Desain Tetap Unik Nan Alami, Lakukan Finishing Kitchenette Palet Ini

finishing-kitchenette-paletKitchenette palet merupakan salah satu desain unik furniture hunian minimalis. Agar hasil alami namun tetap unik, lakukan finishing kitchenette palet.

Kitchenette palet menjadi trending topic ketika dihadapkan dengan kebutuhan furniture hunian rumah minimalis, desainnya yang unik serta tampilannya yang minimalis sangat cocok dipadu-padankan dengan dapur hunian rumah minimalis. Tidak memakan tempat serta tampilannya yang eye-catching menjadi sorotan tersendiri agar tampilan dapur tidak membosankan.

Karena penggunaannya palet sebagai bahan pokok kitchenette, maka perlu dilakukan pelapisan serta perawatan agar tidak mudah rusak. Alangkah baiknya lakukan finishing kitchenette palet menggunakan varnish yang mampu menjaga palet tetap aman dari gangguan seperti minyak, debu, air dsb. Lakukan finishing dengan tepat agar mendapatkan tampilan indah serta ketahanan palet yang maksimal.

Warna kayu alami dengan Finishing Kitchenette Palet Ini

Varnish sebagai finishing kitchenette palet dapat Anda temui di pasaran namun pada umumnya varnish tersebut merupakan cat solvent based yang cenderung tidak aman digunakan. Kenapa tidak aman? Cat solvent based merupakan cat yang menggunakan bahan pelarut thinner, methanol atau spirtus yang memiliki kandungan kimia serta VOC yang sangat tinggi. Uap yang dikeluarkan cat tersebut akan mengganggu baik lingkungan maupun kesehatan tubuh.

Jika uap tersebut menguap ke udara dalam jangka waktu yang panjang akan mengakibatkan lubang lapisan ozon semakin melebar serta bahan kimia yang dimunculkan akan mengganggu tidak hanya udara melainkan juga tanah, tanah tidak subur sehingga menghambat pertumbuhan tumbuhan. Sedangkan dampak pada kesehatan, apabila uap yang dikeluarkan cat tersebut terhirup secara terus-menerus akan mengakibatkan gangguan hati, sistem syaraf atau bahkan kanker. Maka dair itu, disarankan untuk tidak menggunakan cat solvent based. Di Eropa ataupun Amerika telah menghentikan penggunaan cat solvent based karena kndungan kimia serta VOC-nya yang sangat tinggi dapat menganggu lingkungan dan kesehatan.

biovarnish
BioColours Biovarnish

Alternatif yang dapat Anda gunakan adalah cat water based. Cat tersebut memiliki kandungan VOC yang sangat rendah. Salah satu cat water based di Indonesia yang dapat Anda gunakan adalah BioColours Biovarnish. Untuk mempermudah finishing kitchenette palet dengan BioColours Biovarnish, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Pastikan bahwa media kayu yang akan difinishing sudah kering. Setelah itu, bersihkan permukaan media kayu dari debu dan berbagai kotoran lainnya.
  • Siapkan BioColours Biovarnish walnut brown.
  • Untuk memudahkan proses aplikasi, tambahkan air sekitar 20% ke dalam larutan Biovarnish. Aduk rata hingga betul-betul homogen.
  • Aplikasikan Biovarnish menggunakan kuas ke seluruh permukaan media kayu. Diamkan sekitar 1 jam, kemudian amplas ringan menggunakan amplas no 400 atau bisa juga menggunakan amplas bekas.
  • Aplikasikan kembali Biovarnish untuk mendapatkan hasil finishing yang lebih halus, warna rata dan kilapnya sempurna.
  • Jika dirasa perlu, Anda bisa menambahkan topcoat semi gloss untuk mendapatkan tampilan akhir yang lebih maksimal.

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan cat aman dan ramah lingkunga seperti BioColours Biovarnish? Segera hubungi kami, Bio Industries via telp. via telp. ke no 0822-2026-5056 atau WA ke no. 0878-3934-6433 untuk pemesanan atau informasi lebih lanjut mengenai cat water based. Apabila Anda berada di area Yogyakarta dan sekitarnya silahkan mengunjungi kantor Bio Industries di Jl. Sidikan No.94, Yogyakarta.

Apabila mengalami kesulitan treatment pada palet agar tidak terserang jamur, Bio Industries memberikan saran untuk menggunakan BioCide Surface Film Preservative. Atau sebelum diaplikasikan apapun, lakukan treatment pada palet yang masih mentahan dengan menggunakan BioCide Insecticide dan BioCide Wood Fungicide secara bersamaan untuk mencegah serangan jamur dan serangga. Sedangkan apabila Anda membutuhkan lem untuk palet pada kitchenette, Anda dapat menggunakan Crossbond X4.

Dengan aplikasi di atas, semoga memudahkan Anda dalam finishing kitchenette palet agar tampilan kitchenette tidak pucat serta indah sesuai dapur hunian rumah minimalis. Untuk menajag kesehatan dan lingkungan sekitar, alngkah baiknya menggunakan cat aman dan ramah lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X