dapat diaplikasikan pada media kayu solid, mdf, plywood, bambu dan rotan. Keunggulan dari dempul ini adalah karena memiliki  daya tutup yang baik, solid content dan daya rekat yang tinggi, tahan air, cepat kering serta mudah diampelas.

Untuk pemesanan dan informasi lebih lengkap mengenai dempul BioColours Wood Putty, silahkan menghubungi Bio Industries via telp. ke no 082220265056 atau WA ke no. 087839346433. Apabila Anda berada di area Yogyakarta dan sekitarnya silahkan mengunjungi langsung ke kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No. 94, Yogyakarta. Tidak hanya dempul, Bio Industries juga menyediakan berbagai cat, untuk cat solid water based silahkan menggunakan Orchid Enamel Paint yang memiliki varian warna sesuai kebutuhan Anda, dayar rekat filmnya bagus, mudah sekali untuk diaplikasikan. Atau Anda membutuhkan perawatan untuk furniture silahkan menggunakan BioCide Surface Film Preservative untuk mengatasi jamur permukaan pada furniture Anda.

Baca Juga:  Kelebihan Dempul Kayu Water Based

Demikian informasi cara aplikasi dempul yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal dan sempurna. Semoga dengan langkah-langkah di atas memudahkan Anda dalam finishing. Alangkah baiknya menggunakan dempul atau bahan-bahany seperti cat dan treatment yang aman dan ramah lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X