Cat Kayu Besi Anti Karat Ini Bisa Untuk Finishing Bondek

Cat Kayu Besi Anti Karat Ini Bisa Untuk Finishing Bondek

Proyek-proyek pembangunan rumah dan gedung setiap tahun selalu menggunakan produk baru yang tentunya lebih murah dan juga lebih mudah untuk digunakan diiringi dengan kualits yang sangat bagus. Apa saja produk bahan bangunan yang akan memajukan tingkat kualitas dari rumah? salah satunya adalah bodek.

Cat Kayu Besi Anti Karat Ini Bisa Untuk Finishing Bondek
Penggunaan bondek untuk atap rumah.

Apa bondek itu? Bondek terbuat dari bahan galvanis yang bentuknya menyerupai seng bergelombang namun fungsinya berbeda dengan atap seng. Bondek penempatannya adalah sebagai bekisiting kayu (triplek). Bondek dibuat bergelombang agar mampu memberikan bantuan pada kekuatan struktur beton cor plat lantai.

Desain dari bondek ini juga sebagai alat konversi besaran diameter besi dan ketebalan cor beton. Nah bondek ini bisa Anda lihat secara langsung pada langit-langit yang di cor. Keunggulan dari bondek ini  jika dibandingkan dengan triplek adalah efisien karena hampir tidak ada material yang terbuang. Selain itu juga penggunaan tiang penyangga dapat diminimalisir atau bahkan tidak menggunakan sama sekali.

Penggunaan bondek ini hanya satu lapis saja dengan ukuran ketebalan 0.75 dengan lebar 1 meter. Ketebalan bondek ada bervariasi yang tidak jauh berbeda dengan baja ringan yaitu 0.60 mm, 0.70 mm, 0.75 mm, hingga 1.00 mm.  Ukuran lebar bondek mulai dari 88 cm, 92 cm, dan 100 cm.

Biasanya ada bondek yang diberikan lapisan finishing dan ada juga yang tidak sehingga Anda bisa melihatnya secara langsung. Nah untuk bondek yang diberikan lapisan finishing ini, Anda bisa menggunakan jenis cat enamel yang memberikan ketahanan dari karat, warna yang luntur dan juga kerusakan lain yang biasanya terjadi pada bahan besi atau baja.

Mengapa Bondek Harus Difinishing

Cat kayu besi yang digunakan pada bondek ini juga harus mampu bertahan lama, karena cat dibutuhkan untuk memberikan tampilan sekaligus perlindungan pada bahan bondek. Coba bayangkan apabila langit-langit Anda tidak memiliki warna yang menarik, maka Anda akan sulit untuk mewujudkan gaya yang terdapat di dalam ruangan. Nah dengan adanya cat kayu besi maka Anda akan lebih mudah untuk melakukan dekorasi pada ruangan.

Baca Juga:  Finishing Kayu Pinus untuk Kursi Bergaya Kontemporer
Cat Kayu Besi Anti Karat Ini Bisa Untuk Finishing Bondek
Bondek yang telah difinishing.

Jika bondek sebagai langit-langit tidak diberikan cat, maka akan terlihat warna aslinya yaitu warna silver terlebih lagi ketika timbul karat, maka warna karat akan membuat ruangan terlihat kotor. Jangan sampai Anda menunggu karat timbul kemudian baru Anda baru mengganti atau memberikan lapisan cat. Proses finishingnya akan lebih sulit ketika bondek telah berkarat karena Anda harus menghilangkan karat terebih dahulu. Penempatan bondek di langit-langit inilah yang akan mempersulit proses finishing.

Perlindungan yang harus diberikan dari cat kayu adalah salah satu bagian dari pentingnya bondek untuk difinishing. Bahan baku bondek yang merupakan bahan pengganti dari baja ringan memang memiliki keunggulan tahan karat, namun apabila tidak dilapisi oleh cat kayu besi tahan karat maka hasilnya akan tetap sama yaitu karat akan tetap mudah muncul. Maka Anda tidak bisa menyepelekan penggunaan bahan finishing yang akan menghambat pertumbuhan dari karat. gunakan cat anti karat terlebih dahulu sebelum Anda kesulitan dalam melakukan proses finishing.

Proses Finishing Bondek Dengan Cat Kayu Besi Anti Karat

Bahan baku bondek adalah salah satu produk yang terbilang baru, maka banyak masyarakat yang masih belum mengetahui proses finishing bondek. Sebenarnya sangat gampang karena yang anda butuhkana dalah cat kayu besi Orchid dengan pilihan warna sesuai dengan yang Anda butuhkan. Ada 24 pilihan warna cat kayu besi Orchid yang bisa Anda pilih. Alat aplikasi yang dapat Anda gunakan antara lain kuas, roll dan juga spray.

Pemilhan alat aplikasi tentu saja mnyesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki. Jika Anda ingin hasil yang sempurna maka Anda bisa menggunakan spray system. Berikut ini cara aplikasi cat kayu besi anti karat untuk bahan bondek.

  • Pastikan permukaan bondek sudah bersih, ini akan meminimalisir hasil finishing yang tidak rata. Bentuk dari bondek yang bergelombang harus dibuat rata dan halus dengan amplas. Gunakan amplas dengan ukuran yang rendah agar pengamplasan bisa lebih halus. Anda bisa menggunakan amplas ukuran 180 hingga 240.
  • Siapkan cat kayu besi Orchid sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Campurkan dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air. Aduk hingga benar-benar rata jangan sampai tertinggal pada bagian dasar cat yang akan menimbulkan perbedaan warna setelah diaplikasikan. Jika perlu ketika akan mengaplikasikan selalu aduk cat dengan rata.
  • Kuaskan atau semprotkan ke seluruh permukaan bondek hingga rata. Aplikasikan satu arah saja agar tidak menimbulkan brush mark atau cat yang tidak rata. Jika Anda akan menggunakan roll, maka anda harus mempersiapkan bahan yang banyak karena aplikasi menggunakan roll akan lebih boros dibandingkan dengan kuas dan spray.
  • Diamkan galvanis hingga benar-benar kering sekitar 60 menit saja, kemudian Anda bisa mengamplas seluruh permukaan bondek hingga rata dengan kertas amplas no.0 400. Pastikan kembali permukaan bondek sudah bersih dari sisa debu amplas.
  • Proses terakhir adalah jika warna yang didapatkan belum sesuai maka Anda bisa mengulangi pengecatan dua hingga tiga kali untuk mendapatkan hasil yang sempurna.
Baca Juga:  Cara Menggunakan Sanding Sealer Kayu Kelapa yang Tepat

Kelebihan Cat Kayu Besi Orchid Untuk Finishing Bondek

Cat Kayu Besi Water Based Orchid Kelas Dunia
Produk cat kayu besi Orchid untuk finishing bondek.

Kelebihan yang dimiliki atau diberikan cat kayu besi Orchid pada bondek tidak hanya anti karat dan juga banyak pilihan warna. Nah di sini Anda  bisa mendapatkan berbagai macam kelebihan lain dari cat kayu besi Orchid untuk finishing bondek. Cat Orchid memiliki daya sebar yang luas sehingga Anda akan menghemat pemakaian untuk finsihing bondek. Untuk lebih menghemat budegt jika dibandingkan cat kayu besi solvent maka cat Orchid adalah pemenangnya.

Bahan pelarut yang digunakan oleh cat Orchid adalah air, maka Anda tidak perlu membeli bahan pelarut thinner yang biasanya dibandrol dengan harga 30 ribu rupiah setiap kalengnya. Ini akan menguntungkan Anda apabila Anda akan melakukan finsihing dalam jumlah yang banyak. Proses kering dari cat Orchid lebih cepat dibandingkan dengan produk water based lain terlebih lagi jika dibandingkan dengan cat kayu besi solvent.

Waktu yang dibutuhkan hanyalah sekitar 60 menit dimana cat Orchid tidak membutuhkan panas matahari. produk cat enamel water based lainnya membutuhkanw aktu yang lebih lama yaitu sekitar 2 jam. Sedangkan untuk cat solvent memang dapat kering cepat dans empurna asalkan bondek harus dijemur pada panas matahari. Hal ini tentu akan sangat sulit apabila Anda akan melakukan proses pengeringan karena proses finishing bondek dilakukan setelah pemasangan yang paten di dalam ruangan.

Hal terakhir yang bisa Anda manfaatkan dari keunggulan cat kayu besi Orchid adalah aman dan ramah lingkungan. Konsep yang diunggulkan dari cat kayu besi Orchid adalah aman dan ramah lingkungan. Jadi ketika Anda menggunakannya untuk di dalam rumah maka tidak akan ada bau menyengat atau logam berat yang keluar dari permukaan galvanis yang telah dicat.

Baca Juga:  Contoh Warna Cat Kusen Kayu Yang Paling Banyak Diminati

Cat kayu besi Orchid hanya mengandung VOC sebanyak 100 gr per liternya dimana amabang batas yang ditetapkan oleg standar US EPA adalah 350 gr per liternya. Ketika Anda akan menggunakannya pada ruang kamar, ruang tamu bahkan untuk ruangan anak tentu tidak akan membahayakan dan juga menimbulkan  polusi udara.

Jika Anda menggunakan atap galvanis maka gunakan cat kayu besi Orchid yang dapat Anda beli melalui situs ini dengan mudah. Untuk mendapatkan produk cat kayu besi Orchid Anda bisa membelinya melalui website ini yang menyediakan secara langsung dan bisa Anda beli secara online. Produk ini juga bisa Anda dapatkan secara langsung di alamat jl. Raya Kudus Km. 9 – Ngabul – Tahunan Jepara.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X