Mulai dari Memilih Hingga Perawatan Meja Antik

Mulai dari Memilih Hingga Perawatan Meja Antik

Barang antik selalu banyak digemari, harga yang mahal seringkali bukan menjadi masalah jika koleksi barang antik sudah menjadi hobi. Koleksi barang antik berupa furnitur membutuhkan ruangan yang cukup luas, pemilihan barang antik yang tepat juga menjadi salah satu hal yang sangat penting. Jika Anda ingin mendapatkan barang antik seringkali membutuhkan para ahli untuk mengeceknya.

Mendapatkan barang antik bisa berasal dari banyak tempat mulai dari online, pembelian di toko khusus barang antik hingga di tempat lelang. Perawatan furnitur antik seperti meja, kursi dan almari juga perlu diperhatikan jika Anda ingin mendapatkan furnitur antik lebih tahan lama.

Furnitur antik berbeda dengan barang antik lainnya yang mudah rusak. Furnitur antik khususnya yang terbuat dari kayu biasanya lebih bertahan dengan lama, hanya dengan beberapa perawatan ringan saja akan memperlihatkan kesan antik lebih dalam dan akan membuat furnitur lebih tahan lama.

Jika Anda ingin mendapatkan meja antik, kursi antik dan furnitur antik lainnya maka pelajari bagaimana memilih benda antik yang sesungguhnya dan pelajari bagaimana cara tepat untuk melakukan perawatannya.

Cara Memilih Furnitur Antik

Memilih furnitur antik untuk rumah Anda dapat menjadi pengalaman yang benar-benar bermanfaat. Tetapi juga dapat menjadi tantangan untuk memilih bagian yang tepat dengan begitu banyak pilihan dan waktu yang terbatas untuk mempertimbangkannya. Banyak barang antik adalah salah satu bagian yang unik dan begitu orang lain telah mengambil satu atau habis lelang, Anda kurang beruntung. Strategi terbaik adalah memahami apa yang Anda cari sebelum Anda pergi berbelanja.

Berikut adalah daftar hal-hal perlu dipikirkan ketika Anda mencari furnitur antik yang terbuat dari kayu.

  1. Apa tujuannya?
Baca Juga:  Tips Memilih Cat Kayu Transparan untuk Pagar Kayu dan Bambu

Tanyakan pada diri Anda sendiri, mengapa saya membeli furnitur? Mungkin karya itu akan memiliki fungsi tertentu Anda mungkin memerlukan meja ruang makan baru. Atau mungkin Anda menginginkan sesuatu yang dekoratif untuk beralih dengan gaya modern dari rumah baru Anda.

  1. Ketahui gaya Anda

Ini dapat membantu mempersempit pilihan jika Anda menentukan gaya yang Anda cari, tetapi saya sarankan agar pikiran Anda tetap terbuka. Terkadang Anda tertarik pada desain sebuah karya tanpa mengetahui alasannya, dan ini adalah pembelian yang akan membantu mengembangkan gaya pribadi Anda yang unik.

  1. Berapa anggaran Anda?

Pastikan Anda tahu berapa banyak yang akan Anda keluarkan sebelum mulai mencari. Ini sangat penting di lelang, di mana semuanya bisa terlalu mudah terbawa dan mengabaikan biaya yang dimiliki pembeli. Selain itu, penting juga untuk meneliti nilai furnitur agar Anda dapat mengenali jika sebuah bagian dijual dengan harga yang wajar.

  1. Pastikan itu cocok!

Mulai dari Memilih Hingga Perawatan Meja AntikKita semua melakukan kesalahan ini setidaknya sekali. Anda pergi ke ruang pamer atau pratinjau lelang dan jatuh cinta dengan furnitur, dan kemudian Anda membawanya pulang. Dan itu ukuran yang salah. Bahkan setelah Anda membuka pintu untuk mencoba memasukkannya ke dalam rumah, itu tetap tidak cocok! Jadi, pastikan untuk menuliskan dimensi yang Anda cari tinggi, panjang, dan kedalaman.

  1. Lihatlah desain seluruh ruangan

Bahkan jika furnitur tersebut secara fisik sesuai dengan ruang yang Anda bayangkan, itu tidak berarti itu akan cocok secara visual atau artistik. Ambil gambar dari setiap furnitur, karpet, wallpaper, atau aksesori lain yang Anda rencanakan untuk ditempatkan di ruang yang sama.

  1. Oak, walnut, atau mahoni apa bedanya?

Lihatlah contoh kayu di toko perkakas untuk membantu mencari tahu bahan apa yang paling menarik bagi Anda. Beberapa opsi umum adalah oak, walnut, mahoni, pinus, jati, ceri, dan kayu lainnya yang lebih eksotis. Beberapa barang antik berharga tinggi yang Anda temukan terbuat dari kayu tua bersejarah (yang bahkan mungkin punah) daripada kayu baru.

  1. Bagaimana finsihing pada lapisan permukaannya?
Baca Juga:  Warna Cat Kayu Yang Bagus Untuk Furniture Mid Century

Permukaan mebel kayu antik dapat dicat, diwarnai, dibakar, diminyaki, atau dipernis. Permukaan dalam kondisi asli selalu lebih menarik bagi para kolektor. Anda akan menemukan furnitur kayu asli dan veneer kayu, dan penting untuk mengetahui perbedaannya.

  1. Pertimbangkan perangkat keras

Kenop, engsel, dan laci menarik furnitur bisa mengubah seluruh penampilannya. Beberapa bagian furnitur bersejarah memiliki perangkat keras buatan tangan dan banyak kolektor mebel antik menemukan ini cukup menarik.

  1. Kenali bengkel tukang kayu yang baik

Pastikan untuk memeriksa bengkel tukang kayu furnitur. Kegagalan untuk melakukan ini adalah seperti membeli mobil tanpa melihat di bawah kap mesin. Bengkel bengkel adalah penting. Itu bisa membuat semua perbedaan dalam umur panjang dari furnitur antik.

  1. Apa ceritanya?

Hal yang hebat tentang membeli mebel antik di lelang adalah perabot-perabot itu sering datang dengan cerita atau sejarah pemilik sebelumnya, di mana dan kapan itu dibuat, dan tren historis yang berkontribusi pada gaya dan desainnya. Sejarah dari furnitur dapat membuat perbedaan besar dalam berapa banyak menarik bagi para kolektor.

Perawatan Furnitur Antik

Merawat furnitur antik sudah bukan menjadi hal yang rahasia dan sulit untuk dilakukan. Di banyak toko bahan bangunan ada tersedia berbagai macam perawatan untuk furnitur. Namun dapatkah Anda memilih mana jenis bahan yang benar-benar sesuai untuk perawatan meja antik di rumah?Apakah bahan yang Anda gunakan aman bahkan untuk lingkungan di rumah.

Jangan sampai salah pilih bahan karena kesalahan akan menimbulkan kerusakan pada furnitur di rumah Anda. Banyak hal yang bisa mempengaruhi kondisi mebel antik termasuk beberapa hal yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda. Sinar matahari dan kelembaban serta pemanas sentral dan polutan di udara dapat mempengaruhi bahan organik seperti kayu, kain dan kulit yang digunakan dalam konstruksi mebel antik.

Baca Juga:  Perawatan Set Meja Payung yang Benar Agar Tidak Cepat Rusak

Mulai dari Memilih Hingga Perawatan Meja AntikPenting untuk berpikir tentang lingkungan di mana furnitur disimpan dan selalu terbaik untuk memeriksa furnitur Anda setiap beberapa minggu untuk memastikan tidak rusak dengan cara apa pun. Jangan menyimpan furnitur antik yang bagus di bawah sinar matahari yang kuat karena ini akan memudarkan warnanya dan jika cahaya matahari hanya menutupi bagian dari bagian itu, maka warnanya bisa menjadi tidak rata, sehingga benar-benar merusak barang itu.

Panas dari sinar matahari juga bisa meretakkan furnitur dan mengangkat vinir dari potongan-potongan. Nah untuk mendapatkan perlindungan yang tepat ini baik dari kelembaban dan panas matahari, Anda bisa menggunakan bahan poles kayu dari Biopolish.

Produk poles kayu yang memanfaatkan beeswax sebagai bahan utamanya sangat aman digunakan. Bahan ini cukup dipoleskan ke seluruh bagian furnitur antik Anda setiap tiga atau satu bulan sekali. Maka akan menghindari timbulnya jamur yang akan mengundang rayap. Anda tentu akan lebih mudah dan lebih murah menggunakan bahan ini.

Produk Biopolish Beeswax sangat aman digunakan pada berbagai macam jenis kayu, hanya saja proses aplikasi harus tipis dan hindari penggunaan berlebihan karena akan menimbulkan jamur.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X