Primer Coat, Lapisan Penting Pada Pengecatan

Primer Coat, Lapisan Penting Pada Pengecatan

Tahukah Anda mengapa  furniture kayu harus dilakukan proses finishing atau proses pelapisan cat pada permukaan kayu? Sebagian besar masyarakat mengetahui bahwa cat digunakan hanya untuk memperindah tampilan dari furniture kayu. Namun apakah benar alasannya hanyalah itu? Tentu saja alasan mengapa sebuah furniture kayu membutuhkan finishing juga untuk melindungi struktur dari furniture tersebut.

Struktur yang dimiliki oleh kayu memiliki rongga yang dikenal dengan pori-pori kayu. Adanya pori kayu ini adalah untuk menyerap kelembaban sebagai nutrisi pada kayu ketika masih menjadi batang pohon. Namun setelah menjadi furniture pori tersebut justru harus ditutup agar tidak dapat menyerap kelembaban kembali.

Primer Coat, Lapisan Penting Pada Pengecatan
Penyemprotan warna primer dengan spray gun oleh seorang pria.

Ketika sebuah furniture menyerap kelembaban kemudian akan mengundang datangnya rayap. Kerusakan pun akan terjadi pada furniture Anda baik itu jenis kayu keras bahkan jenis kayu lunak. Maka jangan remehkan penggunaan lapisan cat dan Anda benar-benar harus mencari lapisan cat yang berkualitas agar bisa bertahan lebih lama.

Disinilah fungsi dari primer coat untuk finishing yaitu untuk melapisi furniture yang akan difinishing dengan warna kayu solid. Selain itu juga untuk mengisi pori-pori kayu jika Anda tidak menggunakan dempul kayu.   Primer coat memiliki fungsi penting sebagai perekat antara lapisan di bawahnya yaitu dempul kayu dan lapisan di atasnya yaitu top coat atau cat warna solid. Anda bisa menggunakannya tergantung kebutuhan.

Macam-Macam Jenis Primer Yang Harus Diketahui Sebelum Aplikasi

Anda yang ingin menggunakan cat kayu water based perlu memahami bahwa penggunaan primer seringkali salah. Perlu diingat apakah fungsi dari primer coat yaitu sebagai lapisan intermediate tidak jauh berbeda dengan sanding sealer. Anda bisa menggunakannya sebagai lapisan pada saat pengecatan cat duco dan juga cat enamel.

Nah sebelum masuk ke dalam tahapan aplikasi Anda harus mengetahui sebelumnya apa saja jenis primer coat yang beredar di pasaran. Jangan sampai Anda salah membeli cat sesuai kebutuhan dan juga mencampurkan dengan bahan pelarut yang salah.

Primer coat yang beredar di pasaran terdiri dari dua macam yaitu primer coat yang terbuat dari solvent atau minyak dan kedua adalah primer coat yang terbuat dari air. Bahan primer coat yang terbuat dari air tentu saja hanya membutuhkan air sebagai pelarutnya.

Baca Juga:  Grosir Cat Duco Water Based BioColours

Dari kedua bahan jenis tersebut Anda bisa membedakannya sesuai dengan kebutuhan. Jenis primer coat solvent adalah primer coat  yang proses pengeringannya lama. Selain itu juga proses pengeringannya menggunakan thinner dan juga panas agar thinner dapat menguap dengan sempurna. Uap dari thinner ini mengandung banyak formaldehyde yang sangat berbahaya dan dapat mencemari lingkungan.

Bahkan walaupun sudah menggunakan panas matahari, belum tentu primer coat dapat kering sempurna. Uang yang harus Anda keluarkan akan lebih banyak karena Anda harus membeli thinner yang memiliki harga sekitar 32 ribu per liternya. Belum lagi sifat thinner yang mudah menguap akan membuat Anda membutuhkan banyak thinner untuk digunakan.

Coba bandingkan dengan primer coat water based yang tentu saja akan membuat Anda menjadi salah satu produk yang banyak digunakan modern ini. Primer water based berbahan dasar air dan hanya membutuhkan air sebagai bahan pelarutnya. Bahan pelarut air tidak mengandung logam berat seperti primer coat solvent sehingga tidak akan membahayakan kesehatan penggunanya dan tidak membahayakan kesehatan anak-anak Anda.

Bahan pelarut air juga tidak akan memakan banyak budget pada Anda karena bahan pelarut air yang sangat mudah didapatkan. Anda tidak akan kehabisan bahan pelarut karena air tidak mudah menguap seperti halnya thinner. Nah maka sangat disarankan Anda akan menggunakan primer coat water based dibandingkan dengan primer coat solvent.

Merk Primer Coat BioColours Water Based

Anda masih mencari produk cat kayu water based yang berkualitas dan juga banyak dicari? Untuk produk primer coat Anda bisa menggunakan merk BioColours. Produk ini menggunakan campuran resin dan juga air sebagai bahan pelarutnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kesehatan yang memburuk akibat adanya logam berat keluar di udara pada saat cat menguap.

Primer Coat, Lapisan Penting Pada Pengecatan
Aplikasi cat primer dengan spray gun.

Anda yang ingin mendapatkan bahan finishing dengan mudah bisa memilih cat water based sebagai bahan untuk finishing berbagai macam jenis produk kayu dan turunannya. Bahkan serat alam lainnya seperti bamboo, rotan dan enceng gondok juga dapat difinishing dengan aman.

Produk primer coat BioColours hadir untuk Anda yang sangat membutuhkan kebutuhan finishing aman. BioColours adalah produk yang telah dilengkapi dengan bahan anti jamur dan anti rayap. Selain itu juga Anda bisa menggunakan pada furniture dalam ruangan atau luar ruangan. Tidak menjadi masalah apabila furniture terkena panas dan hujan terus menerus.

Baca Juga:  Lebih Aman dan Ramah Lingkungan Dengan Cat Kayu Water Based Ini

Anda akan mendapatkan furniture yang tahan lama baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Jika Anda menggunakan primer coat BioColours Anda bisa menggunakan produk Bioduco untuk memberikan warna. Terdapat pilihan 24 warna solid yang bisa Anda gunakan.

Proses Aplikasi Primer Dengan Cat Duco

Jika sudah mengenal jenis primer maka selanjutnya adalah mengenal bagaimana cara aplikasi primer coat dengan cat duco. Untuk langkah-langkah aplikasi yang bisa Anda lakukan adalah dimulai dengan penggunaan wood putty, kemudian menggunakan primer coat, cat duco dan selanjutnya adalah dengan top coat.

Untuk peralatan yang dibutuhkan dalam aplikasi primer coat adalah spray gun, amplas no. 240 dan 400, kain lap dan juga air sebagai bahan pelarutnya. Untuk itu Anda juga membutuhkan beberapa produk pendukung lainnya seperti BioColours wood putty, Bioduco dan juga top coat BioColours.

Untuk langkah lengkapnya Anda bisa mengikuti langkah berikut ini:

  • Siapkan kayu yang akan difinishing sudah bersih dan juga kering dengan MC kayu sekitar 12 – 15%. Debu yang masih menempel akan mempengaruhi hasil finishing yang tidak halus.
  • Aplikasikan wood putty yang sudah dicampur dengan sedikit air kemudian di oleskan menggunakan pisau scrape ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Jika Anda sudah mendapatkan permukaan yang tertutup dengan wood putty maka tunggulah hingga kering tanpa harus dijemur. Letakan pada ruangan dengan sirkulasi udara yang bagus, wood putty akan mengering sekitar 20 menit. Lalu amplas dengan kertas amplas nomor 240 hingga rata.
  • Campurkan BioColours Primer Coat dengan air hingga mendapatkan viskositas 10-12 detik NK2. Semprotkan primer coat ke area yang sudah kering setelah itu Anda bisa langsung menunggu kering tanpa dijemur. Lakukan pengamplasan dengan kertas amplas nomor 400 hingga permukaan menjadi halus.
  • Campurkan BioColours Bioduco dengan warna yang Anda inginkan dengan air hingga mendapatkan viskositas 10-12 detik NK2. Semprotkan Bioduco ke seluruh permukaan hingga rata dan tunggu kering. Jika sudah kering Anda bisa langsung mengamplas dengan kertas amplas no. 400.
  • Lapisan terakhir adalah menggunakan BioColours top coat. Anda bisa memilih tampilan gloss atau doft. Campurkan top coat dengan air hingga mendapatkan viskositas 10-12 detik NK2. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu hingga kering sekitar satu malam. Jika furniture akan dikirim ke luar negeri maka tunggu hingga kering sempurna sekitar 7X24 jam.
Baca Juga:  5 Ciri Dempul Kayu Cepat Kering, Agar Tidak Salah Memilih Sebelum Membeli

Aplikasi Primer Dengan Cat Enamel

Tidak hanya aplikasi lengkap menggunakan BioColours series duco saja yang akan memberikan Anda hasil maksimal. Namun Anda juga bisa memilih untuk hasil finishing warna duco yang lebih mudah yaitu menggunakan cat enamel.

Aplikasi cat enamel lebih mudah yaitu hanya menggunakan kuas. Namun pada kayu seringkali aplikator merasa tidak puas setelah mengaplikasikan cat enamel pada kayu. Karena serat kayu tetap muncul walaupun sudah beberapa kali aplikasi. Hal tersebut bisa saja terjadi karena cat enamel memang tidak dirancang untuk menutup serat kayu secara sempurna. Oleh karena itu dibutuhkan primer coat untuk menutup tampilan dari serat kayu tersebut.

Primer Coat, Lapisan Penting Pada Pengecatan
Aplikasi primer pada kayu pertama kali dengan spray system.

Fungsi primer coat tentu saja untuk sebagai lapisan intermediate antara cat enamel dan permukaan kayu secara langsung. Selain itu juga akan menutup pori kayu sehingga serat kayu tidak terlihat. Jika Anda ingin mengetahui proses aplikasinya ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Siapkan kayu yang sudah bersih dan juga kering dengan MC kayu 12-15%.
  • Aplikasikan primer coat yang telah dicampur dengan air dan memiliki viskositas 10-12 NK2. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga mendapatkan permukaan yang tertutup primer coat secara merata. Tunggu kering dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik. Kemudian amplas dengan kertas amplas no. 400.
  • Langkah terakhir adalah mencampurkan bahan cat enamel Orchid dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian Anda bisa mengaduk. Aplikasikan dengan kuas bulu sintetik (nylon) untuk hasil sempurna. Jika sudah Anda bisa menunggu kering.

Untuk hasil menggunakan cat enamel ini Anda akan mendapatkan tampilan furniture mengkilap. Namun bagi Anda yang kurang menyukai furniture mengkilap, langsung saja jika permukaan sudah kering aplikasikan BioColours Top Coat Matt untuk memberikan hasil permukaan doft.

Bagi Anda yang ingin membeli paket BioColours dan juga Orchid water based bisa melakukannya melalui situs ini yang merupakan salah satu situs bahan finishing water based yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Bagi Anda yang memiliki permasalahan tentang finishing bisa langsung datang ke alamat Jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta. Permasalah finishing dan perawatan kayu semua bisa diatasi dengan produk water based yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X