Keunggulan Pernis Kayu Water Based

Dibanding pernis kayu solvent based, pernis kayu water based menawarkan beragam keunggulan yang lebih baik. Di Eropa dan Amerika Serikat, jenis pernis water based bahkan telah banyak digunakan seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap keamanan produk-produk pernis solvent based.

Biocolours Biovarnish merupakan salah satu produk pernis kayu water based.
Biocolours Biovarnish merupakan salah satu produk pernis kayu water based.

Terdapat beragam jenis pernis kayu yang dijual di pasaran. Berdasarkan pelarutnya, kita bisa membagi produk pernis kayu menjadi pernis kayu solvent based dan pernis kayu water based. Pernis solvent based adalah pernis yang menggunakan pelarut-pelarut solvent atau organik seperti thinner dan spiritus. Sedangkan pernis water based adalah pernis yang menggunakan pelarut non organik berupa air. Manakah yang lebih baik di antara keduanya?

Baca Juga : keuntunggan water based cat? daripada solvent based

Secara umum, pernis water based lebih unggul dibanding pernis solvent based. Pernis water based mampu memberikan proteksi yang lebih baik dibanding pernis solvent based. Hal ini dikarenakan flesksibilitas pernis berpelarut air yang lebih tinggi. Ketika diaplikasikan pada kayu, pernis jenis ini tidak akan mudah pecah oleh perubahan suhu. Ia akan ikut memuai bersama kayu saat suhu udara naik dan mengkerut kembali bersama kayu saat suhu udara turun. Kualitas seperti ini tidak dimiliki pernis solvent based yang umumnya memiliki fleksibilitas yang rendah. Akibatnya ia akan mudah pecah saat lingkungan di sekitarnya mengalami fluktuasi suhu.

Selain unggul dalam hal proteksinya, pernis kayu water based juga sangat unggul dalam hal keamanannya. Pelarutnya yang hanya berupa air sama sekali tidak bersifat toksik bagi manusia maupun bagi lingkungan. Pada pernis kayu solvent based, pelarutnya yang berupa thinner satau spiritus harus benar-benar diwaspadai. Pernis solvent based mengandung senyawa membahayakan berupa VOC atau Volatil Organic Compounds (senyawa organik mudah menguap). Contoh dari senyawa-senyawa VOC adalah benzena, toulena, xylena, dan formaldehida atau formalin. Menurut EPA, VOC bisa menyebabkan iritasi mata, iritasi hidung, kehilangan kontrol pada beberapa bagian tubuh, kerusakan hati, gagal ginjal, hingga kerusakan pada sistem syaraf pusat. Tidak heran pernis jenis tersebut mulai digeser di berbagai belahan dunia, terutama di Eropa dan Amerika Serikat.

Dengan dua keunggulannya tersebut, memang akan lebih baik bila Anda menggunakan pernis kayu water based. Gunakan Biocolour Biovarnish yang termasuk jenis pernis berpelarut air. Selain aman dan bisa memberikan proteksi maksimal, Biocolour Biovarnish juga bisa mempercantik produk kayu Anda beragam warna dan kilau yang menarik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X