Kenali Apa Itu Sanding Sealer

Para pemula di bidang finishing tentu akan sering mendengar produk sanding sealer dikemudian hari. Lalu apa sebenarnya yang disebut dengan sanding sealer itu? Produk ini sangat penting dan telah digunakan sejak lama dalam proses finishing. Sanding sealer memiliki fungsi sebagai bahan yang digunakan untuk hasil finishing warna natural. Penggunaan sanding sealer ini akan membuat lapisan top coat dia tasnya menjadi lebih halus dan juga lebih rata. Anda bisa membandingkan sendiri ketika finishing menggunakan sanding sealer kemudian baru dilapisi dengan top coat dengan lapisan cat hanya menggunakan cat saja.

Kenali Apa Itu Sanding Sealer
kuas yang telah digunakan untuk finishing cat pernis.

Lapisan sanding sealer akan membuat cat kayu menjadi lebih tahan lama dengan hasil yang tidak mudah retak dan mengelupas. Ketika lapisan cat hanya menggunakan top coat saja maka ketika sering terkena panas dan juga hujan cat akan mudah mengelupas dan juga timbul retakan-retakan yang akan menimbulkan penampilan yang buruk serta mengurangi perlindungan dari cat.

Penggunaan sanding sealer bisa untuk berbagai macam jenis furnitur terutama pada bagian top table. Furnitur bagian top table ini akan memberikan hasil yang sangat halus dan tahan lama. Top table akan sering terkena gesekan dari benda yang dieltakan di atasnya sehingga tentu saja permukaan akan lebih mdua tergores. Jika penggunaan sanding selaer tepat maka tentu saja permukaan yang dilapisi top coat dan sanding sealer tidak akan mduah tergores.

Kapan Harus Menggunakan Sanding Sealer

Pertanyaan mengenai kapan Anda perlu menggunakan sanding selaer sering kali terpikirkan, namun karena ada banyaknya cara finishing yang didalamnya memerlukan sanding sealer maka Anda menggunakannya tanpa mengetahui sebenarnya kayu jenis apakah yang membutuhkan dari sanding sealer. Atau Anda mungkin menanyakan mengapa Anda harus menggunakan sanding sealer dan apakah akan terjadi perbedaan yang besar ketika Anda tidak menggunakan sanding sealer.

Baca Juga:  Manufaktur Cat Duco Aman BioColours

Mengenai masalah perbedaan menggunakan sanding selaer sudah sangat jelas sekali bahwa permukaan yang akan diberikan lapisan finsihing natural dan tidak menggunakan sanding sealer tidka akan bertahan lama bahkan tidak jarang ditemukan cat yang rusak baik itu pecah-pecah maupun luntur karena tidak menggunakan sanding sealer.

Sanding sealer yang memiliki fungsi sebagai bahan yang lebih merekatkan bahan di bawahnya dan bahan di atasnya ini akan membuat lapisan film yang sangat kuat dan juga sangat tahan terhadap berbagai macam gangguan. Fungsinya akan membantu dempul dalam mengisi pori kayu. misalnya saja Anda akan melakukan finishing apda kayu dengan poiri ataus erat kayu yang terlihat jelas karena pori yang dimiliki sangat besar. Maka anda membutuhkan dempul atau filler setelah itu baru dilapisi dengan sanding sealer dan top coat.

Apabila permukaan kayu sudah halus dan juga hanya memiliki pori kayu yang lembut dan halus maka Anda bsia langsung mengaplikasikan sanding sealer. Jadi apabila Anda menginginkan finsihing close pore dengan hasil yang sangat halus maka Anda bisa menggunakan sandings elaer langsung atau ebelumnya aplikasikan wood filler. Jadi untuk waktu yang tepat menggunakan sanding sealer Anda bisa melihat dari jenis pohon atau jenis kayu yang akan digunakan.

5 Alasan Penting Penggunaan Sanding Selaer

Apabila Anda akan menggunakan produk sanding sealer untuk finishing furnitur natural maka ada berbagai amcam alat aplikasi yang bisa Anda gunakan mulai dari kuas hingga spray system. Namun cara yang paling mudah untuk hasil yang maksimal adalah menggunakan BioColours sanding sealer. Keuntungan dan keunggulan dari BioColours nanti akan dijabarkan lebih lanjut. Sebelum itu, maka Anda harus mengetahui mengapa Anda harus menggunakan sanding sealer pada kayu.

  1. Menimbulkan bonding yang baik pada kayu

Beberapa jenis kayu memiliki minyak yang sangat tinggi sehingga akan mencegah cat untuk lebih mudah mengikatkan diri pada kayu. Apabila Anda langsung menggunakan top coat atau coloring maka tentu saja tidka terdapat ikatan yang kuat diantara cat dan juga permukaan kayu.

Baca Juga:  Tips Finishing Menggunakan Cat Kayu untuk Meja Palet

Ketika Anda menggunakan sanding selaer di bawah top coat atau coloring maka hasil yang akan diberikan tentu saja akan sangat tahan lama dan juga timbul ikatan yang sangat kuat. Cat tidak akan mudah mengelupas maupun cepat rusak.

  1. Mencegah melebarnya pori kayu

Sanding sealer juga memiliki fungsi untuk memperlebar pori kayu yang berfungsi untuk meyerap kelembapan. Nah di sini ketika Anda menggunakan sanding selaer dan juga dempul, pori kayu akan tertutup dengan baik. Maka tidak ada masalah mengenai membesarnya pori kayu dan akan mempengaruhi produk selama Anda menggunakan sanding selaer water based.

  1. Menghemat waktu

Jika Anda bisa memilih produk sanding sanding sealer yang tepat maka waktu atau lamanya proses finishing akan sangat cepat. Penggunaan sanding selaer sedniri sudah sangat tepat untuk melewatkan proses yang lainnya. Apalagi jika Anda sudah memilih produk yang dapat dengan cepat  kering dan mduah untuk diamplas. Anda tidak perlu menunggu lama bahkan seharian untuk sanding selar merekat pada kayu.

  1. Gunakan filler

Untuk hasil yang sempuran benar-benar rata dan halus ebelum Anda menggunakan sanding sealer maka sebaiknya Anda mengisi pori kayu dengan filler terlebih dahulu. Filler akan membuat dasaran kayu siap untuk dicat, dan apabila anda menggunakan lapisan sanding sealer di atasnya, maka lapisan wood stain atau top caot akan terikat dengan baik pada permukaan kayu.

  1. Warna yang sangat transparan

Sanding sealer akan memberikan hasil warna natural transparan. Tidak seperti sanding sealer dengan bahan minyak, sanding sealer water based akan memberikan hasil yang transparan.  Tak hanya itu sanding selaer juga akan mendukung top caot water based yang juga memiliki hasil transparansi tinggi sehingga tampilan serat kayu akan sangat terlihat.

Baca Juga:  Finishing Garden Furniture Menggunakan Water Based Wood Coating

Produk BioColours Sanding Sealer

Kenali Apa Itu Sanding Sealer
Pengadukan sanding sealer yang dicampur dengan air.

Ketika anda mencari produk sanding sealer water based maka tidak ada salahnya apabila Anda menggunakan BioColours Sanding Sealer. Produk ini adalah cat water based yang akan mendukung hasil finishing natural transparan terlihat sangat real. Kekuatan bonding strength dengan crosscut test class adalah 5B. Solid content yang tinggi yaitu 40% akan memberikan daya sebar yang juga tinggi sekitar 8 hingga 10 m2/ kg. Sehingga permukaan kayu akan tertutup dengan rata dan tebal dalam ukuran luas yang lebar. Hal ini akan menguntungkan karena Anda akan sangat hemat.

BioColours sanding sealer dapat diaplikasikan menggunakan spray system dengan hasil leveling yang bagus dan tidak menimbulkan sagging atau bekas lelehan cat yang akan emmperburuk tampiland ari permukaan kayu.  cat ini sudah dilengkapi dengan bahan anti jamur yang menghambat perutmbuhan jamur dalam waktu yang sangat lama. Dengan lapisan film yang fleksibel maka akan mengikuti perubahan bentukd ari kayu apda saat perubahan cuaca. Ini akan menguntungkan Anda akrena tidak akan hasil cat yang retak. Bahkan untuk goresan yang biasanya merusak penampilan, BioColours Sanding Sealer akan sangat tahan terhadap goresan.

Proses finishing akan didukung dengan tingkat pengeringan yang cepat yaitu dengan kering sentuh hanya 20 menit dan kering amplas sekitar 60 menit. Anda dapat menggunakan BioColours Sanding Sealer untuk menghemat proses produksi. Karena cat ini adalah cat water based maka untuk bahan pelarutnya hanya membutuhkan air yang secara otomatis akan menghemat budegt finishing. Ingin menggunakan BioColours Sanding Sealer? Anda bisa langsung membelinya melalui situs ini.

Jika Anda ingin membeli secara langsung bisa datang ke alamat Jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X