set meja payung untuk taman dan daerah pantai

Perawatan Set Meja Payung yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak

Restoran di kawasan dekat pantai biasanya menyediakan set meja payung untuk istirahat dan menikmati sajian yang disediakan. Agar set meja payung tersebut bisa lebih awet, rawat dengan melakukan finishing Biothane 2K.

Set meja payung banyak digunakan di restoran dengan area terbuka. Selain di restoran set meja payung juga digunakan di kawasan pantai.

Seperti yang diketahui, cuaca di pantai tergolong ekstrem dengan suhu yang cenderung panas di siang hari  sedangkan di saat malam hari, angin berhembus sangat kencang. Hal ini membuat furniture pantai lebih rentan rusak karena cuaca.

Oleh karena digunakan untuk kawasan pantai, furniture set meja payug ini lebih rentan rusak sehingga dibutuhkan perawatan yang benar.

Perawatan Set Meja Payung yang Benar

Untuk menjaga kualitas furniture pada kawasan pantai, perlu dilakukan perawatan untuk menjaga kualitas furniture tersebut. Apalagi jika furniture menggunakan material dari kayu yang rawan mengalami kerusakan.

set meja payung di lounge house dekat pantai
Set meja payung di cafe dekat pantai

Kayu dikenal dengan material yang kokoh sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan manusia. Meskipun begitu, kayu tetap saja material yang rawan rusak karena perubahan cuaca dan faktor lainnya. Oleh karena itu, kayu yang digunakan untuk furniture, terutama untuk kebutuhan outdoor memerlukan beberapa tahap, mulai dari treatment hingga finishing.

Kayu yang digunakan untuk furniture pantai seperti set meja payung membutuhkan beberapa tahap perawatn agar furniture tersebut tahan lebih lama dan awet. Berikut cara perawatan furniture set meja payung agar tidak mudah rusak.

  1. Segera Bersihkan Jika Terkena Air

Set meja payung ini sangat sering terkena tumpahan makanan atau minuman. Agar tampilan meja tidak cepat rusak dan warna cat tetap kinclong, ketika terdapat air atau makanan yang tumpah, segera lap menggunakan kain bersih.

Baca Juga:  Bermasalah dengan Kayu Suren Mulai Memudar? Lakukan Ini Untuk Perbaikan

Hal ini dikarenakan kayu akan lebih cepat menyerap cairan sehingga membuat kayu lebih cepat rusak. Jika tumpahan air atau makanan dibiarkan begitu saja, ada kemungkinan furniture akan lebih cepat terserang jamur atau rayap.

  1. Simpan Jika Tidak Sedang Digunakan

Set meja payung biasanya terdiri dari kursi lipat dan payung yang dapat dilipat menurun. Agar tetap awet alangkah baiknya segera tutup payung dan lipat kursi apabila sedang tidak digunakan. Apalagi jika digunakan di sekitar pantai yang notabene cuaca sangat ekstrem sehingga membuat furniture lebih cepat rusak.

  1. Bersihkan Secara Rutin

Set meja payung sebaiknya dibersihkan secara rutin dari debu, kotoran atau pasir yang terdapat di permukaan kayu. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas kayu dan cat agar dapat tahan lama. Jika pasir tidak segera dibersihkan, kemungkina malah akan memicu kursi atau meja tergores.

Bersihkan noda dan debu pada set meja payung menggunakan lap basah terlebih dahulu, lalu kemudian bersihkan kembali menggunakan lap kering. Dengan demikian, furniture tidak akan meninggalkan debu membandel, dan tampilannya akan tetap awet.

  1. Gunakan Wax Kayu

Biasanya tampilan meja dan kursi terlihat tidak seragam sehingga terkesan kotor dan jorok. Anda dapat mengaplikasikan wax kayu untuk meremajakan warna cat sehingga warna cat yang pudar cukup tersamarkan. Namun, jika tampilannya sangat tampak jelas pudar maka sebaiknya untuk refinishing meja tersebut.

Wax kayu dapat diaplikasikan sebulan sekali menggunakan lap kering ke permukaan kayu. Pastikan untuk selalu mengaplikasikan searah serat kayu sehingga warnanya akan lebih seragam dan rapi. Salah satu wax kayu yang dapat Anda gunakan adalah Biopolish Linseed Oil.

Wax kayu ini biasanya akan tampak memudar lebih cepat. Namun, warna wax ketika diaplikasikan ke kayu tersebut bukan benar-benar pudar melainkan menyerap ke dalam serat kayu. Fenomena tersebut bukan karena tanpa alasan melainkan wax menyerap ke dalam serat akan terlindungi dengan maksimal. Agar lebih tajam, Anda harus mengaplikasikannya kembali sehingga warnanya akan lebih mencolok.

  1. Refinishing Set Meja Payung Dengan Benar
Baca Juga:  Tips Aplikasi Cat Kayu Transparan Open Pore

Cuaca di kawasan pantai membuat tingkat pudar cat lebih cepat dibandingkan di tempat. Furniture akan lebih cepat pucat dan membuat kayu retak jika tidak segera ditangani. Refinishing menjadi pilihan yang tepat ketika sudah mengalami masalah tersebut.

Ketika refinishing, sebaiknya gunakan cat yang khusus untuk masalah furniture heavy duty seperti furniture yang digunakan di pantai semacam ini. Cat khusu tersebut biasanya memiliki kandungan hardener untuk memberikan perlindungan ekstra pada furniture.

Gunakan Biothan 2K untuk Refinishing Set Meja Payung

Anda yang sering mengalami masalah furniture seperti meja atau kursi yang pudar atau bahkan mungkin mengalami retak, Anda dapat menggunakan cat Biothane 2K dan Biovarnish. Cat kayu ini sangat cocok untuk finishing ataupun refinishing furniture.

Oleh karena arena terbuat dari bahan dasar air, cat kayu khsus dari Biothane 2K ini tergolong ramah lingkungan dan tidak membahayakan lingkungan atau kesehatan. Selain itu, Anda cukup menggunakan air sebagai pelarut ketika akan mengaplikasikannya.

Bagaimana Cara Biothane 2K untuk Refinishing Set Meja Payung?

Untuk Biothane 2K, Anda dapat langsung menghubungi kontak yang terdapat di website ini. Untuk order lebih cepat dan praktis, Anda dapat melakukan pemesanan melalui marketplace di bahwa ini:

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X